Pengaruh Fasilitas dan Layanan Komunikasi terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1556Keywords:
Facilities, Communication Services, SatisfactionAbstract
This study aims to evaluate the influence of facilities and communication services on student satisfaction in educational institutions. Through quantitative analysis, this research highlights the importance of facilities and communication services in shaping a satisfying learning experience for students. The sample in this study consisted of 89 students from the 2023 cohort at Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. This research employs a quantitative method by collecting data through observation and questionnaires distributed to willing participants. The data were analyzed using SPSS. The results of the study indicate that the facilities variable has a positive and significant influence on satisfaction, and the communication services variable also affects satisfaction.
References
Alana, P. R., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran), 5(2), 180–194.
Dedy, A., & Alfandi, Y. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas hotel terhadap kepuasan pelanggan di sari ater hot springs resort ciater. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 18–25.
Fadillah, F., & Haryanti, I. (2021). Analisis pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Bima. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 125–139.
Kurniawan, D. D., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada My Kopi O Semarang. YUME: Journal of Management, 5(1), 348–358.
Lisdiana, I., Prasetyo, I., & Hartati, C. S. (2023). Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening Pada Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 50–63.
Maryati, F., & Husda, N. E. (2020). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada holiday hotel di kota batam. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 20–27.
Maulidiah, E. P., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 2(3), 727–737.
Nurmala, N., Sullaida, S., & Damanhur, D. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Pantai Ujong Blang Lhokseumawe. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 23(2), 73–78.
Prasetyo, M. D., Susanto, S., & Maharani, B. D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen: Studi Kasus Pada Pelanggan Barbershop Pojur Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 23–32.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Septianing, A. D., & Farida, N. (2021). Pengaruh fasilitas wisata dan kualitas pelayanan Terhadap niat berkunjung kembali melalui kepuasan pengunjung (Studi obyek wisata Goa Kreo Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 781–792.
Suhardi, Y., Zulkarnaini, Z., Burda, A., Darmawan, A., & Klarisah, A. N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 31–41.
Suyatno, R., & Hastuti, M. A. S. W. (2022). PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG (Studi pada Wisata Jurang Senggani (Buper) Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung). Jurnal Edueco, 5(2), 133–142.
William, W., & Purba, T. (2020). Kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel mazda di kota batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1).
Wulandari, A., Cakranegara, P. A., Widjajanti, W. W., & Vergara, A. Y. L. (2022). Pengaruh fasilitas wisata, kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan wisatawan di Kabupaten Pesisir Selatan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(11), 5339–5344.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.