OPTIMALISASI IKLAN DENGAN REELS INSTAGRAM MENGGUNAKAN ADOBE PREMIER PRO PADA UMKM DAPOER OMA LIES MALANG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1720Keywords:
Iklan, Reels Instagram, Adobe Premier Pro, Dapoer Oma LiesAbstract
Dapoer Oma Lies merupakan UMKM yang bergerak pada bidang makanan ringan. Selain memproduksi makanan ringan, UMKM ini juga menjual makanan berat. Berdasarakan hasil pengamatan, media iklan yang digunakan yaitu word of mouth dan media sosial pribadi pemilik usaha yang di upload di whatsapp dan instagram. Media iklan yang digunakan kurang optimal, karena sangat terbatas terhadap penyebaran iklan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan melakukan optimalisasi video iklan dengan reels instagram pada Dapoer Oma Lies.
Penelitian ini menggunakan metode action research dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Jumlah responden yang diambil sebanyak 35 responden yang terdiri dari 1 pemilik usaha, 2 ahli pemasaran, 2 ahli multimedia dan 30 calon konsumen. Pengukuran efektivitas desain diukur dengan metode EPIC (Empathy, Persuasion, Impact dan Communication).
Dari hasil pengukuran data diketahui bahwa skor rata-rata EPIC Rate sebesar 42,5. Hal tersebut menandakan responden sangat setuju bahwa video iklan sudah sangat efektif digunakan sebagai optimalisasi video iklan dengan reels instagram pada Dapoer Oma Lies.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah video iklan reels instagram dapat dikatakan sangat efektif dan layak untuk digunakan dalam membantu mengoptimalkan media iklan di Dapoer Oma Lies. Diharapkan Dapoer Oma Lies dapat melanjutkan pembuatan video iklan yang diunggah pada sosial media instagram dan memperbarui informasi secara rutin agar dapat menarik calon konsumen.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Dewi, R. (2016). Pemilihan dan Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online. Yogyakarta: Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga.
Durianto, Sugiarto, Widjaya, & Supratikno. (2003). Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Jamarnis, S., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Harga dan Periklanan Melalui Internet Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Merek LUX pada Mahasiswa "KBP" Padang.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku 2 Edisi 1. Yogyakarta: Andy.
Kotler, P., & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1&2. Jakarta: PT Indeks.
Kusniadji, S. (2017). Kontribusi Penggunaan Personal Selling dalam Kegiatan Komunikasi Pemasaran Masa Kini. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanegara, 9 (2): 176 183.
Levens. (2010). Marketing: Defined, Explained, Applied. International Edition. Pearson: Prentice Hall.
Marissa, & Fawzi. (2022). Strategi Pemasaran: Konsep, Teori, dan Implementasi. Tangerang: Pascal Books.
Maulana, L. (2022, November 2). Berapa Pengguna Internet Indonesia per 2022? Diambil kembali dari FortuneIDN: https://www.fortuneidn.com/tech/luky/berapa-pengguna-internet-indonesia-per-2022-berikut-datanya
Meisanti, & Woro, H. K. (2020). Platform Digital Siaran Suara Berbasis On Demand. Jurnal Komunikasi dan Media, 193.
Mimunah, David, E., & Dian. (2017). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi Pada PT. Sulindafin. STMIK AMIKOM Yogyakarta. Seminar Nasional Teknomedia, ISSN : 2302 3805 : 37.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nurrohman, B. (2017). Optimalisasi Kinerja Operasional UMKM dengan Pendekatan Sistem Antrian. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nurwantoro Semarang, Vol. 11 No. 1 Hal. 14-15.
PramborsFM. (2022, Agustus 22). Diambil kembali dari Daftar Negara Pengguna Instagram Terbanyak di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?: https://www.pramborsfm.com/lifestyle/daftar-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-posisi-berapa/all
Sari, A. (2017). Dasar Dasar Public Relations: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Sinarmata, L. d. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Siringoringo, H. (2005). Pemograman Linear: Seri Teknik Riset Operasi. Yogykarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Tahap Tahap Memproduksi Video, Film atau Iklan. (2022, Maret 17). Diambil kembali dari www.ilmunesia.com: https://ilmunesia.com/tahap-tahap-memproduksi-video-film-atau-iklan/
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Tri, M., Kadarini, N., & Fidayan, A. (2020). Pengelompokan Karakteristik Iklan UMKM Menggunakan Analisis Cluster. JESYA, Vol 3 No 2.
Wibowo. (2015). Perilaku dalam Organisasi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Wibowo, H. Y., Rante, H., & Subhan, A. (2015). Implementasi Teknik Sound Effect dan Voice Over Dalam Pembuatan Video Dokumenter Perlindungan Anak di Kawasan Dolly. Implementasi Sound Effect, 1 6.
Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran. Nusa Tenggara Tengah: Forum Pemuda Aswaja.
Media Sosial yang Sering Digunakan 2020. (2020, February 26). Diambil kembali dari databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia
Kriteria Video Baik. (2019, Februari 28). Diambil kembali dari www.kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/lukasindra/5c6fb97aab12ae58907793d9/7-kriteria-video-baik?page=all
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.