PENGARUH KEMUDAHAN AKSES DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP REVISIT INTENITON PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Tingkat 1-4 Politeknik Negeri Malang Tahun 2023)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i10.2672Keywords:
Kemudahan Akses, Online Customer Rating, Revisit IntentionAbstract
Hadirnya internet sebagai teknologi yang hadir di tengah-tengah masyarakat, membuat banyak perkembangan dalam kehidupan. Kehadiran sebuah marketplace menjadi sebuah alat untuk memudahkan bagi para konsumen untuk berbelanja, salah satunya yang terbesar di Indonesia yaitu adalah Shopee. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemudahan akses dan online customer rating terhadap revisit intention pada marketplace Shopee untuk Mahasiswa Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dan menggunakan teknik purposive sampling. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa regresi berganda. Variabel bebas terdiri dari kemudahan akses dan online customer rating sedangkan variabel terikat adalah revisit intention.
Hasil analisis korelasi dan regresi berganda kemudahan akses dan online customer rating diketahui bahwa t-hitung > t-tabel, untuk variabel kemudahan akses 11,546 > 1,659, sedangkan untuk variabel online customer rating yaitu 7,355 > 1,659. Koefisien determinasinya adalah 0,623 = 62,3%. Hal ini dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh kemudahan akses dan online customer rating terhadap revisit intention sebesar 62,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel kemudahan akses dan online customer rating secara parsial berpengaruh terhadap revisit intention, diharapkan Shopee dapat terus mempertahankan kemudahan yang diberikan dan juga rating yang sesuai dengan produk yang ada agar dapat menciptakan revisit intention pada konsumen untuk tetap menggunakan aplikasi Shopee.
References
F.A, Aldilla. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Purchase Intention Melalui Customer Trust Pada Konsumen E-Commerce Shopee (Studi pada Pengguna E-commerce Shopee di Kota Tegal). Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 19-20.
Amir. A, Junaidi. J, & Yulmardi. Y. (2009). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Penerapannya. Bandung: IPB Press
Apri. B (2015). Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Aswaty. A, Febri. N & Ratih. A. (2022). Pengaruh Service Quality, Price, Tourist Experience dan Overall Satisfaction Terhadap Revisit Intention Wisatawan di Kota Batam. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, vol. 17 No. 2, 103.
Darwin. M, Mamondol. M, Sormin. S, Nurhayati. Y, Tambunan. H, Sylvia. D, & Gebang. A. (2021). Metode penelitian pendekatan kuantitatif. Jakarta: Media Sains Indonesia.
Dicky. N, & Masykura. I. (2019). The Effect of Store Atmosphere on Revisit Intention that is in Mediation by Customer Satisfaction. International Journal of Innovative Science and Research Technology, vol. 13 No. 1, 330.
George. L, Daniel. K & Kanmaz. K. (2013) Importance of Online Product Reviews from a Consumer Perspective. Advance in Economic and Business, vol. 1 No. 1, 2.
Ghozali. I, & Nasehudin. T. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Glory. K. (2020). Analisis Kemampuan Laba Kotor, Laba Operasi dan Laba Bersih Dalam Memprediksi Arus Kas di Masa Mendatang. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, vol. 4 No.1, 45.
Hardani. H, Andriani. H, Fardani. R, Ustiawaty. J, Utami. E, Sukmana. D & Istiqomah. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Iskandar. D. (2019). Pengaruh Fitur Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee. Disertasi, Universitas Jember, 16-20.
John. M dan Michael. M. (2002) Perilaku Konsumen Jilid I Alih Bahasa Lina Salim. Jakarta: PT Penerbit Erlangga, 11-13.
Kotler. P dan Gary. A. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler. P dan Kevin. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Lenggang. K. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Disertasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 6-7.
Luh Kadek. B, Sembiring. E, Paulus. F. (2022). Customer Online Customer Rating dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Modelia Fashion Pada Marketplace Tokopedia Jakarta. Journal of Applied Management and Accounting Science, vol. 4 No. 1, 17-18.
Manullang. M (2008). Pengantar Bisnis. Jakarta: Indeks.
Martini. L, Sembiring. E, & Paulus. F. (2022). Online Customer Rating dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Modelia Fashion Pada Marketplace Tokopedia Jakarta. Journal of Applied Management and Accounting Science, vol. 4 No.1, 15-24.
Melawati. N & Henny. W. (2018). Pengaruh Kemudahan Akses, Kemenarikan Posting Messages, Daya Tanggap Pelayanan Terhadap Sikap Keputusan Pembelian Online Shop di Instagram (Studi Kasus Pada Mahasiswa Yogyakarta). Jurnal Online Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat, vol. 4 No. 1, 12.
Nugroho. I, & Laily. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Kemudahan Akses Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), vol. 11 No. 7, 3.
Priadana. M. & Sunarsi. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Poluan. J, Mandey. S, & Massie. J. (2022). Analisis Digital Marketing Terhadap Revisit Intention Pada Objek Wisata di Kota Tomohon Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, vol. 9 No. 2, 728-729.
Purwaamijaya. B. (2020). Social Media Marketing And Customer Trust Effect Through Purchase Intention To Revisit Intention Website E-commerce. Faculty of Economics and Business Universitas Padjadjaran Bandung Journal, vol. 3 No. 1, 5.
Negara. S (2022). Pengaruh Online Customer Rating dan Media Sosial Terhadap Kepercayaan Konsumen dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian di Store Fantasista Football. Doctoral dissertation, Universitas Darma Persada, 28-34.
Risk. N. (2019). Pengaruh Aspek Islamic Branding, dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Kosmetik Wardah Di Desa Bukit Harapan Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak). Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 14-15.
Siyoto. S & Muhammad. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Satriadi. S, Wanawir. W, Eka. H, Leonita. S & Nursaidah. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Satriawan. A, Abdillah. Y, & Pangestuti. E. (2022). Analisis Destination Image Terhadap Revisit Intention Melalui Satisfaction Dan Place Attachment. Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 16 No. 1, 146-157.
Setyaningrum. K. (2021). Pengaruh Kemudahan Akses, Kemenarikan Posting Messages, dan Daya Tanggap Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sesari Base di Instagram. Doctoral dissertation, Universitas Ciputra Surabaya, 9.
Setyorini. Y. (2020). Pengaruh Promosi, Kemudahan Akses, Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pengguna Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 39-42.
Steven. S, M.MM. (2022) Manajemen Pemasaran (Teori dan Implementasi). Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Sugiyono. S. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wahyujatmiko. S, & Hadi. I. (2018). Manajemen pemasaran online makaroni Huhhah Yogyakarta. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi, vol. 9 No. 2, 102.
Yuniawati. Y, & Finardi. A. (2016). Pengaruh customer experience terhadap revisit intention di taman wisata alam gunung tangkuban perahu. THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, vol. 6 No. 1, 983-994.
Yuniarti. Y, Tan Imastary. M, Siregar. A, & Amri. A. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Konsumen Saat Moment Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS). Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu), vol. 10 No. 1, 154.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.