Pengaruh Meme Marketing Untuk Konsumen Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1703Abstract
Generasi Z di Indonesia, lahir antara tahun 1996-2010, tumbuh dalam era digital yang mempengaruhi cara mereka mengakses informasi dan membentuk pandangan dunia. Mereka dikenal sebagai generasi yang sangat terhubung secara digital, mampu multitasking, kritis terhadap informasi, dan lebih menyukai pengalaman daripada kepemilikan barang. Dalam preferensi konsumen, mereka fokus pada kualitas dan keberlanjutan produk, serta menghargai produk ramah lingkungan, meski harus membayar lebih. Perilaku mereka dalam berinteraksi dengan merek didominasi oleh preferensi terhadap merek yang otentik, sadar sosial, dan menawarkan pengalaman unik. Meme marketing muncul sebagai strategi efektif untuk menjangkau Generasi Z. Dengan menggunakan humor dan referensi budaya populer, merek dapat menciptakan konten viral yang relevan dan menarik. Di Indonesia, perusahaan seperti Tokopedia dan Shopee sukses memanfaatkan meme untuk membangun hubungan kuat dengan konsumen muda. Meme marketing membantu meningkatkan kesadaran dan loyalitas merek meskipun mungkin tidak segera meningkatkan penjualan. Penting bagi merek untuk memahami dan mengikuti tren meme terkini, serta memastikan penggunaan meme tetap sesuai dengan nilai dan minat Generasi Z untuk menjaga relevansi dan efektivitas kampanye pemasaran.
References
Anca-Maria, Cristian, Gheorghe, & Amadea. (2021). Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research 16 no. https://www.mdpi.com/0718-1876/16/7/139
Arsha, Rehan, & Syeda. (2022). Journal of the Research Society of Pakistan 59 no. http://pu.edu.pk/images/journal/history/PDF-FILES/17_59_3_22.pdf
Ferdian, Anisah, & Lia. (2024). Jurnal Indonesia Sosial Sains 5 no. https://jiss.publikasiindonesia.id/index.php/jiss/article/view/995
Fernanda. (2018). True Gen Generation Z and its implications for companies. http://www.drthomaswu.com/uicmpaccsmac/Gen%20Z.pdf
Gina, Sebastian, Cristina, Alina-Cristina, Florian-Marcel, Dragoş, & Mirela. (2023). Determining factors in shaping the sustainable behavior of the generation Z consumer. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fenvs.2023.1096183/full
Halim. (2024). Circle Archive 1 no. http://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/244
Nawawi. (2020). Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan ESaintika 4 no. https://journal-center.litpam.com/index.php/e-Saintika/article/view/216
Padmanabhuni, Aarthy, Aishwarya, Sathish, S., & Volume. (n.d.). 341352. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-031-51997-0_29
Pei. (2023). To Meme or Not to Meme Examining Patterns and Effects of Memes Marketing among Gen Z in Malaysia. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/567659-diverse-narratives-media-and-communicati-4f9a3bf2.pdf#page=35
Premjeet. (2024). European Economic Letters EEL 14 no. https://www.eelet.org.uk/index.php/journal/article/view/1007
Pritts. (n.d.). Know what Its made of Research Material. https://search.proquest.com/openview/e96a8d068c48b214cdfda8ed19dc6b80/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18750&diss=y
Rusbiansyah, Ria, Agus, & Sikap. (2022). Management Studies and Entrepreneurship Journal MSEJ 3 no. https://yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/1318
Victor. (2021). Its just a meme bro How memes in marketing communication affects brand personality. https://www.diva-portal.org/smash/record.jsf?pid=diva2:1588721
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.