Strategi komunikasi pemasaran terintregasi dalam kredit usaha rakyat syariah (Studi KCP BSI Mojoagung Jombang)

Komunikasi Pemasaran Terintegrasi, KUR Syariah, Strategi Pemasaran

Authors

  • Anggun Safira Universitas Hasyim Asy’ari
  • Peni Haryanti Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.61722/jrme.v1i5.2861

Keywords:

komunikasi pemasaran terintegrasi, KUR Syariah, strategi pemassaran

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran terintegrasi dalam penerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah. Fokus utama dari studi ini adalah untuk memahami bagaimana pendekatan komunikasi pemasaran terintegrasi (Integrated Marketing Communication/IMC) diterapkan oleh lembaga keuangan syariah dalam mempromosikan KUR Syariah, ser ta mengidentifikasi efektivitas strategi tersebut dalam menarik nasabah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi pemasaran terintegrasi yang melibatkan periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, dan digital marketing telah mampu meningkatkan kesadaran nasabah terhadap produk KUR Syariah, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan kepercayaan terhadap lembaga keuangan syariah.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Terintegrasi, KUR Syariah, Strategi Pemasaran

References

Alexandra Adriani, Aishyah Rahmania Oktaviani, Rusdi Hidayat, I. R. K. (2024). HUBUNGAN PENERAPAN TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PRODUK. 9(7).

Andri Yani, M. (2020). Analisis Integrated Marketing Communication (IMC) Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Adam Bengkulu. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu, Imc, 1–83.

Arsi, A., Amri, H. M. A. L., Suardi, M. P., & Pd, M. (2023). Penerapan Integrated Marketing Communication ( Studi Kasus Pada Spnf Skb Gowa ).

Darus, P., & Silviani, I. (2022). Peran Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau Dari Bauran Pemasaran. Message: Jurnal Komunikasi, 60–73. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/messageilmukomunikasi/article/view/1515%0Ahttp://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/messageilmukomunikasi/article/download/1515/1351

Fitriyah, S. L., & Rahman, T. (2023). Peranan Dan Strategi Pemasaran Kur Mikro Dalam Meningkatkan Pendapatan Nasabah Umkm Pada Bsi Kc Bojonegoro. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 6(2), 636–646.

Fiyantika, F. T. P., & Nisa, F. L. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Bank Syariah Dalam Menghadapi Persaingan Industri Keuangan. Economic and Business Management International Journal (EABMIJ), 6(2), 97–104.

Hadara, A. D., Wati, E. E., Manajemen, P. S., Purwokerto, U. A., Studi, P., Hukum, I., Sosial, F., Nahdatul, U., Purwokerto, U., & Menengah, U. K. (2024). KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PRODUK PINJAMAN. 17(1), 56–64.

Indah Siti, Yuwana Purwaning, Maulidah Alfi Rizka, & Alya Adilah. (2024). Sistem Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Berdasarkan Prinsip Syariah di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S . Parman. Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 62–68.

JASMINE, K. (2014). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu.

Karina Silaen, Lasman Eddy Bachtiar, Montaris Silaen, A. P. (2024). STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK LOKAL DIERA ONLINE. 2(3), 1072–1079.

Kusuma, M., & Fahamsyah, M. H. (2023). Strategi Pemasaran Digital Dalam Pengembangan Usaha Umkm Ayam Petelur Di Bojonegoro. Jurnal Investasi, 9(4), 237–248. https://doi.org/10.31943/investasi.v9i4.299

Makki, I. (2022). Pengaruh Pemberian Kredit Usaha Rakyat Syariah terhadap Perkembangan Usaha Pedagang Mikro di Pasar Leuwiliang. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(4), 868–879. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i4.2188

Pratama, G., & Jaelani, A. (2023). Upaya Pengembangan SDM dalam Meningkatkan Kualitas Layanan di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Ecobankers : Journal of Economy and Banking, 4(1), 21–28. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/1135

Qayyimah, Z. N. (2021). Peran marketing communication pada perbankan syariah di kota Palangka Raya. Peran Perbankan Syariah Dalam Mengimplementasikan Keuangan Inklusif Di Indonesia, 1(1), 105–120. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4187%0Ahttp://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/4187/1/Skripsi Zella Nur Qayyimah - 1704110126.pdf

Ramadhan, Y. I. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK LAYANAN LISTRIK PRABAYAR.

Rayhaniah, S. A. (2022). Komunikasi pemasaran. In Jakarta: Erlangga (Issue 45). http://repository.unisba.ac.id/bitstream/handle/123456789/12109/06bab2_Abdallah_10090312206_skr_2016.pdf?sequence=6&isAllowed=y#:~:text=Menurut Kotler dan Keller (2012,dan merek yang mereka jual.

Restiani, V., Marzuki, S. N., & Jumriani, J. (2024). Penyaluran Pembiayaan KUR Syariah dalam Upaya Penambahan Modal Guna Keberlangsungan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada PT. Pegadaian UPC Mare. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 2(5), 385–401. https://doi.org/10.57185/mutiara.v2i5.189

Seran, R. B., Sundari, E., & Fadhila, M. (2023). Strategi Pemasaran yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(1), 206–211. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/4054/2644

SHELEMO, A. A. (2023). PERAN PEMBIAYAAN BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN NASABAH. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Sudarta. (2022). IMPLEMENTASI STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN PRODUK BSI CICIL EMAS. 16(1), 1–23.

Sudi, M., Maida, S. T., Ningsih, T. S., & Setianti, Y. (2025). Jurnal JTIK ( Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi ) Strategi Bauran Komunikasi Pemasaran Produk Yamaha NMAX. 9(March), 78–95.

Tyasari, A. A., & Ruliana, P. (2021). Model Komunikasi Coorporate dalam Membangun Citra Perusahaan. CARAKA : Indonesian Journal of Communications, 2 (1), 27–42. https://doi.org/10.25008/caraka.v2i1.54

Yusmad, H. M. A. (2018). Aspek Hukum Perbankan Syariah dari Teori ke Praktik - Muammar Arafat Yusmad - Google Buku. In CV Budi Utama. https://books.google.co.id/books?id=4oBJDwAAQBAJ&pg=PA38&dq=pengertian+mobile+banking&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwj2t5bj1tTuAhUowzgGHYgmAOIQ6AEwAnoECAIQAg#v=onepage&q=pengertian mobile banking&f=false

Downloads

Published

2024-11-16

Issue

Section

Articles