SEHAT DAN CERIA BERSAMA GIZI SEIMBANG: PENGABDIAN MASYARAKAT DI TK NEGERI PEMBINA WAWONII BARAT
DOI:
https://doi.org/10.61722/japm.v3i4.5840Keywords:
pengabdian masyarakatAbstract
Masalah gizi pada anak usia dini masih menjadi tantangan serius di berbagai wilayah Indonesia, termasuk daerah pesisir seperti Kabupaten Konawe Kepulauan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak usia taman kanak-kanak dan guru mengenai pentingnya gizi seimbang melalui pendekatan edukatif dan partisipatif. Pengabdian dilaksanakan pada bulan Mei 2025 di TK Negeri Pembina Wawonii Barat dengan melibatkan 15 anak dan 4 guru sebagai peserta. Metode yang digunakan meliputi pelatihan guru, edukasi anak melalui media interaktif seperti permainan, kartu gizi, dan lagu edukatif, serta observasi partisipatif dan evaluasi kualitatif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman anak mengenai makanan sehat, dengan lebih dari 80% mampu mengelompokkan makanan bergizi secara benar. Guru juga menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam menyampaikan edukasi gizi secara kreatif. Kegiatan ini membuktikan bahwa edukasi gizi yang dikemas secara menyenangkan dan melibatkan guru secara aktif dapat meningkatkan literasi gizi pada anak usia dini. Diharapkan program serupa dapat direplikasi di sekolah-sekolah lain, khususnya di wilayah kepulauan dan pesisir yang rentan terhadap permasalahan gizi.
References
Almunawa, D., Utami, A. I., & Wulandari, S. (2024). Penerapan media “ziplock games” untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap gizi siswa sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan Indonesia, 4(1), 25–32. Diakses dari https://jurnal.polkesban.ac.id/index.php/jpmki/article/view/2031
Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Kepulauan. (2024). Profil kesehatan Kabupaten Konawe Kepulauan tahun 2023. Langara: Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Kepulauan.
Ependi, A., Zulvia, D., & Nurhayati, E. (2024). Peran guru PAUD dalam membentuk perilaku hidup sehat anak usia dini di Desa Abu Sakim. Early Childhood Research and Practice (ECRP), 6(1), 45–52. Diakses dari https://jurnal.unived.ac.id/index.php/ecrp/article/view/4770
Gunawan, H. (2020). Pendidikan anak usia dini dalam teori dan praktik. Bandung: Alfabeta.
Hardinsyah, & Supariasa, I. D. N. (2016). Ilmu gizi untuk mahasiswa dan profesional kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Jannah, R. N., & Ernawati, D. (2023). Pengaruh edukasi gizi menggunakan media video terhadap pengetahuan dan sikap siswa sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Terpadu (JKT), 11(2), 134–141. Diakses dari https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/40652
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Laporan nasional Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022. Jakarta: Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan. Diakses dari https://kesmas.kemkes.go.id
Merisdawati, M., & Jamil, M. A. (2023). Edukasi gizi seimbang meningkatkan pengetahuan orang tua di PAUD Insan Mulia Kota Malang. Jurnal Pengabdian Soepraoen, 3(2), 80–87. Diakses dari https://jurnal.poltekkes-soepraoen.ac.id/index.php/jpsoe/article/view/529
Putri, F. M., Yuliana, R., & Wulandari, S. (2022). Peran orang tua dalam pencegahan stunting pada anak usia dini di wilayah pesisir. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55–63. doi:10.25077/jpkm.4.1.55-63.2022
Rizona, D., Sari, M. R., & Pratiwi, I. A. (2024). Edukasi gizi melalui permainan “Monopoli Gizi” terhadap peningkatan pengetahuan anak sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 77–84. Diakses dari https://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/PSNPKM/article/view/4582
Soetjiningsih. (2016). Tumbuh kembang anak. Jakarta: EGC.
UNICEF. (2023). The state of the world’s children 2023: For every child, nutrition. New York, NY: United Nations Children’s Fund. Diakses dari https://www.unicef.org/reports/state-worlds-children-2023
Wahyuningsih, D., Nurjanah, S., & Hidayati, R. (2023). Efektivitas edukasi gizi melalui media interaktif terhadap pengetahuan anak usia dini. Jurnal Gizi dan Kesehatan Indonesia, 15(2), 112–120. doi:10.20473/jgki.v15i2.2023.112-120
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL AKADEMIK PENGABDIAN MASYARAKAT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









