ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU GEN Z DALAM MENENTUKAN BISNIS YANG DIMINATI SEBAGAI USAHA KECIL

Authors

  • Mukmin Pohan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Novien Rialdy Universitas Muhammadiyah sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1430

Abstract

Gen z merupakan generasi berbeda yang identik dengan generasi yang kreatif dan imajinatif. Sebagai generasi post milenial yaitu sebutan lain dari generasi Z atau mereka yang lahir setelah tahun 1996 memiliki kemampuan yang berbeda dari generasi sebelumnya. Semangat berbisnis generasi Z dalam membuka usaha pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian. Dominasi generasi Z di provinsi Sumatera Utara khususnya kota Medan tentu saja akan menjadi peluang pembangunan ekonomi di wilayah kota Medan. Untuk menganalisis secara deskriptif terkait perkembangan usaha kecil yang dijalankan Gen Z di kota Medan serta melakukan analisis faktor yang mempengaruhi keputusan Gen Z untuk memulai sebuah bisnis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitafi dan kualitatif. hasil penelitian menyatakan terdapat faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis yang terdapat dijadikan konstruk melihat keputusan Gen Z memulai bisnis

References

Astuti, R., Tanjung, H., & Putri, L. P. (2019). The Effect of Financial Literation on Online Shopping Interest in Millennials. International Journal of Accounting & Finance in Asia Pasific (IJAFAP), 2(3), 41–45. https://doi.org/https://doi.org/10.32535/ijafap.v2i3.582

Budiman, S. (1997). Pengaruh Faktor Kebudayaan Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen. Bina Ekonomi, 36–42.

Desmaryani, S. (2019). Wirausaha dan Daya Saing (C. M. Sartono (ed.); Pertama). Deepublish.

Dhewanto, W., R, V. N. R., Yunita, F., Azzahra, S., & Adrian, D. (2019). Internasional UKM Usaha Kecil dan Mikro Menuju Pasar Global (A. A. Christian (ed.)). Andi Offset.

Eddy Cahyono Sugiarto. (2021). Kewirausahaan UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi. https://www.setneg.go.id/baca/index/kewirausahaan_umkm_dan_pertumbuhan_ekonomi

Farisi, S., Kalsum, U., & Hadinata, M. N. (2021). Peran Mediasi Organizational Citizenship Dalam Mediasi Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan2, 631–647. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/snk.v2i1.8349

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM (7th ed.). Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 (7th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah, N., Muhtar, S., & Muliasari, I. (2019). Mudah Memahami Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Galih (ed.); Pertama). Uwais Inspirasi Indonesia.

Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2008). ENTREPRENEURSHIP (KEWIRAUSAHAAN) (7th ed.). Salemba Empat.

Houston, D. D. (2019). Adopsi Penerimaan Digital Payment Pada Kalangan Milenial. Medium : Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.25299/medium.2019.vol7(2).4094

Juliandi, A. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu- Ilmu Bisnis. M2000.

Kasali, R. (2010). Wirausaha Muda Mandiri: Kisah Inspiratif Anak Muda Mengalahkan Rasa Takut dan Bersahabat dengan Ketidakpastian. Menjadi Wirausaha Tangguh. Gramedia Pustaka Utama.

Koto, M., & Wansa, A. B. P. (2019). Firm value: Automotive industry research. Journal of International Conference Proceedings (JICP), 2(1), 116. https://doi.org/https://doi.org/10.32535/jicp.v2i1.490

Lubis, H. A. S., & Handayani, R. (2023). Generasi Zdan Entrepreneurship By Pass.

Parengkuan, E., & Tumewu, B. (2020). Generation Gap (Less): Seni Menjalin Relasi Antargenerasi. Gramedia Pustaka Utama.

Pindyck, R. S., & Rubinfeld, D. L. (2012). Mikroekonomi (Kedelapan). Erlangga.

Pohan, M., Jufrizen, J., & Annisa, A. (2021). Pengaruh Konsep Diri, Kelompok Teman Sebaya, Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Dimoderasi Literasi Keuangan. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 402–419.

Purnama, N. I., & Rialdy, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Alat-Alat Bangunan Pada PT. Rodes Chemindo Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 174–181.

Putri, L. P. P., Christiana, I., Pulungan, D. R., & Ardila, I. (2019). Investment Literation Improvement for Preparation of Investment for Young Investors. International Journal of Accounting & Finance in Asia Pasific, 2(3), 32–40.

Safitri, N. E., & Bhakti, C. P. (2017). Peran Bimbingan dan Konseling Untuk Menghadapi Generasi Z Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling Perkembangan. Konseling Gusjigang, 3(1), 10.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatitf dan R&D (Cetakan Ke). Alfabeta.

Wahyuni, S. F., Radiman, R., Jufrizen, J., Hafiz, M. S., & Gunawan, A. (2022). Model Praktik Manajemen Keuangan Pribadi Berbasis Literasi Keuangan, Orientasi Masa Depan dan Kecerdasan Spiritual pada Generasi “Y” Di Kota Medan. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 1529–1539. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.780

Wibowo, W. (2018). Manajemen Kinerja. Rajawali Pers.

Zhang, X., P. Wall, D. W., & Hughes, D. K. (2018). EXPLORING THE PERCEIVED SUCCESS OF A STRATEGIC MEDICAL TOURISM ALLIANCE FROM THE PATIENTS’ PERSPECITIVE. International Journal of Applied Business and International Management, 3(1), 75–81. https://doi.org/10.32535/ijabim.v3i1.79

Downloads

Published

2024-05-24