POLA INTERAKSI ONLINE PENGGUNA X TERHADAP KOMUNITAS ”MARAH-MARAH” DI PLATFORM X

Indonesia

Authors

  • Azzahra Elvina Sari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ananda Rizki Amellia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Alfiyyah Almaas Zulfiqor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nanda Gusfiani Cahyo Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Pia Khoirotun Nisa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v2i3.1482

Keywords:

Interaksi; Komunitas Virtual; Twitter

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi makin berkembang, yang dimana masyarakat berpindah dari transformasi tradisional ke dalam dunia transformasi era digital. Hal itu cukup memberikan suatu perubahan yang signifikan dalam perkembangan kehidupan masyarakat di zaman ini. Jurnal ini mengulas tentang "Pola Interaksi Online Pengguna X terhadap Komunitas Marah-Marah di Platform X", yang dimana komunitas tersebut memiliki suatu bentuk nilai positif dan negatif dalam interaksi sosialnya secara virtual. Hal itu tergantung dari apa isu yang dibicarakan dan suatu konteks dari setiap postingan yang ada di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola interaksi pengguna X dalam komunitas virtual di platform X. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini, yaitu terdapat nilai positif ataupun negatif dari cuitan para anggota komunitas yang meluapkan emosi mereka di komunitas ini. Bisa diketahui bahwa interaksi pengguna X terhadap cuitan kemarahan anggota komunitas marah-marah itu tergantung apa postingannya, isi dan konteks dari setiap postingan yang dibagikan di dalamnya, dan tergantung pada bagaimana mereka menafsirkan pesan yang disampaikan serta sudut pandang yang mereka miliki terhadap situasi dari postingan tersebut.

References

Aditya, R. (2015). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Komunitas Fotografi Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa, 2(2), https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/5880/5750

Agustini, S., & Mechant, P. (2019). Towards a Definition of Virtual Community. Signo y Pensamiento, 38(74), 1–19. https://www.researchgate.net/publication/336594918_Towards_a_Definition_of_Virtual_Community

Bara, E. A. B., Nasution, K. A., Ginting, R. Z., & Kartini, K. (2022). Penelitian tentang Twitter. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 167-172. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4531

Hidayanti, R., & Yahya, M. (2017). Peran Media Baru dalam Membentuk Komunitas Virtual (Studi pada Mahasiswa yang Bergabung Dalam Komunitas Acehvidgram di Instagram). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 2(2), 47–66. https://jim.usk.ac.id/FISIP/article/view/2697/1642

Loppies, I. J., & Tamher, F. (2021). Pola Interaksi Sosial dalam Keluarga yang Bertempat Tinggal Terpisah di Kampung Warsa Distrik Supiori Kabupaten Supiori. COPI SUSU: Jurnal Komunikasi, Politik, dan Sosiologi, 3(1), 33–46. https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/copisusu/article/view/181

Maulani. N. M. & Priyambodo. A. B. (2021). Pengungkapan Diri pada Pengguna Akun Alter Twitter Dewasa Awal di Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1154/593

Nurhaliza, W. O., & Fauziah, N. (2020). Komunikasi Kelompok dalam Virtual Community. KOMUNIDA: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10(01), 18–38. https://doi.org/10.35905/komunida.v10i01.1220

Permassanty, T., & Muntiani. (2018). Strategi Komunikasi Komunitas Virtual dalam Mempromosikan Tangerang Melalui Media Sosial. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 173–186. https://www.researchgate.net/publication/330591603_Strategi_Komunikasi_Komunitas_Virtual_dalam_Mempromosikan_Tangerang_Melalui_Media_Sosial

Sukma Hani, D., & Indah Ratnasari, C. (2023). Klasifikasi Masalah pada Komunitas Marah-Marah di Twitter Menggunakan Long Short-Term Memory. Jurnal Media Informatika Budidarma, 7(4), 1829–1837. https://doi.org/10.30865/mib.v7i4.6755

Weeks, B. E., & Holbert, R. L. (2013). Predicting Dissemination of News Content in Social Media: A Focus on Reception, Friending and Partisanship. Journalism and Mass Communication Quarterly, 90(2), 212–232. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/1077699013482906

Yurianto, A., & Febriana, P. (2023). Penggunaan Sosial Media Discord Sebagai Media Komunikasi Kelompok dalam Komunitas SoT ID. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi Universitas Riau, 2(2), 1–9. https://www.researchgate.net/publication/371148773_Use_of_Social_Media_Discord_as_a_Group_Communication_Media_in_the_SoT_ID_Community_Penggunaan_Sosial_Media_Discord_Sebagai_Media_Komunikasi_Kelompok_Dalam_Komunitas_SoT_ID

Murdiyanto, Eko. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UPN “Veteran” Yogyakarta Press.

Lindgren, S. (2017). Digital Media and Society. Los Angeles: Sage.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Prenada Media.

Rheingold. H. (1993). The Virtual Community: Homesteading on the Electronic Frontier. Massachusetts: Addison-Wesley.

Severin & Tankard. J. W. (2009). Teori Komunikasi Sejarah, Metode, dan Terapan di dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Homepage Komunitas Marah-Marah. Komunitas Marah-Marah Rules. Diakses pada tanggal 2 Mei 2024 pukul 20.03 dari https://twitter.com/i/communities/1562271278744354816

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Arti Kata Daring. Diakses pada tanggal 2 Mei 2024 pukul 15.37 dari https://kbbi.web.id/daring

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Arti Kata Pengguna. Diakses pada tanggal 2 Mei 2024 pukul 15. 45 dari https://kbbi.web.id/pengguna

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Arti Kata Observasi, https://kbbi.web.id/observasi Diakses pada tanggal 20 Mei 2024 pukul 19.57

Twitter.com. Foto Profil Komunitas Marah-Marah. Diakses pada tanggal 2 Mei 2024 pukul 19.45 dari https://twitter.com/i/communities/1562271278744354816

Wawancara dengan Shabrina Talitha (Salah Satu Pengguna Aktif X dan Anggota Komunitas Marah-Marah) melalui WhatsApp pada hari Sabtu, 11 Mei 2024 Pukul 09.20

Wawancara dengan Azahra (Salah Satu Pengguna Aktif X) melalui DM X pada hari Sabtu, 11 Mei 2024 Pukul 10.00

Wawancara dengan Cesta Izzati (Salah Satu Pengguna Aktif X) melalui WhatsApp pada hari Sabtu, 11 Mei 2024 Pukul 15.06

Wawancara dengan Ni’mah Fajriatul (Salah Satu Pengguna Aktif X) melalui WhatsApp pada hari Sabtu, 11 Mei 2024 Pukul 11.30

Downloads

Published

2024-05-28