PENGARUH CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK STARBUCKS DI KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1483Keywords:
Citra Merek, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian, StarbucksAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh yang diberikan oleh variabel citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kuantitatif dengan data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara daring kepada 100 konsumen Starbucks di kota Malang. Dan analisis dari data yang dihasilkan diproses menggunakan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa data yang dipergunakan adalah valid dan reliabel. Setiap variabel secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan menunjukkan bahwa citra merek dan gaya hidup secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel citra merek dan gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Diharapkan perusahaan lebih meningkatkan citra merek agar menciptakan trend yang baik dan bersinggungan dengan gaya hidup masyarakat. Dari situ konsumen dapat dengan mudah untuk memutuskan pembelian.
References
Desy Irana dan Rahmat Hidayat, 2017. Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish. Diakses pada: 10 Februari 2023, pukul 13.42.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016), Marketing Management -15/E, Harlow, Pearson Education Mardina (2022). Starbucks untuk Kalangan Menengah Ke Atas, Mitor atau Fakta. Diakses pada: 8 Februari 2023, pukul 13:54 https://indiekraf.com/starbucks-untuk-kalangan-menengah-ke-atas-mitos- atau-fakta/
Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu (1st ed.). Jakarta: Prenada Media Group.
Perdana, E. (2016). Olah Data Skripsi dengan SPSS 22. Bangka Belitung: LAB KOM MANAJEMEN FE UBB.
Prasetyaningsih, Erlita, dan Diah Fistiani Sukardiman. “Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Branded Tiruan Pada Wanita Karir Di Jakarta.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, Vol. 1. No. 3 (2015) Diakses pada: 6 Februari
, pukul 17:35.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Rahayu, Suharni 2022. The Effect pf Brand Image and Promotion on The Purchase Decision of Tony Jack Jeans Product at DNA Store South of Tangerang. Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang Indonesia. Diakses pada: 11 Februari 2023, pukul 18:32.
Rezky Dwi Saputra 2018. Pengaruh Green Marketing Dan Customer Experience Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen (Studi Pada KonsumenStarbucks Coffee Di Kota Pontianak). hal.2 Diakses pada 8 Februari 2023, pukul 13:27.
Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.
Setiawan, Ujang, Patricia Dhiana dan Andi Tri Haryono, 2015, Pengaruh citra merek, harga, kualitas produk dan gaya hidup tehradap keputusan pembelian, Jurnal Manajemen Pemasaran, Hal. 4- 18. Diakses pada: 11 Februari 2023, pukul 18:45
Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.
Silalahi, Ulber. 2017. Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT Refika Aditama
Somantri, Bambang, Ridha Afrianka, Fahrurrazi 2020. Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone. E- jurnal Program studi manajemen. Institut Manajemen Wiyata Indonesia. Diakses pada: 12 Februari 2023, pukul 12:05.
Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen, teori dan penerapannya dalam pemsaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Sunarto. 2004. Prinsip – prinsip Pemasaran edisi ke 2. Yogyakarta: AMUS, UST Press dan Mahenoko Total Design Yogyakarta
Sunyoto, Danang. 2013. Teori Kuisioner dan Analisis Data. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen, di era internet implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Yusuf, M & Firmansyah D 2021. Perception, Life Style and Consumer Motiva-tio n Toward Purchasing Decision. Enrichmen : Journal of Management, 12(1), 705-710. Diakses pada: 12 Februari 2023, pukul 12:25.
Zahroh, Asfarotuz, Renny Dwijayanti 2020. Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian pada kopi Janji Jiwa di Royal Plaza Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya. Diakses pada: 12 Februari 2023, pukul 12:18.
Zamhuri, Muhamad, Reva Maria Valianti, Reina Damayanti 2021. Pengaruh Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang. Diakses pada: 12 Februari 2023, pukul 12:15
Gianita (2022). Strategi Starbucks Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. Diakses pada: 11 Februari 2023, pukul 18:51 https://mojok.co/terminal/strategi-starbucks-mempertahankan-loyalitas- pelanggan
Wijaya, D Nata 2018. Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Starbucks, Kota Malang) Diakses pada: 11 Februari 2023, pukul 19.05 http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.