Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan J&T Express Babelan

Authors

  • Rizky Edi Nurdiansyah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Yayan Hendayana Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ari Sulistyowati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ridwan Ridwan STIE Dewantara

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i8.2280

Keywords:

Price, Service Quality, Customer Loyalty, Customer Satisfaction

Abstract

. This research aims to find out how much influence price and service quality have on customer loyalty through J&T Express Babelan customer satisfaction. The population in this research is all J&T Express Babelan customers. This research uses quantitative methods. Data was collected through distributing questionnaires to 112 respondents. This sampling technique uses a purposive sampling method. The results of this research show that the price and service quality variables have a positive and significant effect on J&T Express Babelan customer satisfaction, the price and service quality variables have a positive and significant effect on J&T Express Babelan customer loyalty, the customer satisfaction variable has a positive and significant effect on J&T Express Babelan customer loyalty , the price and service quality variables have a positive and significant effect on customer loyalty through J&T Express Babelan customer satisfaction.

References

Aleron, Beryl, and Nurhadi Nurhadi. 2022. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Jasa Ekspedisi J&t Express Yang Dimoderasi Oleh Garansi.” Forum Ekonomi 24(2):375–85. doi: 10.30872/jfor.v24i2.10815.

Ali, Badrus Salam Khaidar. 2016. “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Bengkel UD.A.B.A Di Kota Pasuruan).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.

Anggraini, Fifin, and Anindhyta Budiarti. 2020. “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 8(3):86–94. doi: 10.26740/jupe.v8n3.p86-94.

Asrulla, Risnita, M. Syahran Jailani, and Firdaus Jeka. 2023. “Populasi Dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) Dalam Pendekatan Praktis.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(3):26320–32.

Ayu Ranjani, Herturasya, and Budi Prabowo. 2024. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada J&T Express (Studi Pada J&T Express Di Kota Sidoarjo).” Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 6(4):4299–4311. doi: 10.47467/alkharaj.v6i4.882.

Benjamin, Sula D. .., Meyta Longkotoy, and Ade A. Renouw. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mariat Hotel Di Kota Sorong.” Journal on Education 5(3):10466–78. doi: 10.31004/joe.v5i3.1950.

Budiyanto, E., and N. D. Indriyani. 2020. “Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Pada Toko Roti Di Surabaya.” Yos Soedarso Economics Journal 2(3):56–62.

Dewi, Leni Kurnia, and Anindhyta Budiarti. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas QUEENSTREETSTORE Anindhyta Budiarti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( STIESIA ) Surabaya Arus Modernisasi Yang Ada Di Surabaya Bahkan Dipenjuru Dunia . Fashion Meliputi Beberapa Secara Cepat Menu.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 10(5):1–19.

Ervina Ninda Pangesti, Siti, Resmi, and Meyrizka Alivia Utami. 2024. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Gunungkidul.” Alivia Meyrizka Utami 5(1):17–28.

Farisi, Salman, and Qahfi Romula Siregar. 2020. “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Di Kota Medan.” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 3(1):148–59. doi: 10.30596/maneggio.v3i1.4941.

Feti Fatimah, Resa Yova Ferdiansa, and Yohanes Gunawan. 2022. “Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Pengiriman JNE Cabang Tegal Besar.” Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta 1(2):73–84. doi: 10.47134/trilogi.v1i2.14.

Ghozali, Imam, and Hengky Latan. 2015. Partial Least Square Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0 Edisi 2. Semarang: UNDIP.

Harahap, Lenni Khotimah. 2019. “Analisis SEM (Structural Equation Modelling) Dengan SMARTPLS (Partial Least Square).” Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Walisongo Semarang (1):1.

Hardianawati, H., and A. Khairinida. 2023. “Analisis Motivasi Hedonic Shopping Dan Nilai Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pengguna E-Commerce Tiktok Shop.” JMBA Jurnal Manajemen Dan … 09(02):71–81.

Hendayana, Yayan, and Andryana Mei Evita Sari. 2021. “Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jne Express Pondok Gede.” Mediastima 27(2):153–69. doi: 10.55122/mediastima.v27i2.294.

Hidayat, Dicky. 2019. “Pengaruh Kualitas Playanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan.” 3(1):1–23.

Intan Rurieta Anggarawati. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan PDAM Tirta Marta Yogyakarta.” Jurnal Indonesia Sosial Sains 2(1):40–49. doi: 10.36418/jiss.v2i1.146.

Iskandar Yahya Arulampalam Kunaraj P.Chelvanathan, Ahmad A. A. Bakar. 2023.

Istiyawari, Laurene, Mohammad Rafli Hanif, and Agus Nuswantoro. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan.” Solusi 19(3):191. doi: 10.26623/slsi.v19i3.4053.

Izzuddin, Ahmad, and Muhammad Muhsin. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 6(1):72–78. doi: 10.32528/jmbi.v6i1.3536.

