Pengaruh Edukasi Pasar Modal, Norma Subjektif Dan Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Berinvestasi Saham

Authors

  • Wahyuni Amalia Putri Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Eja Armaz Hardi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Neneng Sudharyati Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v1i3.207

Keywords:

Brand Image, Price, Product Quality, Purchase Decision, Axioo Laptop

Abstract

This study aims to determine and analyze the effect of capital market education, subjective norms and financial literacy on stock investment decisions for FEBI investors at UIN STS Jambi. The method used in this study is a quantitative method, and the data analysis method used is the coefficient of determination test. The sample in this study was 95 samples of FEBI UIN STS Jambi investors who were recorded in the Islamic investment gallery. The results showed that partially education on the capital market had no significant effect on stock investment decisions, subjective norms and financial literacy had a positive effect on stock investment decisions. Simultaneously it shows that the variables of capital market education, subjective norms and financial literacy have a significant effect on the investment decisions of FEBI investors at UIN STS Jambi. The results of the calculation of the coefficient of determination show that the variables of knowledge, risk and investment motivation, capital market education, subjective norms and financial literacy have an influence of 45.8% and the remaining 54.2% is influenced by other variables outside this study.

 

References

Awaliyah Rahmi, Supriyanto, and Nugrahaeni. 2020. “Analisis Faktor Pengaruh Minat Berinvestasi Generasi Z Pada Reksadana Syariah,”. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. hlm 4. di akses 6 April 2022.

La Ode Sugianto, Titin Eka Ardiana, dan Iin wijayanti, 2021, “Edukasi Pemahaman Literasi Investasi Pasar Modal Indonesia Di Desa Wacuala,” Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JIPkM), Vol. 1, No. 2, https://stietrisnanegara.ac.id/. di akses 13 Januari 2023.

Randy Afyan Perdana, Wira Ramashar, dan Riky Perdana, 2019, “Sosialisasi, Persuasi, Involvement dan Minat Investasi di Pasar Modal: Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau,”Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal 1(1), https://www.researchgate.net. RABJ.di akses 24 Januari 2023.

Ilham Masurun dan Heri Yanto, 2015, “Determinan Perilaku Investor Individu Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham,”Universitas Negeri Semarang, Accounting Analysis Journal 4 (4), November 2015, http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/aaj.di akses 24 Januari 2023.

Nur Santi, 2021, “Perilaku Investor Individu Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham Di Tengah Pandemi Covid 19 (Studi Kasus pada Mahasiswa Anggota Kelompok Studi Pasar Modal Di Makassar),”Universitas Muhammadiyah Makassar, di akses 24 Januari 2023.

Adilla Fakrian Audin, Abd.Mansyur Mus, dan Herman Sjahruddin, 2020, “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Dengan Perilaku Kuangan Sebagai Varaibel Moderasi” Niagawan Vol 9 No 2, di akses 20 Januari 2023.

Dinatonia Jovery Matruty, Johanis Darwin Borolla, dan Erfendi Regar, 2021, “Determinan Keputusan Mahasiswa Dalam Berinvestasi,” LPPM STIA Said Perintah Volume 2, No. 2, POLICY PUBLIC: jurnal aplikasi kebijakan publik dan bisnis. di akses 20 Januari 2023.

Bursa Efek Indonesia, 2022“Data Jumlah Perusahaan Tercatat Investor Pasar Modal,” organizing, BEI, di akses pada 21 juni 2022.

Randy Afyan Perdana, Wira Ramashar, dan Riky Perdana, 2019, “Sosialisasi, Persuasi, Involvement dan Minat Investasi di Pasar Modal: Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau,” Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal(RABJ) 1(1), di akses 24 Januari 2023.

Restu, G. dan Baridwan, Zaki. 2013. “Minat Individu Terhadap Penggunaan Internet Banking: Pendekatan Modified Theory Of Planned Behaviour. Minor thesis. Malang. Universitas Brawijaya." vol 1, no 2.di akses 1 Juli 2022.

Ida Bagus Putu Pramana Putra dan Ni Luh Supadmi, 2019, “Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Persepsi Mahasiswa, Modal Minimal dan Hubungan Pertemanan pada Minat Berinvestasi,”E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.27 No 2.di akses 27 Maret 2022.

Hasanudin, Nurwulandari, and Kris Safitri. 2021. “Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Keputusan Investasi Yang Dimediasi oleh Minat Investasi (Universitas Mercu Buana)". Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi). hlm 8 . di akses 20 Juli 2022.

Saeroji, Maskur, dan Tjahjaningsih. 2015 .“Pengaruh Norma Subjektif dan Kontrol Prilaku Yang Dipersepsikan Terhadap Niat Pinjam Kur Mikro (Studi Pada Nasabah Bri Di Pati)".Sendi-u.

Rio Rita and Santoso. 2015. “Literasi Keuangan dan Perencanaan Keuangan Pada Dana Pendidikan Anak."Jurnal Ekonomi/Vol XX, No. 02. di akses 19 Juli 2022.

Fatimah. 2020. “Peran Pengetahuan Investasi Dan Literasi Keuangan Dalam Memediasi Pengaruh Edukasi Pasar Modal Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.",hlm 20-21. di akses 1 Juni 2022.

Made Pratiwi Dewi, 2020.“pengaruh edukasi pasar modal terhadap persepsi risiko dan minat berinvestasi masyarakat,”Jurnal KRISNA: Kumpulan RisetAkuntansi. Vol. 12 no 1.di akses 1 Juni 2022.

Akhmad Darmawan dan Julian Japar. 2019. “Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimal, Pelatihan Pasar Modal dan Motivasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Purwokerto),” NERACA. Vol. 15 No. 1 (2019).di akses 2 Juni 2022.

Downloads

Published

2023-10-01

Issue

Section

Articles