PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PRODUK ES TEH POCI DI KANTIN EMPAT SEKOLAH VOKASI IPB

Authors

  • Farhan Rahman IPB University
  • Ardisa Trynanda Institut Pertanian Bogor
  • Muhammad Adiyasa Institut Pertanian Bogor
  • Safitri Ramadhani Harahap Institut Pertanian Bogor
  • Zahra Shavira Institut Pertanian Bogor
  • Khoirul Aziz Husyairi Institut Pertanian Bogor
  • Tina Nur Ainun Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1340

Keywords:

citra penjual, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen, cutomer relationship management

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan pada Es Teh Poci Kantin Empat. Terciptanya kepuasan konsumen dan citra pedagang yang baik merupakan keuntungan bagi pedagang. Kepuasan menjadi dasar yang baik bagi konsumen untuk mengulang kembali pembelian produk terkait sehingga konsumen tersebut menjadi loyal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Customer Loyalty Index (CLI) sehingga diperoleh sampel sebanyak 50 orang konsumen. Analisis data dengan metode CLI. dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi yang digunakan dengan poin rata-rata 224 dan kepuasan konsumen dengan poin rata-rata 4,16 hal ini berpengaruh terhadap loyalitas konsumen  secara parsial, Konsumen Es Teh Poci Kantin Empat Sekolah Vokasi menunjukkan bahwa mereka merasa cukup loyal dan cukup puas atas layanan yang diberikan oleh Teh Poci Kantin Empat Sekolah Vokasi dapat dilihat dari penilaian responden terhadap atribut pelayanan dapat menyajikan dengan cepat.

References

Anwar, R. S., Ikhwan, S., & Khojin, N. (2022). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Kedai Kopi He Kafei). AURELIA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 88–95. https://doi.org/10.57235/aurelia.v1i1.34

Dewi, L. (2020). Customer Loyalty, Through Customer Satisfaction in Customers Pt. Xyz. Jurnal Aplikasi Manajemen, 18(1), 189–200. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2020.018.01.19

Durianto, Darmadi. (2001). STRATEGI MENAKLUKAN PASAR melalui Riset Ekuitas dan Perilaku. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy (2002), Measuring Customer Satisfaction, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Safitri, A. Y., Wibawa, B. M., & Ardiantono, D. S. (2019). Pengukuran Kepuasan dan Loyalitas Konsumen terhadap Kualitas Layanan Taksi Resmi Bandar Udara Juanda Surabaya. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 8(1). https://doi.org/10.12962/j23373520.v8i1.41573

Sutisna, 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F., 1997, Strategi Pemasaran, Yogyakarta, Penerbit Andi.

Downloads

Published

2024-05-20