Manis, Fajar Anggara, Nia Sonani, and Dewi Fitrianti. 2023. “Pengaruh Kualitas Layanan Teller Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank BTN Kantor Cabang Pembantu Jampang.” Judicious 4(2):199–209. doi: 10.37010/jdc.v4i2.1196.

Menitulo, Gohae, Dakhi Paskais, and Duha Timotius. 2021. “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ud. Anisa Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan 4(2):297–308.

Muhtarom, Abid, Imam Syairozi, and Nuriyah Dita Wardani. 2022. “Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada Umkm Ayam Potong Online Elmonsu.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 5(1):743–55. doi: 10.36778/jesya.v5i1.628.

Nisa Lutvita, Amalia, and Yanda Bara Kusuma. 2023. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Es Teh Indonesia (Studi Kasus Generasi Z Di Kota Surabaya).” Seiko : Journal of Management & Business 6(1):473–83. doi: 10.37531/sejaman.v6i1.3917.

Noviantoby, Neri Susanti, and Restu Hidayah. 2023. “Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi Dan Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV Anugerah Kirana Motor Bengkulu.” Jurnal Ekonomi Manajemen Akutansi Dan Keuangan 4(1):139–54.

Nuari, Alan, and Kuwat Riyanto. 2023. “Pengaruh Nilai Pelanggan Kedekatan Emosional Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Auto2000 Cikarang Utara.” Journal of Economics and Business UBS 12(4):2185–2203. doi: 10.52644/joeb.v12i4.362.

Permata Sari, Desi. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 2(4):524–33. doi: 10.31933/jimt.v2i4.463.

Purnama Hadi, Lalu, Akhmad Saufi, and Baiq Handayani Rinuastuti. 2023. “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt. Sicepat Di Kota Mataram.” Jmm Unram - Master of Management Journal 12(2):177–85. doi: 10.29303/jmm.v12i2.777.

Purwanto, Nfn. 2019. “Variabel Dalam Penelitian Pendidikan.” Jurnal Teknodik 6115:196–215. doi: 10.32550/teknodik.v0i0.554.

Putri, Fifana Kusuma, Altje L. Tumbel, and Woran Djemly. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Matahari Department Store Di Mantos 2.” Jurnal EMBA 9(1):1428–38.

Riyani, Dessy, Irena Larashat, and Dudung Juhana. 2021. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Majalah Bisnis & IPTEK 14(2):94–101. doi: 10.55208/bistek.v14i2.233.

Rustantono, Hendra, Hety Mustika Ani, Lailatul Rofiah, and Nur Al Maida. 2023. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Member Frans Studio Dance Company Malang.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 17(1):1–9. doi: 10.19184/jpe.v17i1.35997.

Samara, Aldi, and Susanti Metta. 2023. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Pengguna Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penggunaan Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) Di Kalangan Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma.” Jura : Jurnal Riset Akuntansi 1(2):249–60.

Sambodo Rio Sasongko. 2021. “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 3(1):104–14. doi: 10.31933/jimt.v3i1.707.

Sandi, Kurnia, Reza Rahmadi Hasibuan, and Widadatul Ulya. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Riset Di Business Center Purbalingga 3.” DFAME Digital Financial Accounting Management Economics Journal 1(1):6–12. doi: 10.61434/dfame.v1i1.7.

Setiawan, Dicky, and Khairul Bahrun. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Kerupuk Rambak Kecamatan Ketahun Bengkulu Utara.” (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains 4(1):99–108. doi: 10.36085/jems.v4i1.4427.

Sholikhah, Alfia Febriatu, and Hadita Hadita. 2023. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan Di Bekasi Timur.” Jurnal Economina 2(2):692–708. doi: 10.55681/economina.v2i2.352.

Subawa, I. Gede Benny, and Eka Sulistyawati. 2020. “Kualitas Pelayanan Berpengaruh Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 9(2):718. doi: 10.24843/ejmunud.2020.v09.i02.p16.

Sukmanawati, Sukmanawati, and Sri Purwati. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab.” Jurnal Manajemen Almatama 1(1):61–84. doi: 10.58413/jma.v1i1.220.

Susanto, Yurike, Duraji Amroni, and Lukita Chandra. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Minuman Chatime Di Csb Mall Kota Cirebon.” Witana (JW) 01(01):70–77.

Wijaya, Ricky, and Habiburahman Habiburahman. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Martabak Along 89 Lampung.” Jurnal Maneksi 12(2):253–58. doi: 10.31959/jm.v12i2.1536.

Wulandari, Steffany Revina, and Ari Susanti. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Grab.” Target : Jurnal Manajemen Bisnis 3(1):67–78. doi: 10.30812/target.v3i1.1169.

Wulansari, Nidia, Youmil Abrian, and Arif Adrian. 2022. “Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Menginap.” Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan 10(02):171–82. doi: 10.22437/jmk.v10i02.14217.

Downloads

Published

2024-07-29

Issue

Section

Articles