Pelatihan Totebag Ecoprint bagi Siswa RA Hidayatul Insan Karanganyar: Mewujudkan Edukasi Seni Ramah Lingkungan dan Potensi Daya Tarik Wisata Kreatif

Authors

  • Nancy Oktyajati Universitas Islam Batik
  • Sri Purwati Universitas Islam Batik
  • Sri Mayasari Universitas Islam Batik
  • Bagus Andika Fitroh Universitas Islam Batik
  • Muhammad Pandu Prapto Utomo Universitas Islam Batik

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v3i4.6036

Keywords:

ecoprint, Pendidikan Anak Usia Dini, Kesadaran Lingkungan, Pembelajaran Kreatif, Ekowisata

Abstract

Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan memperkenalkan seni ecoprint kepada anak usia dini sekaligus menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan. Ecoprint merupakan teknik cetak alami yang menggunakan bagian tumbuhan seperti daun dan bunga untuk menghasilkan motif pada media kain tanpa bahan kimia berbahaya, sehingga ramah lingkungan. Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan lingkungan hidup sejak dini serta kebutuhan akan media belajar kreatif yang menyenangkan dan bermakna bagi anak-anak. Metode pelatihan menggunakan pendekatan praktik langsung (learning by doing), diawali dengan penyampaian teori singkat mengenai konsep ecoprint, proses pembuatan, dan manfaatnya. Siswa diminta membawa daun dan bunga dari lingkungan sekitar, mengenali tekstur serta bentuknya, menyusun motif di atas totebag, kemudian melakukan proses pemukulan (pounding) untuk mentransfer warna alami ke kain, dan diakhiri dengan fiksasi warna. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dan kreativitas siswa dalam menyusun motif unik dan personal. Totebag hasil ecoprint ini tidak hanya menjadi media ekspresi seni dan pembelajaran tentang cinta alam, tetapi juga berpotensi dikembangkan sebagai produk kreatif lokal yang mendukung daya tarik wisata edukatif dan ramah lingkungan. Melalui kegiatan seperti ini, sekolah dapat berperan sebagai bagian dari penguatan ekowisata berbasis masyarakat dengan melibatkan generasi muda dalam pelestarian lingkungan dan promosi budaya lokal melalui karya seni.

References

Agustian, M. F., Rahayu, R. D., Indira, I., & Salukh, A. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Program Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Literasi Financial. Journal Of Human And Education (JAHE), 2(1), 73‑80.

Asmara, D. A. (2020). Penerapan Teknik Ecoprint pada Dedaunan Menjadi Produk Bernilai Jual. Jurnal Pengabdian Seni, 1(2), 16‑26. https://doi.org/10.24821/jas.v1i2.4706

D. S., B. W., & Alvin, M. A. (2019). Teknik Pewarnaan Alam Eco Print Daun Ubi Dengan Penggunaan Fiksator Kapur, Tawas Dan Tunjung. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 17, 1‑5. https://doi.org/10.54911/litbang.v17i0.101

Firdaus, B. N. S. I., & Nugraheni, N. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Wujud Pendidikan Berkualitas Dalam Upaya Mencapai Tujuan Sustainable Developments Goals (Sdgs). Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1788‑1798. https://doi.org/10.38048/jcp.v4i2.3623

Hudiya, F. R., Wulandari, R., Lubis, H. S., Putri, A., Wahyuni, S., Islam, U., … Medan, U. (2023). Mengenalkan Jiwa Kewirausahaan Kepada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Market Day. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 1(4), 12‑21.

Jariah, A., Astini, B. N., Fahruddin, & Rachmayani, I. (2023). Efektivitas penerapan teknik ecoprint untuk mengembangkan motorik halus anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 75‑79. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2646

Juwono, H., Hesti, A., Tachtiar, A., Bellyanda, F. P., Rahma, I., Chairunnisa, K., … Fatimah, R. R. (2024). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Melalui Pelatihan Ecoprint Pada Tote Bag Dusun Todangsan, Kelurahan Tonggalan, Klaten. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(2), 379‑384.

Kusumaningtyas, I. A., & Wahyuningsih, U. (2021). Analisa hasil penelitian tentang teknik ecoprint menggunakan mordan tawas, kapur, dan tunjung pada serat alam. Jurnal Tata Busana, 10(3), 9‑12. Repéré à https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/42976

Mukhawanah, U., Putri, M. A., Pratama, M. R., Zahra, R. A., Maharani, W., Silvia, B., … Kamila, D. (2024). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Pada Totebag untuk Meningkatkan Jiwa Wirausaha dan Kreativitas Anak di SD N 05 Wanarejan Selatan, 6(2), 136‑144.

Mutiah, N. H., Kristiana, D., & Muttaqin, M. A. (2025). Analisis Pengenalan Teknik Media Ecoprint Berbahan Alam Untuk Menstimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini, 7(1), 125‑130. https://doi.org/10.23917/ecrj.v7i1.4264

Novianti, Suwati, & Imamah. (2025). Penerapan ecoprint dalam kegiatan prasiaga untuk pembentukan karakter anak usia dini, 5(2), 1680‑1687.

Nurhayati, L., Purba, L. P., Wibowo, D. P., & Imu, F. A. (2023). Pengembangan Kreatifitas Melalui Pelatihan Ecoprint Untuk Mendorong Industri Kreatif di Bendul Merisi Wonocolo Surabaya, 7, 1193‑1201.

Rahayuningsih, M., Widowati, Karsinah, Wibawanto, W., Cahyati, W. H., & Husodo, M. S. (2024). Ekonomi Kreatif Diversifikasi Produk Ecoprint Kelompok Batik Puspandari Desa Ngesrepbalong, 28(2), 285‑290.

Safitri, N. F., Astini, B. N., Sriwarthini, N. L. P. N., & Rachmayani, I. (2023). Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 403‑409. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1181

Saptutyningsih, E., & Kamiel, B. P. (2020). Mendorong Ekonomi Kreatif Melalui Produk Ecoprint Melalui Pemanfaatan Potensi Alam di Dukuh Glugo Bantul. Warta LPM, 24(1), 145‑158. https://doi.org/10.23917/warta.v24i1.11081

Downloads

Published

2025-07-24

Issue

Section

Articles