Penerapan Branding Dan Strategi Digital Marketing Umkm Desa Klurak Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Dea Rahmanda Putri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Salsa Alfina Zhahra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Lailatul Magfiroh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Favian Almer Kamal Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Komang Tritya Purnama Dewi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Bunga Aura Putri Sulistyono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Chelsy Gisela Pitoyo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Yasmine Anisatul Lutfiah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Andri Rizal Setiawan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Dewi Puspa Arum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v2i5.2393

Abstract

Sebagian pemilik UMKM di Desa Klurak, Kecamatan Candi, Sidoarjo, menghadapi tantangan dalam memperluas pasar dan meningkatkan daya saing produk mereka. Kebanyakan mengandalkan pemasaran secara konvensional dari mulut ke mulut tanpa mempertimbangkan pemasaran digital melalui media sosial serta strategi branding. Maka dari itulah penelitian ini dibuat untuk memberikan pemahaman dasar kepada pemilik UMKM mengenai legalitas atau sertifikasi halal, platform digital serta kemampuan dalam mengembangkan strategi branding seperti pembuatan desain logo produk dan foto produk. Hasil yang diharapkan adalah pemilik UMKM dapat memanfaatkan platform seperti Whatsapp Business dan Instagram untuk pemasaran, serta memiliki foto dan desain logo produk yang dapat menjadi ciri khas usahanya dan meningkatkan daya saing.

References

Ainun, N., Wahida, A., & Maming, R. (2023). PENTINGNYA PERAN LOGO DALAM MEMBANGUN BRANDING PADA UMKM. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 674–681. https://doi.org/10.36778/JESYA.V6I1.967

Andita, M. P., Indra, A. M., & Adilla, M. (2024). Pengembangan UMKM Adekfat dengan Pendampingan Desain dan Promosi Produk. Bulletin of Community Service in Information System (BECERIS), 2(2), 61–69. https://doi.org/10.36706/BECERIS.V2I2.35

Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H., Putra, M. A. R., Wardana, B. S., Cahya, R. A., Ramadhan, R. T., & Arum, D. P. (2022a). PENERAPAN BRANDING PRODUK DAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740–746. https://doi.org/10.31004/CDJ.V3I2.4702

Batubara, C., Safitri, D., Sari, D. P., Luthfiah, H. T., & Putra, B. U. (2023). Strategi Pengembangan Identitas Visual UMKM Melalui Pembuatan Logo: Studi Kasus Pada Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Aras. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 420–427. https://doi.org/10.31004/JH.V3I2.265

Budi, S. A. (2021). BRANDING SEBAGAI INTI DARI PROMOSI BISNIS. Digital Marketing Malang:Edulitera (Anggota IKAPI No.211/JTI/2019) Imprint PT. Literindo Berkah Karya.

Dedi Mardiansyah, Ikhlasul Fikri, N. F. et. all. (2023). Penambahan Lokasi UMKM dan tempat Umum Kedalam Geogle Maps Di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN). https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1940/1530

Dewi, M. K., Suhartono, D., & Subarkah, P. (2022). Implementasi Metode Bruce Archer dan Analisis SWOT pada Redesain Logo untuk Peningkatan Promosi Kripik Tempe Mama Ghusla. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 5(2), 99–110. https://doi.org/10.25273/DOUBLECLICK.V5I2.12012

Dr. Didik Hariyanto, M.Si Mojopahit, J., & Sidoarjo, B. (2023). Buku Ajar Komunikasi Pemasaran. Umsida Press, 0, 1–142. https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-068-7

Erwin, Rahmad Solling Hamid, Ni Nyoman Suarniki, Elia Ardyan, Ahmad Syamil, Zunan Setiawan, Sepriano, Edhie Rachmad, Y. (2023). PSIKOLOGI PEMASARAN SOCIETY 5.0 : Strategi Penjualan Maksimal Era Society 5.0 - Yoesoep Edhie Rachmad, Erwin Erwin, Rahmad Solling Hamid, Ni Nyoman Suarniki, Elia Ardyan, Ahmad Syamil, Zunan Setiawan, Sepriano - Google Books. Google Books. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=XbC_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA77&dq=Sebuah+jurnal+yang+relevan+dengan+topik+ini+adalah+jurnal+yang+diteliti+oleh+Kingsnorth+(2019)+yang+berjudul+“Digital+Marketing+Strategy+:+An+Integrated+Approach+to+Online+Market

Faldy, T. D., Noor, S., & Nurvenda, S. S. (2023). Tinjauan Atas Strategi E-Marketing Pada Kinasih Resort & Conference Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 4(2), 71–80. https://doi.org/10.37641/JIPKES.V4I2.2069

Kusuma, V. A. M., Sahabuddin, Z. A., & Hutasoit, P. S. J. K. (2022). STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA USAHA MIKRO DAN MENENGAH (UMKM) DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PENDEKATAN PEMBERDAYAAN EKONOMI RAKYAT. JURNAL CAFETARIA, 3(1), 24–35. https://doi.org/10.51742/AKUNTANSI.V3I1.492

Leiwakabessy, T. F. F., Ikbal, L., Sihasale, J. R., Risambessy, M. S., Samale, L., & Ananda, G. M. C. (2023). SOSIALISASI DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM NEGERI HALONG. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 158–163. https://doi.org/10.30598/PATTIMURA-MENGABDI.1.3.158-163

Pitaloka, L. K., & Kardoyo, K. (2023). Membuka Pintu Pasar Digital: Pelatihan Pemasaran Digital untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM Olahan Pangan di Salatiga. Madaniya, 4(4), 1368–1380. https://doi.org/10.53696/27214834.559

Downloads

Published

2024-08-14