PENGARUH HEDONIC MOTIVATION DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA TAHUN AKADEMIK 2022-2023 PROGRAM STUDI D-IV MANAJEMEN PEMASARAN JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MALANG)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1486Keywords:
Hedonic Motivation, Gaya Hidup, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan utama penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh Hedonic Motivation dan
Gaya Hidup terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee. Hedonic Motivation dan Gaya Hidup merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi Keputusan Pembelian terhadap suatu produk. penelitian kuantitatif ini memiliki variable bebas yaitu Hedonic motivation, Gaya Hidup, dan variable terikat Keputusan Pembelian. Dengan teknik non probability sampling, dengan jumlah penelitian sebanyak 80 responden. Analisis data menggunakan analasis regeresi berganda. Hasil penelitian menunjukan data yang dipergunakan valid dan reliabel. Semakin meningkat Hedonic Motivation dan Gaya Hidup semakin tinggi Keputusan pembelian. Setiap variabel secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan menunjukkan bahwa Hedonic Motivation dan Gaya Hidup secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan
Pembelian. Pengaruh total variabel yang diteliti terbilang rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel Hedonic Motivation dan Gaya Hidup berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, diharapkan perusahaan lebih meningkatkan kemenarikan informasi mengenai fitur ulasan dan mengembangkan informasi pada aplikasi Shopee, agar konsumen dapat dengan mudah dan cepat untuk memutuskan pemebelian.
References
APJII-Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://selular.id/2023/01/apjii-sebut-pengguna-internet-indonesia-tumbuhhingga-210-juta-tahun-2022 (diakses 4 Januari 2023)
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Databoks (2023). 5 E-Commerce dengan Jumlah Kunjungan Situs Terbanyak di Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/31/5-ecommerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-iv-2022. (diakses 2 April 2023)
Echdar, Saban. (2017), Metode Penelitian Manajemen dan Bisnin: Panduan Komperhensif Langkah Peneltian untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Firmansyah, Anang M. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gunawan, Imam. (2017). Pengantar Statistik Inferensial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Harmayani, dkk. (2020). E-commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I (12th ed., Vol. 1). Erlangga
Kotler, & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran edisi 12, jilid 1. Jakarta: Erlangga
Lestari I. P, dan Oetomo, H. W. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Customer Flashyshop. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 3, No. 7: 1-17
Lusita, Ervina Aprilia (2021) Pengaruh Motivasi Hedonic Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kfc Di Kota Jombang). Undergraduate thesis, STIE PGRI Dewantara Jombang.
Mazidah, Ika Maris Yuwafi (2022) “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Brand Equity, dan Shopping Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Angkatan 2017/2018 Universitas Muhammadiyah Ponorogo”. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. http://eprints.umpo.ac.id/8969/.
Maulidya, Shafira (2020, 12 25) Etika dalam Perilaku Konsumen Menghadapi Promo Diskon. Retrieved from Kumparan: https://kumparan.com/shafira maulidya-1608807597660010090/etika-dalam-perilaku-konsumen menghadapi-promo-diskon-1uqM4I5NCXv/3.
M Devina, Zoya (2023, 1 5) Gaya Hidup Hedonisme di Kalangan Mahasiswa. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/amp/zoyadvn1588/63b5a4984addee138331ac72/gaya-hidup-hedonisme-di-kalangan-mahasiswa.
Munawaroh. (2013). Panduan Memahami Metode Penelitian. Jakarta Timur: Initimedia.
Nextren. (2018). Inilah Tren E-commerce 2018 di Indonesia. (https://nextren.grid.id/read/0124363/inilah-tren-e-commerce-2018-diindonesia-menurut-toko-online-ini?page=all (diakses 4 Januari 2023).
Noor, Juliansyah. (2011). Metode Penelitian, Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nurhuda. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Promotion, dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Super Indo Kota Malang). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Vol 7, No 2. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5477 (diakses 12 februari 2023)
Pradina, Adhita. (2018). “Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Matahari Department Stor Kota Malang.” Jurnal Universitas Brawijaya Malang.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Rahma, Widia Sefiska. (2019). Pengaruh Hedonic ShoppingMotivation dan Shopping Lifestyle terhadap E-Impulse Buying Mahasiswi Universitas Negeri Padang pada Lazada.co.id. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausah, Vol. 1, No. 1. ISSN: Online 2655-6499. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/mnj/article/view/5520/2846 (diakses 1 April 2023).
Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Sanusi, Anwar.( 2014). Metodelogi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Setiadi, Nugroho J. (2019). Perilaku Konsumen:Prespektif Kontemporer pada Motif, Tujuan,dan Keinginan Konsumen. Jakarta:Prenadamedia Group.
Setiadi, Nugroho J. (2010). Perilaku Konsumen: Prespektif Kontemporer pada Motif, Tujuan,dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana.
Setyaningrum, A., J. Udaya, dan Efendi. (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta.
Silalahi, Ulber. (2017). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT Refika Aditama.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarwan, Ujang. (2014). Perilaku Konsumen, teori dan penerapannya dalam pemsaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sunyoto, D. (2013). Teori, Kuisioner, dan Analisis Data. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suryani, Tatik. (2013). Perilaku Konsumen, di era internet implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ulfa, Illa (2019) Pengaruh Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Skripsi (S1), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Utami, Christian whidya. (2017). Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel di Indonesia (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
Yusuf, M., & Firmansyah, D. (2021). Perception, Life Style and Consumer Motivation Toward Purchasing Decisions . Enrichment : Journal of Management,12(1),705-710. https://doi.org/10.35335/enrichment.v12i1.294
Yuwafi Mazidah, Ika Maris (2022) Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Brand Equity Dan Shopping Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Angkatan 2017/2018 Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Widagdo, Bambang (2020). Hedonic Shopping Motivation and Impulse Buying:The Effect of WebsiteQuality on Customer Satisfaction. Kenny ROZ / Journal of Asian Finance, Economics and Business Vol 8 No 1 (2021) 395–405 https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no1.395.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.