PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN READYMIX DI PT CAHAYA INDAH MADYA PRATAMA LAMONGAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI MODERASI
PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN READYMIX DI PT CAHAYA INDAH MADYA PRATAMA LAMONGAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI MODERASI
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v1i4.2382Abstract
. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian. Serta untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi online yang dimoderasi oleh kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian. Objek penelitian ini adalah perusahan PT Cahaya Indah Madya Pratama. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 106 responden melalui kuesioner secara online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan data primer, yaitu kuesioner. Penelitian ini menggunakan sampel dengan teknik rumus slovin. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga dan promosi yang merupakan variabel independen, keputusan pembelian sebagai variabel dependen dan kepuasan konsumen sebagai variabel moderasi. Data penelitian ini dianalisis regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan alat bantu berupa aplikasi software SPSS versi 26.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 2) promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 3) Kepuasan konsumen tidak memoderasi pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, 4) Kepuasan konsumen tidak memoderasi pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian.
References
Adelaniawati, roza., sidanti, heny., & apriyanti. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Susu Segar Di Super Milk Magetan. Simba, 4, 2686-1771.
http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/3550
admin. (14 November 2023). Harga adalah. https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-harga/ Aini, Alisatul. (23 Agustus 2023). Promosi: pengertian, manfaat, fungsi, tujuan, dan strateginya.
https://glints.com/id/lowongan/promosi-adalah/
Bagus Dwiarta, I Made. “Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Varia Usaha Beton di Sidoarjo.” Majalah Ekonomi Vol. XXI, no. 1 (Juli 2016): 46.
Budiono, Aris. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. 17. 1-15. file:///C:/Users/ci/Downloads/2664-7972-1-PB.pdf
Damaryanti, Febri., Thalib, Supriadi., & Miranda, Agustinus. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Jurima, 2 (2), 50-62.
https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jurima/article/view/253
Fauzi’ah, Siti. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variable Moderasi.” Karya Ilmiah, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.
Hafid Dharmawan, Meidika. “Peranan Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Jasa pada Perusahaan Jasa Pelaksana Kontruksi CV. Meidika Jaya di Karanganyar.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012.
Heryanto, Imam. (2015). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasina Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9 (2), 80-101. article.php (kemdikbud.go.id)
http://etheses.iainkediri.ac.id/2636/3/931321314%20BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/34288/4/BAB%20II_Landasan%20Teori%20.pdf https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/101/3/BAB%20II.pdf
https://perpustakaan.pancabudi.ac.id/dl_file/penelitian/19651_2_BAB_II.pdf
https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr1Thznx2llf18QV3DLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAz EEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1701460071/RO=10/RU=http%3a%2f%2fetheses.i ainkediri.ac.id%2f1484%2f3%2f931300116_Bab%25202.pdf/RK=2/RS=nXA.tPRruiWip KC4138QT2qGN5Q-
https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrKA5d.z2ll1sgQlXLLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAz EEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1701462014/RO=10/RU=http%3a%2f%2frepositor y.teknokrat.ac.id%2f3631%2f3%2fb217411177.pdf/RK=2/RS=QPiSJNq4aU3aB50IA3u4 tP0qOnE-
https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrKBRsISmNlmjEEINrLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zA zMEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1701034632/RO=10/RU=http%3a%2f%2freposit ory.umpri.ac.id%2fid%2feprint%2f692%2f2%2fskripsi%2520Eva%2520full_3.pdf/RK= 2/RS=zxEnEp6qmlSb_CaWAX2oqgMMMKk-
https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/337919/FILE_10-BAB-II_LANDASAN-
TEORI.pdf
https://repository.usm.ac.id/files/skripsi/B11A/2020/B.141.20.0026/B.141.20.0026-05-BAB-II- 20220826010956.pdf
Kurniawan, Dedy., & Widajanti, Erni. (2015). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Djarum Super Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 15 (3), 354-366.
http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/1132
Marlius, Doni., & Jovanka, Nadilla. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal economina. 2 (2), 476- 490.
file:///C:/Users/ci/Downloads/12.+ID+326.+NADILLA+JOVANKA+ARTIKEL%20(1).p df
Marlius, Doni., & Putra, Muhammad Rayfael Shah. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Semen Padang Pada PT. Sumber Niaga Interindo (Distributor). Jurnal Valuasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2, 1085-1104. DOI : 10.46306/vls.v2i2
Maulana, Indra. (13 Juni 2022). Apa itu promosi: pengertian, fungsi, tujuan & cara melakukannya. https://www.niagahoster.co.id/blog/promosi-adalah/
Nasution, asrizal efendy., putri, linzzy pratami., & Lesmana, Muhammad taufik. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding seminar nasional kewirausahaan, 1 (1), 194-199. Doi : https://doi.org/10.30596/snk.vlil.3594
Poespa, Agnes Adelia Radha., Cahyono, Rosadiro., & Martah, Varid. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Semen Padang Pada PT. Sumber Niaga Interindo (Distributor). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMAHA,
, 212-223. https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/iqtisad/article/viewFile/931/815
Rifandy, Josua. (10 Maret 2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga produk. https://bukausaha.com/faktor-yang-mempengaruhi-penetapan-harga/
Suryani, Siti., & Rosalina, Sylvia Sari. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Startup Business Unicorn Indonesia). Jurnal of Business Studies, 4, 41-53. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/view/1726
thabroni, gamal. (12 Oktober 2022). Keputusan pembalian: pengertian, proses, dimensi, indicator, dsb. https://serupa.id/keputusan-pembelian-pengertian-proses-dimensi-indikator-dsb/
Thabroni, Gamal. (26 Oktober 2022). Harga & penetapannya: pengertian, indikator, strategi, factor, dsb. https://serupa.id/harga-penetapannya-pengertian-indikator-strategi-faktor-dsb/
W.Soemardi, Biemo. “strategi pemasaran : suatu tinjauan terhadap Perusahaan kontruksi Indonesia”. makalah-biemo-w-soemardi - [PDF Document] (vdocuments.mx). diakses pada minggu 12 November 2023. https://vdocuments.mx/.
Wibisono, ekky suti. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen UD. Risky barokah di balongbendo. Skripsi. Surabaya : Program studi S-1 ekonomi manajemen universitas Bhayangkara Surabaya. http://eprints.ubhara.ac.id/511/2/Skripsi%20Ekky%20Suti%20Wibisono.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.