PENGARUH INSTAGRAM ADVERTISING DAN CELEBRIT ENDORSER TERHADAP MINAT BELI DI UKLAMOYA TRAVEL MALANG

Authors

  • Bunga Pamella Ramadhan Politeknik Negeri Malang
  • Rena Feri Wijayanti Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1546

Keywords:

Instagram Advertising, Celebrity Endorser, Minat Beli

Abstract

Instagram memiliki basis pengguna yang besar di seluruh dunia, yang mengalami fluktuasi setiap periode waktu, baik pertumbuhan maupun penurunan. Pemanfaatan product endorser dalam upaya pemasaran diduga berpotensi meningkatkan penjualan produk. Uklamoya Travel menggunakan strategi pemasaran yang menggabungkan instagram advertising serta dukungan selebriti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji dampak instagram advertising dan celebrity endorser terhadap minat membeli Uklamoya Travel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksplanatori dan mengadopsi metodologi kuantitatif. Kuesioner disebarkan kepada 100 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling guna mengumpulkan data, dengan mengunakan analisis regresi berganda linier berganda. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa iklan di Instagram dan endorsement dari selebriti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat minat pelanggan Uklamoya dalam melakukan pembelian travel. Dapat disimpulkan bahwa semakin meningkat instagram advertising dan celebrity endorser maka semakin tinggi pula minat beli. Disarankan agar Uklamoya Travel dapat menerapkan pemasaran di beberapa platform media sosial lainnya selain menggunakan instagram advertising, Uklamoya Travel perlu memaksimalkan instagram advertising dengan cara meningkatkan kreatifitas pada iklan dan inovasi- inovasi baru untuk menarik perhatian konsumen terhadap iklan tersebut. Uklamoya Travel perlu mempertahankan kualitas celebrity endorser atau melakukan kerjasama dengan endorser lain yang sudah dikenal luas oleh masyarakat agar dapat meningkatkan minat beli.

References

Chabachib, Abdurrahman. (2020). MONOGRAF, "Determinasi Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi". Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Daga, R. (2017). "Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan". Sulawesi Selatan: Global RCI.

Firmansyah, M. (2019). "Pemasaran Produk dan Merek". Surabaya: CV. PENERBIT QIARA MEDIA.

Firmawati, Y. (2022). "Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Ayam Broiler PT.Mitra Peternakan Unggas Pandeglang)", 1-13.

Ghozali, I. (2018). "Aplikasi Multivariate IBM SPSS 26 Edisi 10". Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro .

Kotler & Keller. (2016). "Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Lasander, C. (2013). Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional, 285.

Nugraha. (2021). Teori Perilaku Konsumen. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Perdana, E. (2016). Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22. Bangka Belitung: LAB KOM MANAJEMEN FE UBB.

Pramudinata, Zaini. (2023). "PENGARUH INOVASI PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE XR", 87.

Priansa, D. J. (2017). "Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer". Bandung: ALFABETA, CV.

Sriyono. (2019). "PENGANTAR MANAJEMEN RESIKO". Sidoarjo: UMSIDA PRESS.

Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen: Teori dan Penenrapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.

Suryani, T. (2013). "Perilaku Konumen di Era Internet". Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wijaya, d. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online di Seberang Ulu, 97-105.

M. Nisrina. (2015), "Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang", Yogyakarta : Kobis

Sorokina, N. Y. (2014). "Bank Capital and Theory of Capital Structure". 2000, 1– 197.

Sugiyono. (2015). "Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D". ALFABETA.

Downloads

Published

2024-06-05