MENGANTISIPASI PERUBAHAN KARAKTER GENERASI Z DI ERA DIGITALISASI

Authors

  • Sulfitri Husain Universitas Tadulako
  • Nurhamni Nurhamni Universitas Tadulako
  • Fahmi Surya Abdi Universitas Tadulako
  • M Yogi Pratama Maruf Universitas Tadulako
  • Faradila Oktafiani Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v3i1.3664

Keywords:

Pendidikan Karakter, Generasi Z, Digitalisasi

Abstract

Globalisasi membawa perubahan signifikan bagi kehidupan manusia.  Hal tersebut tidak hanya berdampak positif tetapi juga berdampak negatif  khusunya bagi tumbuh kembang anak. Terutama pada perubahan dalam persoalan karakter anak. Hadirnya digitalisasi yang menjadi salah satu bagian dari Globalisasi tersebut menjadi hal tidak terpisahkan dan juga berdampak pada perubahan karakter khususnya generasi Z. Teknologi yang sejatinya memberikan kemudahan dalam aktivitas keseharian rupanya menimbulkan efek buruk pada anak. Penggunaan hand phone atau gawai yang sering digunakan tanpa pembatasan waktu serta kontrol dari orang tua menjadikan anak kecanduan,  waktunya habis pada gawai, tidak fokus, dan anak menjadi malas belajar, serta beraktivitas yang lainnya.

Dalam hal ini, memperhatikan karakter menjadi sebuah upaya agar perubahan karakter yang terjadi dapat segera disikapi. Selain itu, agar generasi Z dapat memelihara nilai-nilai baik, menghormati antar sesama, dan lebih menghargai waktu.selain itu agar dapat mengambil keputusan mana yang tepat dan tidak tepat.

Pengabdian ini dilakukan beberapa tahap mulai dari perencanaan, persiapan, hingga pelaksanaan. Tahap perencanaan dimulai dengan pembentukan tim pengabdian. Selanjutnya tahapan persiapan berupa kelengakapan dalam melakukan pengabdian (alat tulis, infocus, tape rekorder, spanduk, materi, dan hal lain yang terkait). Pada tahap pelaksanaan yaitu memberikan pengayaan atau presentasi materi terkait bagaiamana mengantisipasi perubahan karakter khususnya pada generasi Z melalui metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab.  Melalui pengabdian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terkait  perubahan karakter sehingga dapat mengantisipasi terhadap hal yang kurang baik pada anak sejak dini.

Adapun luaran yang ditargetkan dalam pengabdian ini terdiri dari luaran wajib berupa jurnal terakreditasi sinta dan luaran tambahan berupa spanduk kegiatan dan bahan ajar.

References

Husain, S., Dandan Haryono, Nurhamni, & Yogi Pratama. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Metode Learning By Doing Di Pondok Pesantren Modern Al-Istiqamah Ngatabaru Kabupaten Sigi. EJOIN Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(8). https://doi.org/DOI:10.55681/ejoin.v1i8.1380

Paramesti, N. P. D. Y., & Dedi Kusmana. (2018). Kepemimpinan ideal pada era Generasi Millenial. TRANSFORMASI Jurnal manajemen Pemerintahan, 10(1). https://doi.org/10.33701/jt.v10i1.413

Putra, Y. S. (2016). THEORITICAL REVIEW:TEORI PERBEDAAN GENERASI. jurnal ekonomi dan bisnis, 9(2). http://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/142/133

Salim, M. P. (2024, Jauari). Karakteristik Gen Z Indonesia dan Problematika di Era Digital, Ini Solusi dan Strategi Menghadapinya. Liputan6.com. https://www.liputan6.com/hot/read/5513255/karakteristik-gen-z-indonesia-dan-problematika-di-era-digital-ini-solusi-dan-strategi-menghadapinya?page=3

Subitmele, S. E. (2023, November 6). Gen Z Adalah Generasi yang Terlahir dengan Gadget, Siap-siap Dihadapkan dengan Perubahan. Liputan6.com. https://www.liputan6.com/hot/read/5445561/gen-z-adalah-generasi-yang-terlahir-dengan-gadget-siap-siap-dihadapkan-dengan-perubahan?page=4

Downloads

Published

2025-01-03

Issue

Section

Articles