Pengaruh Meme Marketing Untuk Konsumen Generasi Z

Authors

  • Satria Veriansyah STIE Surakarta
  • Atik Lusia STIE Surakarta
  • Alfin Fajar Nurrahman STIE Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1703

Abstract

Generasi Z di Indonesia, lahir antara tahun 1996-2010, tumbuh dalam era digital yang mempengaruhi cara mereka mengakses informasi dan membentuk pandangan dunia. Mereka dikenal sebagai generasi yang sangat terhubung secara digital, mampu multitasking, kritis terhadap informasi, dan lebih menyukai pengalaman daripada kepemilikan barang. Dalam preferensi konsumen, mereka fokus pada kualitas dan keberlanjutan produk, serta menghargai produk ramah lingkungan, meski harus membayar lebih. Perilaku mereka dalam berinteraksi dengan merek didominasi oleh preferensi terhadap merek yang otentik, sadar sosial, dan menawarkan pengalaman unik. Meme marketing muncul sebagai strategi efektif untuk menjangkau Generasi Z. Dengan menggunakan humor dan referensi budaya populer, merek dapat menciptakan konten viral yang relevan dan menarik. Di Indonesia, perusahaan seperti Tokopedia dan Shopee sukses memanfaatkan meme untuk membangun hubungan kuat dengan konsumen muda. Meme marketing membantu meningkatkan kesadaran dan loyalitas merek meskipun mungkin tidak segera meningkatkan penjualan. Penting bagi merek untuk memahami dan mengikuti tren meme terkini, serta memastikan penggunaan meme tetap sesuai dengan nilai dan minat Generasi Z untuk menjaga relevansi dan efektivitas kampanye pemasaran.

References

Anca-Maria, Cristian, Gheorghe, & Amadea. (2021). Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research 16 no. https://www.mdpi.com/0718-1876/16/7/139

Arsha, Rehan, & Syeda. (2022). Journal of the Research Society of Pakistan 59 no. http://pu.edu.pk/images/journal/history/PDF-FILES/17_59_3_22.pdf

Ferdian, Anisah, & Lia. (2024). Jurnal Indonesia Sosial Sains 5 no. https://jiss.publikasiindonesia.id/index.php/jiss/article/view/995

Fernanda. (2018). True Gen Generation Z and its implications for companies. http://www.drthomaswu.com/uicmpaccsmac/Gen%20Z.pdf

Gina, Sebastian, Cristina, Alina-Cristina, Florian-Marcel, Dragoş, & Mirela. (2023). Determining factors in shaping the sustainable behavior of the generation Z consumer. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fenvs.2023.1096183/full

Halim. (2024). Circle Archive 1 no. http://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/244

Nawawi. (2020). Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan ESaintika 4 no. https://journal-center.litpam.com/index.php/e-Saintika/article/view/216

Padmanabhuni, Aarthy, Aishwarya, Sathish, S., & Volume. (n.d.). 341352. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-031-51997-0_29

Pei. (2023). To Meme or Not to Meme Examining Patterns and Effects of Memes Marketing among Gen Z in Malaysia. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/567659-diverse-narratives-media-and-communicati-4f9a3bf2.pdf#page=35

Premjeet. (2024). European Economic Letters EEL 14 no. https://www.eelet.org.uk/index.php/journal/article/view/1007

Pritts. (n.d.). Know what Its made of Research Material. https://search.proquest.com/openview/e96a8d068c48b214cdfda8ed19dc6b80/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18750&diss=y

Rusbiansyah, Ria, Agus, & Sikap. (2022). Management Studies and Entrepreneurship Journal MSEJ 3 no. https://yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/1318

Victor. (2021). Its just a meme bro How memes in marketing communication affects brand personality. https://www.diva-portal.org/smash/record.jsf?pid=diva2:1588721

Downloads

Published

2024-06-14