Inovasi Kewirausahaan dalam Peningkatan Daya Saing Industri Sarung Berdasarkan Nilai-Nilai Islam
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1540Keywords:
Industri, Inovasi, Islam, Kewirausahaan, sarungAbstract
Sarung merupakan pakaian khas Indonesia dan umumnya dikaitkan dengan budaya dan adat istiadat masyarakat pemakainya. Pakaian ini biasanya dikenakan pada berbagai acara formal dan informal, upacara adat, dan acara-acara nasional. Bagi umat Islam, sarung identik dengan pakaian salat. Penelitian ini bertujuan untuk memahami inovasi kewirausahaan dalam meningkatkan daya saing industri sarung yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi kewirausahaan merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan daya saing industri sarung yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Inovasi kewirausahaan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti penelitian dan pengembangan, kolaborasi dengan desainer dan artis lokal, edukasi dan pelatihan, pemasaran digital, dan sertifikasi halal, yang semua itu dilakukan tentunya pada koridor yang sesuai syariat agama Islam.
References
Aniskuri Fitria L. (2020) Perkembangan Sentra Industri Kerajinan Sarung Tenun Goyor Dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Sosial-Ekonomi Masyarakat Desa Wanarejan Utara Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2002-2017. Universitas Diponegoro Semarang.
Anwar, Muhammad, H, M. (2014). Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana.
Fitriyani, Nurul. (2022) Pengaruh Inovasi Kewirausahaan Dan Ketersediaan Sumber Daya Terhadap Kinerja Umkm (Studi Kasus Kedai Kopi Kecamatan Kelapa Gading). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Haryono., Yusuf, R. (2022). Konsep Bisnis Abdurrohman Bin ‘Auf Radiyallahu ‘Anh Ditinjau dari Fiqih Muamalah dan Sejarah. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2), 329–341. https://doi.org/10.30868/ad.v6i02.3058
Indarti Nurul, Langenberg Marja. (2004) Factors affecting business success among SMEs: Empirical Evidences From Indonesia. University of Twente, Enshede, The Netherlands.
Mukhlas, A. A., & Gresik, S. A. A. M. (2020). Manajemen Bisnis Rasulullah. Jurnal Al-Iqtishod, 8(1), 46-52.
Perdamaian, P. D. J., Puspita, A., Frida, N. (2020). Analisis Strategi Mempertahankan dan Mengembangkan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19 Serta Mengetahui Dampak Perkembangan dan Pertumbuhan COVID-19 di Indonesia. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 129–139. https://doi.org/10.52005/aktiva.v2i3.134
Safira A, Kusumaningtyas. (2015). Inovasi Varian Mie Organik Pada Kedai Love Mie Semarang. Other Thesis. UNIKA Soegijapranata Semarang.
Santosa, S., & Alfatoni, A. H. (2022). Telaah Kewirausahaan dalam Perspektif Islam. ISLAMIKA, 4(3), 216–223. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i3.1586
Suwinardi. (2018). Langkah Sukses Memulai Usaha. ORBITH: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 14(3), 195–201. http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1317
Yahya, A. B. (2020). Etika Bisnis (Perilaku) Bisnis Rasulullah SAW Sebagai Pedoman Berwirausaha. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.