PENGARUH EKUITAS MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK CARDINAL FORMAL

Kualitas Produk, Ekuitas Merek, Harga, Keputusan Pembelian

Authors

  • Willy Yusnandar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Novien Rialdy Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1520

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ekuitas merek, kualitas produk dan harga  terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun secara simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang melakukan pembelian produk Cardinal Formal Pada PT. Matahari Departemen Store Medan Mall. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus lemeslow berjumlah 96 orang masyarakat yang melakukan pembelian produk Cardinal Formal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, studi dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Analisis Regresi Liner Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS 24.00. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial dan simultan ekuitas merek, kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Cardinal Formal

References

Apriyani, Y. (2013). engaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pizza Hut Di Kota Padang. Jurnal Manajemen, 2(1), 1–13.

Arianty, N. (2016a). Manajemen Pemasaran. Perdana Publishing.

Arianty, N. (2016b). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilham Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 68–81.

Arianty, Nel. (2017). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, 4(1), 76–87.

Arianty, Nel, & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50.

Arif, M, Yusnandar, W., & Sirait, A. W. (2020). Pengaruh Publik Figur, Citra Merek Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Kota Medan. Jurnal Salman (Sosial Dan Manajemen), 1(2), 11–18.

Arif, Muhammad. (2022). Antaseden Kualitas Produk, Harga, Dan Inovasi Terhadapdaya Beli Konsumen Denga Kinerja Pemasaran Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Umkm Di Kota Medan. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 3(1), 559–573.

Assauri, S. (2012). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Astuti, R, Ardila, I., & Lubis, R. R. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse. Akmami, 2(2), 204–219. https://doi.org/https://doi.org/10.53695/ja.v2i2.154

Astuti, Rini, & Safitri, R. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Razza Prima Trafo Medan. Keuangan Dan Bisnis, 9, 68–78. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=smRCL3IAAAAJ&cstart=20&pagesize=80&citation_for_view=smRCL3IAAAAJ:9yKSN-GCB0IC

Asututi, R., & Abdullah, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di Usaha Mikro Kecil Menengah. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1), 1–10.

Bahagia, R., & Astuti, R. (2019). Analysis of factors that affect employee performance. Journal of International Conference Proceedings (JICP), 2(3), 359–364. https://doi.org/https://doi.org/10.32535/jicp.v2i3.698

Dzulkharnain, E. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Sophie Martin Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal QTISHADequity, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.543

Effendy, A., & Lesmana, T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1(November), 83–88.

Fahmi, M. (2016). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Tribun Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1), 65–72.

Farisi, S. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Prosiding The National Confereces Management and Business, 689–705.

Farisi, Salman. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Issn: 2621 - 157, “Pemberdayaan dan Penguatan Daya Saing Bisnis Dalam Era Digital,” 690–705.

Gultom, D. K. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Tehadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(1), 81–94.

Jufrizen, J., Daulay, R., Sari, M., & Nasution, M. I. (2020). Model Empiris Peningkatan Kepuasan Dan Niat Beli Konsumen Dalam Pemilihan Online Shop Instagram. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(2), 249. https://doi.org/https://doi.org/10.22441/mix.2020.v10i2.008

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2015). Metodelogi Penelitian Bisnis Konsep dan Aplikasi. UMSU PRESS.

Kadir, H. A., Syarifuddin, T., Wahba, Rahma, A., & Andini, N. (2018). Pengaruh Faktor Gaya Hidup, kelas sosial dan kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Matic Mio Sporty di Kota Palu. Jurnal Sinar Manajemen, 5(2), 112–117.

Khair, H., Tirtayasa, S., & Yusron, M. (2023). The Effect Of Service Quality And Price On Customer Loyalty Through Customer Satisfaction On Laundry Medan.Com The City Of Medan. Jurnal Ekonomi, 12(1), 560–568.

Kotler, P., & Amstrong. (2012). Marketing Management. Erlangga.

Kotler, P., Armstrong, G., Nurmawan, I., & Sumiharti, Y. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kotler, P. T., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing, 17th Global Edition.

Kotler, Philiip, & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT. Indeks.

Lubis, A. A. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 1–11.

Muslih, M., & Bachri, Y. M. (2020). Pengaruh Return On Equity Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Humaniora, 4(1), 34–45.

Nasution, A. E. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 91–96. https://doi.org/http://doi.org/10.5281/zenodo.1410635

Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1, 83–88.

Nasution, S. M. A., & Hendrawan, W. F. (2020). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Piaggio Di Kecamatan Medan Marelan. Jurnal Salman (Sosial Dan Manajemen), 2(2), 83–92.

Purnama, N. I., & Rialdy, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Alat-Alat Bangunan Pada PT. Rodes Chemindo Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 174–181.

Rangkuti, F. (2009). Manajemen Persediaan : Aplikasi di Bidang Bisnis. Grafindo Persada.

Sangadji, E. M., & Sopia. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktisi Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. CV. Andi Offset.

Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 108–122.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen. Kencana Prenada Media Group.

Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 30–36.

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Yosep, M. A., & Nurdiansyah. (2020). Digital Marketing dan Fintech di Indonesia. Andi Yogyakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitan Administrasi. Alfabeta.

Sundjaja, R., & Barlian, I. (2006). Manajemen Keuangan 2. Literata Lintas Media.

Tirtayasa, S, Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67–86.

Tirtayasa, Satria. (2022). Effect Of Product Quality And Service On Customer Loyalty With Customer Satisfaction As An Intervening Variable (Study On Coffee Shop In Medan). International Journal of Science, Technology & Management, 3(5), 1438–1444.

Tirtayasa, Satria, Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67–86.

Tirtayasa, Satria, & Ramadhani, F. (2023). The Effect Of Price, Product Quality And Hedonism Lifestyle On Diamond Shops Purchasing Decisions Mediated By Perceived Value At Diamond Shops In Medan City. Jurnal Ekonomi, 12(02), 520–531.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2013). Pemasaran Strategik (1st ed).

Tobing, R. P., & Bismala, L. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 1(2), 73–82.

Downloads

Published

2024-05-31