EFEKTIVITAS PENERAPAN MARKETING MIX DALAM LAYANAN M-DIN PADA PROSES TRANSFORMASI DIGITAL (STUDI KASUS MAHASISWA EKONOMI)
Digitalisasi Perbankan; Kepuasan Pengguna; Marketing Mix; Perbankan Syariah; Transformasi Digital.
DOI:
https://doi.org/10.61722/jrme.v1i5.2862Keywords:
Digitalisasi Perbankan, Kepuasan Pengguna, Marketing Mix, Perbankan Syariah, Transformasi DigitalAbstract
Abstrak. Perbankan syariah di Indonesia mengalami perkembangan pesat, dengan Bank Muamalat sebagai pionir yang terus berinovasi melalui transformasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan strategi marketing mix (produk, harga, tempat, dan promosi) dalam meningkatkan kualitas layanan Muamalat Digital Islamic Network (M-DIN) serta mengidentifikasi elemen marketing mix yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, khususnya mahasiswa ekonomi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei kepada pengguna M-DIN, menganalisis hubungan antara variabel-variabel marketing mix dan kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen produk dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, sedangkan elemen harga dan tempat juga berperan penting meskipun dengan tingkat pengaruh yang lebih rendah. Temuan ini memberikan wawasan strategis untuk meningkatkan kualitas layanan digital berbasis syariah di masa depan. Kata Kunci: Digitalisasi Perbankan; Kepuasan Pengguna; Marketing Mix; Perbankan Syariah; Transformasi Digital.
References
Aisyiah Rizqy Aulia, M. R. R. (2024). the Use of the Audit Tool and Linked Archive System (Atlas) By Public Accounting Firm (Paf) Auditors in Indonesia: an Extended Technology Acceptance Model (Tam) Analysis Penggunaan. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(2015).
Arta, A., Rohmah, Z. F. A., Huda, Q., & Nurrohman, D. (2024). The Role Of Regulation As A Legal Basis For The Growth Of Islamic Financial Institutions In Indonesia: Opportunities And Challenges. Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.31949/maro.v7i1.5792
Astarini, R. D., Pakpahan, A. K., Nuryatno, M., Amalia, A. Z., Abnuri, A., & Lestari, D. S. (2023). Penerapan Marketing MixBerbasis Digital Bagi Wirausaha Muda. Dirkantara Indonesia, 2(1), 49–56. https://journal.fourzero.id/index.php/di/article/view/71/43
Choiruddin. (2024). Implementasi Strategi Marketing Mix Syariah pada Produk. 5(10), 4294–4305.
Fasa, M. I., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2024). TRANSFORMASI DIGITAL ERA INDUSTRI 4.0 REVOLUSI LAYANAN YANG MENGUBAH LANSKAP PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA. November, 7653–7665.
Husni Shabri. (2022). Transformasi Digital Industri Perbankan Syariah Indonesia. El-Kahfi | Journal of Islamic Economics, 3(02), 1–7. https://doi.org/10.58958/elkahfi.v3i02.88
Islamiah, I. N., Nurnasrina, Salman, N. F. B., & Huda, N. (2024). Transformasi Digital Pada Perbankan Syariah Indonesia: Produk IT Dan Jenis Transaksi. Sharing: Journal Of Islamic Economics, Management, and Business, 3(1), 91–104.
Kasman, F. R. (2023). INOVASI KEUANGAN DIGITAL MOBILE BANKING SYARIAH TERHADAP PERKEMBANGAN BANK SYARIAH SHARIA MOBILE BANKING DIGITAL FINANCIAL INNOVATION TOWARDS THE DEVELOPMENT OF ISLAMIC BANKS Islamic Economics and Business Journal. Islamic Economics and Business Journal, 5(2), 1–19.
Khoiroh, F. N., & Latifah, E. (2023). Fintech (Financial Technology) Dalam Sistem Pembayaran Non Tunai Di Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Bank Muamalat KCP Lamongan). Public Service And Governance Journal, 4(2), 76–84.
Mardiaynto, E. (2021). Implementasi Marketing Mix Dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(1), 93–103. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v9i1.227
Maulidina, H. (2019). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN.
Novia, N. H., Bahri, K. N., Rotua, E., Kanaidi, K., Noviany, H., & ... (2024). Strategi digital marketing (Issue February).
Prawira, B. (2021). PANDUAN TRANSFORMASI DIGITAL BANK DI INDONESIA. In Media Nusa Creative (Issue 210622).
Purbohastuti, A. W. (2021). The MARKETING MIX EFFECTIVENESS ON INDOMARET’S CONSUMER PURCHASE DECISION. Sains Manajemen, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.30656/sm.v7i1.2707
Renden, A. T., Mardjuni, S., & Abubakar, H. (2023). Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Di Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Business and Management, 6(1), 07–14. https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3869
Suryafma, Y., Haryadi, A. D., & Afni, Z. (2023). Penerapan Innovation Diffusion Theory terhadap Niat Mengadopsi Fintech Peer to Peer Lending. Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 2(1), 1–12. https://doi.org/10.30630/jabei.v2i1.50
Tuzzuhro, F., Rozaini, N., & Yusuf, M. (2023). PERKEMBANGAN PERBANKAN SYARIAH DIINDONESIA. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 11 No 2(23), 78–87.
Ummah, M. S. (2019). DIGITAL MARKETING (STRATEGI PEMASARAN PADA ERA DIGITAL). Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Vanni, K. M., & Nadan, V. S. (2023). Efektivitas Strategi Pemasaran Digital Banking Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 3(2), 237–248. https://doi.org/10.36908/jimpa.v3i2.197
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.