PEMBUATAN MEDIA PROMOSI E-BROCHURE MENGGUNAKAN CANVA PRO PADA UMKM MELOS MALANG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i10.2484Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat e-brochure sebagai media promosi guna meningkatkan penjualan produk di Melos Malang yang kurang diminati. Media promosi yang digunakan saat ini adalah foto produk, namun dinilai kurang menarik perhatian konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Action Research, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner yang dibagikan kepada 15 responden, termasuk pemilik, ahli pemasaran, ahli multimedia, dan konsumen. Analisis hasil kuesioner menggunakan EPIC Model, dengan dua siklus penelitian. Siklus pertama menunjukkan skor EPIC Rate 4,16 dari 5,00, sedangkan siklus kedua meningkat menjadi 4,34 dari 5,00, yang termasuk dalam kategori sangat efektif. Kesimpulannya, e-brochure yang dirancang efektif dan layak digunakan sebagai media promosi untuk meningkatkan penjualan produk di Melos Malang.
References
Achmad, N., & Heru, U. (2021). Iklan Dengan Media Brosur Menggunakan Coreldraw Untuk Menarik Minat Beli Pada Ekspres Surabaya. Vol 7(2). Politeknik Negeri Malang.
Adi, M. S. (2020). Membuat Desain Cantik Dengan Mudah & Cepat Menggunakan Canva. Marsudi Suwarna Adi.
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Awan. Fakhrudin, A., Roellyanti, M. V. (2022). Bauran pemasaran.
Yogyakarta: Deepublish Publisher
Dewi, W. W., Febriani, N. S. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Universitas Brawijaya Press.
Dwi, S., & Imam, S. N. W. (2022). Media rosur di Instagram untuk Menarik Minat Beli pada QY-Mendoan Malang. Vol 8(2). Politeknik Negeri Malang
Enterprise, j. (2015). Membuat Company Profile dengan Wordpress. PT. Elex Media Komputindo.
Enterprise, J. (2023). Desain Grafis Profesional dengan Canva. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Erlangga, H., Fawzi, M. G. H., Iskandar, A. S., Nurjaya. & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Banten: Pascal Books.
Erlita, K. D., & Suryani, S. P. (2022). Analisis Efektivitas Periklanan Melalui Brosur Pada Produk Tabungan Emas Di PT Pegadian KCP Serbelawan Simalungung. Vol 7(1). Politeknik APP Jakarta.
Ernestivita, G., & Subagyo. (2020). Media Promosi Produk UMKM dengan Menggunakan EPIC Model. Vol 7. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). CV. Penerbit Qiara Media. Silalahi ed. (2022). Komunikasi Pemasaran. Sumatera Barat: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Herdiansyah, A., & Lovia, E. (2017). Pengaruh Iklan Media Cetak (Brosur) Terhadap Tingkat Penjualan CV. Pinang Advertising Tanjungpinang. Vol 11(2). Universitas Sumantera Selatan.
Keller, K. L., Kotler, P. (2022). Marketing Management. United Kingdom: Pearson Education Limited.
Mely. (2022). Hasil Survei Mengungkapkan Media Sosial Paling Digemari di Indonesia. https://www.gatra.com/news-548811-nasional-hasil-survei- mengungkapkan-media-sosial-paling-digemari-di-indonesia-.html
Muhtar. (2023). Ini 7 Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia. https://uici.ac.id/ini-7-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di- indonesia/.
Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV SAH MEDIA.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metode Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.nal
Yaumi, M., & Damopolii, M. (2015). Action Research Teori, Model, dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.