PENGARUH MODAL, LAPORAN KEUANGAN, PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA UMKM DI BETENG TRADE CENTER (BTC) SOLO

Authors

  • Risna Arventyani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Ismunawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v1i3.2119

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari Modal, Laporan Keuangan, Pemanfaatan sia dan juga penggunakaan teknologi inforamasi terhadap kinerja UMKM di BTC Solo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi ini adalah UMKM di BTC Solo yaitu sebanyak 1.385 UMKM dari jumlah populasi di dapatkan sampel sebanyak 93 responden yang di konfirmasi menggunakan rumus Slovin. Sumber data yang di gunakan pada penelitian ini yakni sumber data Primer dengan melakukan penyebaran quisioner kemudian di olah menggunakan tehnik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel Modal tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja UMKM di BTC Solo. Laporan Keuangan berpengaruh terhadap Kinerja UMKM di BTC Solo. Pemanfaatan sia berpengaruh terhadap Kinerja UMKM di BTC Solo. Teknologi Informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja UMKM di BTC Solo.

References

Anggriani, A., Akil, N., & Bas, A. H. (2023). Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Pelaku Usaha UMKM Rafly Cake Di Kecamatan Mambi Kabupaten Mamasa. Jurnal Rimba: Riset Ilmu manajemen Bisnis dan Akuntansi,, 1(4), 194-203.

Apulu, L., Latham, A., & Moreton, R. (2011). Factors affecting the effective utilisation and adoption of sophisticated ICT solutions: Case studies of SMEs in Lagos, Nigeria. Journal of Systems and Information Technology.

Davis, F. D. (1989). "User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoritical Models.". Management Science, 35(8), 982-1002.

Endiana, I. D., & Susiartana, I. M. (2016). Pengaruh Pemahaman Dan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Individu Dan Kinerja UMKM Pengrajin Perak. 11, 224-234.

Ermawati, N., & Arumsari, N. R. (2021). SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA KINERJA USAHA KECIL MENENGAH. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 23(1). Retrieved from http://jurnaltsm.id/index.php/JBA

Farina, K., & Opti, S. (2023). PENGARUH PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA UMKM. Jesya, 6(1), 704-713.

Ferdiansyah, A., & Bukhari, E. (2021). Pengaruh modal, financial knowledge, teknologi dan media sosial terhadap kinerja umkm fashion di Bekasi Utara. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 103-114.

Hermanda, T. L. (2022). Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Pada Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Air Minum Tirta Mahakam Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

Irvan, I. A., & Afgani, M. W. (2023). FILOSOFI PENELITIAN KUANTITATIF DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(44), 1407-1417.

Istinganah, N. F., & Widiyanto, W. (2020). Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendidikan, dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan UKM. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 438-455.

Kelara, B. N., & Suwarni, E. (2020). PERAN INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN KINERJA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 45-53. Retrieved from http://journals.usm.ac.id/index.php/jreb

Kurnia, F. (2016). ANALISIS TINGKAT PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI YOGYAKARTA.

Larasati, K. D. (2018). Pengaruh literasi keuangan, kompetensi sumber daya Manusia, dan modal usaha terhadap kinerja umkm di Surabaya. (Doctoral dissertation, STIE PERBANAS SURABAYA).

Limanseto, H. (2022, Oktober 1). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Retrieved from Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah

Listyani, T. T., & Adhi, N. (2019). Pemanfaatan sistem inforasi akuntansi dan literasi keuangan pada usaha kecil menengah (ukm) ekonomi kreatif. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Polines.

Lubis, T. A., & Junaidi. (n.d.). Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Kota Jambi. Jurnal Perspeektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 3(3), 163-174.

Marendra, Ekawati, E., & Nasruddin. (2022). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan E-Commerce Pada Kinerja UMKM. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Meylani, C. W., & Ismunawan. (2022). Pengaruh Persepsi Owner, Pemahaman, Pengetahuan dan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja UMKM di Beteng Trade Center (BTC) Solo. (1).

Mulyadi, M. (2012). Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1).

Niswah, F. (2020). Strategi Kompetitif Melalui Program Pahlawan Ekonomi Dalam Pemberdayaan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. 9(2), 137-148.

Pakpahan, Y. E. (2020). Pengaruh Kualitas Laporan Keuangan Terhadap Kinerja Usaha UMKM. Jurnal Akuntabel.

Rahmanto, B. T., Nurjanah, S., & Darmo, I. S. (2018). Peran Komunitas Dalam Meningkatkan Kinerja Ukm (Ditinjau Dari Faktor Internal). urnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 18.

Ridho, M. (2018). Sistem Pengendalian Internal Pengeluaran Kas Pada PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan. UMSU REPOSITORY.

Rusdi, Armiani, & Murjana, I. M. (2023). Pengaruh Media Sosial, E-Commerce, dan Website Terhadap Kinerja UMKM Pada UMKM Tenun Di Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 169-177.

Sagita, D., Fauzi, A. K., & Yuliati, N. N. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Penggunaan Informasi Akuntansi Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Umkm Di Kecamatan Mataram. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah - ALIANSI, 6(1), 13-24.

Sidik, S. S., & Ilmiah, D. (2021). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Pajangan Bantul. Jurnal Ekonomi Dan Perkembangan Bisnis.

Simanihuruk, P. (2021). Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, dan Kontrol Perilaku Yang Dirasakan Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Pendekatan Theory Of Planned Behaviour. Jurnal Manajemen Dan Bisnis.

Sinarwati, N. K., Sujana, E., Nyoman, D., & Herawati, T. (n.d.). PERAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS MOBILE BAGI PENINGKATAN KINERJA UMKM. License Jurnal KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(1), 26-32.

Skawanti, J. R. (2018). PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA PERUSAHAAN FARMASI. KOMPUTASI, 15(2).

Sopian, D., & Suwartika, W. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 11(2), 40-53.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UMM.AC.ID. (2023, Juni 12). Pentingnya Laporan Keuangan Dalam Bisnis UMKM. Retrieved from Lima Detik: https://www.umm.ac.id/id/arsip-koran/lima-detik/pentingnya-laporan-keuangan-dalam-bisnis-umkm.html

Utama, I. G., & Suardikha, I. M. (n.d.). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 9(3), 728-746.

Wulan, A. (2020). UMKM 4.0 Strategi UMKM Memasuki Era Digital. Jakarta: PT Elex Media Komputindi.

Downloads

Published

2024-07-15

Issue

Section

Articles