PERANCANGAN DESAIN FEEDS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DENGAN MENGGUNAKAN PHOTOSHOP PADA DEPOT TONGSENG KURNIA JOMBANG

Authors

  • Raffy Alhafiz Haiqal Politeknik Negeri Malang
  • Ahmad Fauzi Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1484

Keywords:

Optimalisasi iklan, Desain feed, Instagram, Adobe Photoshop

Abstract

Periklanan adalah upaya untuk memperkenalkan suatu produk/jasa kepada masyarakat/konsumen dengan tujuan untuk memasarkan atau menjual. Media promosi yang digunakan oleh Depot Tongseng Kurnia Jombang sampai saat ini adalah brosur, mulut ke mulut dan Instagram. Promosi yang dilakukan dengan menggunakan media sosial Instagram dirasa kurang maksimal, karena informasi yang diberikan kurang update dan desain yang kurang menarik, sehingga diperlukan optimasi berupa desain feed Instagram yang menarik dengan menggunakan Adobe Photoshop CS6.

Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain feed Instagram untuk media iklan yang akan menampilkan detail produk yang akan dijual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pada hasil penelitian berdasarkan penyebaran kuesioner yang telah disebarkan kepada 1 orang pemilik usaha, 2 orang ahli pemasaran, 2 orang ahli komputer, dan 10 orang konsumen. Pengukuran efektivitas desain dilakukan dengan menggunakan metode EPIC model (Empathy, Persuasion, Impact, Communication).

Berdasarkan hasil analisis dengan menyebarkan kuesioner, diperoleh nilai rata-rata dari setiap dimensi yang telah dihitung menggunakan model EPIC. EPIC Rate memperoleh skor sebesar 4,13. Rata-rata tertinggi terdapat pada dimensi Emphaty yang termasuk dalam kategori sangat efektif. Hal tersebut dikarenakan desain feed Instagram menimbulkan kesan yang menarik dan telah mengalami perubahan yang signifikan dari sebelumnya dan desainnya dibuat secara kreatif.

Dapat disimpulkan bahwa optimalisasi desain Instagram Depot Tongseng Kurnia Jombang yang dibuat dengan menggunakan Adobe Photoshop CS6 sangat efektif, sehingga dapat digunakan untuk media periklanan yang mampu menarik minat konsumen. Depot Tongseng Kurnia Jombang harus berusaha untuk konsisten dalam mengupdate informasi terkait produk di Instagram.

References

Agni, H. (2021, Februari 18). Pemasaran Adalah: Pengertian, Jenis, Tujuan. Retrieved from www.jojonomic.com/blog/pemasaran-adalah/: www.jojonomic.com

Alimin, d. (2022). Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar Di Era Bisnis Modern). Lombok Barat: Seval Literindo Kreasi (Penerbit Seval).

Amruddin, d. (2022). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Publica Indonesia Utama.

Ardiansyah, M. d. (2020). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing. Bandung: CV CENDEKIA PRESS.

Arifin, S. (2019). Pemasaran Era Milenium. Yogyakarta: CV budi utama.

Banjarnahor, d. (2022). Social Media Marketing Dan Bisnis Modern. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Bestriandita, w. D. (2017). Analisis Perbandingan Efektivitas Iklan Menggunakan EPIC Terhadap Mahasiswa UII Yogyakarta. Prosiding Si Manis (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami), 215.

Cecilia, D. D. (2004). Analisis efektifitas iklan televise “softener soft & fresh” di Jakarta dan Sekitarnya dengan menggunakan Consumer Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan vol. 11 No. 1 maret 2004, 298.

Charirul, d. (2022). Desain Grafis Berbasis Photoshop CS6 Untuk Pemula. Bandung: Media Sains Indonesia.

Damopali, Y. d. (2016). Action Research (Teori,Model dan Aplikasi). Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Darestuti, d. (2022, July 26). Sejarah Instagram Hingga Menjadi Salah Satu Platform Media Sosial Populer. Retrieved from https://buzzup.id/: https://buzzup.id/sejarah-instagram/

Durianto, D. &. (2003). Inovasi pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Durianto, D. d. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Fawzi, d. (2022). Strategi Pemasaran Konsep,Teori dan Implementasi. Tangerang: Pascal Books.

Hidayatullah. (2020). Digital Imaging (Menggunakan Adobe Photoshop CS6). Makassar: Yayasan Barcode.

Indrasari. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Jalaludin. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Prinsip dan Praktik Pengumpulan Data). Surabaya: CV Pustaka MediaGuru.

Maharani, A. D. (2020). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing. Bandung: CV Cendekia Press.

Megadini, A. d. (2021). Perancangan Feed Instagram Sebagai Media Promosi Tape Ketan Surabaya. Jurnal Barik, Vol. 3 No. 1, Tahun 2021, 69-81, 69-81.

Muqsith. (2022). Pesan Politik Di Media Sosial "Twitter". Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Muqsith. (2022). Pesan Politik Di Media Sosial "Twitter". Surabaya: Cv Jakad Media Publishing.

Nabila, d. (2020). Peradaban Media Sosial Di Era Industri 4.0. Malang: PT.Cita Intrans Selaras.

Natitupulu, d. (2021). Manajemen Pemasaran (Pendekatan Praktis Dengan Teori-Teori Para Ahli). Jakarta: Atalya Rileni Sudeco.

Ngatno, d. (2017). Manajemen Pemasaran. Semarang: EF Press Digimedia.

Rahayu, D. D. (2012). Pengaruh Iklan Dengan Epic Model Pada Media Televisi Terhadap Sikap Penonton (Studi Kasus Pada Iklan Minuman Isotonik Fatigon Hydro Versi “Macet” Di Kota Pekanbaru). Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, 298.

Rahmawati. (2022 ). Apa Saja Variabel Penelitian Dalam Bidang Marketing ??? (Panduan Bagi Peneliti Pemula). Samarinda: Mulawarman University PRESS.

Rangkuti. (2009). Mengukur Efektivitas Program Promosi & Analisis Kasus Menggunakan SPSS. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama.

Redaksi. (2022, 7 26). Pengguna Sosial Media dan Internet Indonesia 2022. Retrieved from gaungmedia.com: gaungmedia.com/2022/07/26/pengguna-sosial-media-dan-internet-indonesia-2022/

Said, S. d. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV Sah Media.

Said, S. d. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran (Marketing Concepts and Strategies). Makassar: CV Sah Media.

Saleh. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV SAH MEDIA.

Saputra, d. (2020). Digital Marketing Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Saragih, d. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Satriadi, d. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Samudra Biru.

Setiyaningsih, Y. (2022, Desember 19). Pengertian Adobe Photoshop beserta sejarah, fungsi, tools, dst. Retrieved from dianisa.com: https://dianisa.com/pengertian-adobe-photoshop/

siregar, I. d. (2022). Desain Grafis Adobe Photoshop CS6 Untuk Pemula. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Sisca, d. (2021). Pemasaran: Dasar Dan Konsep. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sudrartono, d. (2022). Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Widina Media Utama.

Widiastuti. (2022). Apa Saja Variabel Penelitian Dalam Bidang Marketing (Panduan Bagi Peneliti Pemula). Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Widodo, B. d. (2017). Analisis Perbandingan Efektivitas Iklan Menggunakan EPIC Model Terhadap Mahasiswa UII Yogyakarta. 220.

Zaini, A. d. (2021). Bunga Rampai Karya Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Ilmu Administrasi Bisnis. Klaten: Lakeisha.

Downloads

Published

2024-05-29