Pemberdayaan Perempuan Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Melalui Pelatihan Merajut di Desa Peniron
DOI:
https://doi.org/10.61722/japm.v2i6.2670Abstract
Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan merajut bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan meningkatkan ekonomi perempuan di Desa Peniron, Kabupaten Kebumen. Pelatihan memanfaatkan potensi usaha rajut yang telah ada namun masih memiliki hambatan dalam proses produksi dan pemasaran. Solusi dan metode yang dilaksanakan adalah dengan pelatihan merajut untuk menambah keterampilan bagi perempuan sekaligus memperbanyak tenaga perajut dan membantu pemasaran produk melalui pemasaran langsung serta pemasaran digital. Pemasaran langsung dilaksanakan pada kegiatan EXPO KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto Kabupaten Kebumen. Sedangkan pemasaran digital dilaksanakan melalui pembuatan konten unggahan sosial media, desain kemasan, dan pelatihan pengemasan. Pemasaran produk secara langsung terbukti efektif yang dibuktikan dengan terjualnya produk sebanyak 10 buah. Pemasaran digital dilakukan dengan pembuatan video konten promosi yang dapat diunggah di sosial media. Kegiatan ini juga menghasilkan desain kemasan yang menarik sebagai salah satu media promosi. Hasil tersebut membuktikan pemberdayaan perempuan melalui pelatihan merajut dapat meningkatkan ekonomi di Desa Peniron.
References
Andini, F. D., & Dibyorini, M. C. R. (2021). Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) “ASRI” Kalurahan Bendung Kapanewon Semin Kabupaten Gunung Kidul. Sosio Progresif: Media Pemikiran Studi Pembangunan Sosial, 1(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47431/sosioprogresif.v1i1.111
BPS Jawa Tengah. (2024). Statistik Kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah.
BPS Kebumen. (2023). Rakor Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Kebumen.
Hafizin, M., Letasado, M. R., Wildasari, N., & Apriliana, Z. (2023). Pelatihan Pembuatan Tas Rajut Dari Benang Wol di Dusun Kampung Baru Desa Labuhan Lombok. Jurnal Citra Kuliah Kerja Nyata, 1(3), 67–75. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jckkn.v1i3.3154
Idrus, I., Arodhiskara, Y., Arman, Damis, S., Alfiyah, & Khadavy, M. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Pelaku Usaha Sarung Tenun Sutera Lipa Saqbe Di Desa Lero Kabupaten Pinrang. Resona, 8(1), 19–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35906/resona.v8i1.1700
Indarti, N., Pratiwi, Z. A., & Pradikto, S. (2021). Analisis Pelatihan Merajut Dalam Mengembangkan Potensi Entrepreneurship Mahasiswa Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 18–27. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.15351
Julianingsih, P., Din, M., & Lamusa, F. (2023). Pemberdayaan Perempuan Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Stik Kelor. JNB: Jurnal Nusantara Bakti, 1(2), 48–57. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/jnb.v1i2.96
Kotler, P. (2014). Manajamen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia (16th ed.). Boston: Prentice Hall.
Pratama, S. D., Adityawan, O., & Fathurrizky, A. (2023). Perancangan Desain Kemasan Sebagai Media Promosi Produk Kuliner Tradisional Article history. Jurnal Kajian Pariwisata, 5(1), 11–19. https://doi.org/10.51977/jiip.v5i1.1086
Rahmawaty, D., Nadiroh, Husen, A., & Purwanto, A. (2021). Merajut Sebagai Kegiatan Baru Untuk Terapi Mengurangi Kecemasan Selama Masa Pandemi Covid. Jurnal Review Pendiidkan Dan Pengajaran, 4(1), 107–113. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1853
SIDesa Jawa Tengah. (2020). Data Kependudukan Desa Peniron.
Sumarsono, A., Nurleha, S., Khasanah, D. U., Wardani, N. N., Wahyuni, Sriyani, … Kasmawati. (2021). Optimalisasi Keterampilan Merajut Sebagai Solusi Peningkatan Ekonomi Warga Saat Pandemi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 220–230. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9283
Supriyono, & Kurniawan, A. (2020). Media Sosial Sebagai Alat Promosi Yang Efektif Bagi Usaha Rintisan di Era Normal Baru. Prosiding Seminar Stiami, 7(2), 53–61.
Trulline, P. (2021). Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial dan E-Commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259–279. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
Wendanto, W., Vanda, Y., & Syarifah, M. (2019). Meningkatkan Nilai Jual Rajut di Masyarakat Melalui Desain Dan Media Sosial. Jurnal Semar, 8(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/semar.v8i1.24418
Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67–76. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL AKADEMIK PENGABDIAN MASYARAKAT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.