PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MI GELAS MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI MALANG (Studi Kasus Mahasiswa D4 Manajemen Pemasaran)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i10.2583Keywords:
Brand Awareness, Product Quality, Keputusan PembelianAbstract
Mie Gelas adalah salah satu masakan instan terpopuler saat ini. Mie Gelas memiliki nama merek yang dapat dikenali. Setiap merek memiliki kualitas dan kualitas yang berbeda-beda yang pada akhirnya menumbuhkan pengenalan merek di kalangan konsumen, sehingga menumbuhkan loyalitas dan kepuasan pelanggan yang lebih besar. Selain itu, konsumen didorong untuk mengembangkan hubungan intim dengan bisnis melalui kualitas produk. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kualitas produk & pengenalan merek terhadap perilaku pembelian konsumen. Dengan metodologi penelitian kuantitatif dan mengadopsi pendekatan penelitian eksplanatori, proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 90 responden dengan menggunakan pendekatan purposive sampling. Variabel yang digunakan meliputi Kesadaran Merek (X1), Kualitas Produk (X2), dan Keputusan Pembelian (Y). Teknik analisis yang digunakan meliputi analisis regresi linier berg dan uji hipotesis. Persamaan regresi menghasilkan kesimpulan Y = 7259 + 0,285X1 + 0,374X2 + e, dan koefisien determinasi sebesar 0,360 atau 36%. Kesadaran merek dan kualitas produk memberikan pengaruh sebesar 36%, sedangkan sisanya sebesar 64% disebabkan oleh faktor lain. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel pengenalan merek dan kualitas produk mempunyai pengaruh yang baik dan signifikan baik secara parsial maupun bersamaan terhadap pilihan pembelian Mie Gelas di Kota Malang. Untuk meningkatkan keputusan pembelian pelanggan, Mi Gelas diperkirakan akan semakin meningkatkan pengenalan merek produk dan meningkatkan kualitas produk.
References
Ghozali, I. (2018). "Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10". Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P. (2010). "Manajemen Pemasaran dan Dasar Pemasaran Edisi 13". Jakarta: Erlangga.
Peter, & Olson. (2013). "Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi 9". Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2015). "Metode Penelitian Tindakan Komprehensif". Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. (2018). "Metode Penelitian Bisnis". Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2015). "Strategi Pemasaran, Edisi 4". Yogyakarta: Andy Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.