Pengaruh Online Customer Review Dan Cash On Delivery Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee

Authors

  • Zainur Rohman Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1337

Keywords:

Cash On Delievery, Keputusan Pembelian, Online Customer Review, Shopee

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meneliti apakah online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian shopee di wilayah Nganjuk dan mengetahui apakah cash on delivery berpengaruh terhadap keputusan pembelian shopee di wilayah Nganjuk dan mengetahui apakah online customer review dan cash on delivery berpengaruh terhadap keputusan pembelian shopee. Di daerah Nganjuk. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Total sampel berjumlah 132 responden. Dalam metode pengambilan sampel penelitian ini digunakan metode pengumpulan data kuesioner. Responden penelitian ini adalah warga Kabupaten Nganjuk yang membeli produk dari Shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa review dan cash on delivery berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee Kabupaten Nganjuk. Selain itu, Shopee merekomendasikan untuk meningkatkan kinerja fungsi ulasan pelanggan cdengan memblokir akun yang memiliki aktivitas mencurigakan, sehingga mencegah kerugian bagi penjual dan memastikan konsumen menerima informasi yang benar saat mengambil keputusan pembelian.

References

Arbaini, Pratiwi. "Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia." Jurnal Bisnis Dan Manajemen vol.7 no.1 25:33 (2020).

Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram Ibm Spss”Edisi Sembilan.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hal. 96

Halaweh, Mohanad, 2018, Cash On Delivery (Cod) As An Alternative Payment Method For E-Commerce Transactions: Analysis And Implications, International Journal Of Sociotechnology And Knowledge Development, Vol. 10 No. 4

Kotler, Philip Dan Keller. K. Lane. 2016. Motif Pembelian Jilid 1 Edisi 14. Jakarta : Penerbit Erlangga

Limakrisna Nandan Dan Togi Parulian Purba, 2017. Manajemen Pemasaran Teori Dan Aplikasi Dalam Bisnis. Edisi Kedua, Penerbit : Mitra Wacana Media, Jakarta

Mokodompit, Hana Yoflike, Slh V. Joyce Lapian, And Ferdy Roring. "Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash On Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat)." Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 10.3 (2022): 975- 984.

Nainggolan, Rena, And Eviyanti Novita Purba. "Perbaikan Performa Cluster K- Means Menggunakan Sum Squared Error (Sse) Pada Analisis Online Customer Review Terhadap Produk Toko Online." Jurnal Times 8.2 (2019): 1-8.

Nuraeni, Yuni Siti, And Dwi Irawati. "Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ubsi)." Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen 9.4 (2021): 439-450.

Siti Nuraeni, Y., Dan D. Irawati. "Pengaruh Review Pelanggan Online, Produk Berkualitas, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee Marketplace (Studi Kasus Mahasiswa Ubsi)." Jurnal Ilmiah Manajemen 9.4 (2021): 439-450

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cetakan ke-26 Bandung : Alfabeta, Cv.

Zusmawati, And Ade Rani. "Pengaruh Layanan Cash On Delivery (Cod) Dan Online Costumer Review (Ocr) Terhadap Keputusan Pembelian Pada (E- Commerce) Shopee Di Kota Pariaman." Economics And Digital Business Review 4.1 (2023): 587-596.

Downloads

Published

2024-05-17