PENGARUH HARGA DAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KERIPIK TEMPE NIZKIA

Authors

  • Muhajirin Wahyu Daniarta Dwi Syahputra Politeknik Negeri Malang
  • Eko Boedhi Santoso Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1751

Keywords:

Harga, Media Sosial WhatsApp, Keputusan Pembelian

Abstract

Penetapan harga barang dan cara memsosialkan produk menjadi salah satu aspek dalam keputusan pembelian oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan media social WhatsApp terhadap keputusan pembelian.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Explanatory dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian ini meliputi Harga (X1), Media Sosial WhatsApp (X2) dan Keputusan Pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli Keripik Tempe UMK yang berjumlah 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner online dan Data diolah oleh peneliti menggunakan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini perolehan nilai Adjusted R Square (presentase variasi total dalam variabel terikat yang dijelaskan oleh variabel bebas) menunjukkan nilai sebesar 0,523%, maka hal tersebut menunjukkan bahwa presentase pengaruh Harga dan Media Sosial WhatsApp berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen UMK Keripik Tempe Nizkia sebesar 52,3%.

Kesimpulan penelitian ini adalah penentuan harga dan cara sosial diketahui dapat meningkatkan keputusan pembelian. Setiap variabelnya berpengaruh secara simultan dan signifikan. Saran dari hasil penelitian yang diperoleh diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi UMK Keripik Tempe Nizkia dalam menentukan harga produk dan penggunaan media sosial WhatsApp sehingga dapat memberikan dampak yang baik bagi perusahaan itu sendiri dengan meningkatkan keputusan pelanggan.

References

Buku

Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran.

Cetakan 1. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Fandy Tjiptono, 2017, Strategi Pemsaran, Yogyakarta: Penerbit Andi Kotler Philip, dan Kevin Lane Keller, 20016, Manajemen Pemasaran,

terjemahan Hendra Teguh, edisi ketigabelas, jilid satu dan dua, Penerbit : Prenhalindo, Jakarta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. Vol. 2 No. 1.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.

Penelitian dan Jurnal

Arman Syahputra, et.al. 2021. Influence of Prices of Gooda And a Promotional Media For E-commerce Sales Planning System. Journal of Innovation Research and Knowledge

Bairizki Ahmad. 2017. Pengaruh Harga, Sosial dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal STIE Vol.14

Feren Dina, Sampurno Wibowo. 2021. Pengaruh Sosial Online Melalui Media Sosial Facebook dan WhatsApp Terhadap Peningkatan Penjualan. E- Proceeding of Applied Science. Vol.7, No.6

Muchsin Shihab, et all. 2022. The Effect of Advertising, Sales Promotion, and Brand Image On Repurchasing Intention. IAIC Transaction on Sustainable Digital Innovation (ITSDI)

Nurul Lailil. 2016. Pengaruh Harga dan Biaya Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada PT. Astra Honda Motor Cabang Takalar. Makasar. Penelitian Tugas Akhir.

Ridho Saputra. 2020. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Label Store Pekanbaru. Pekanbaru. Penelitian Tugas Akhir.

Ritahayani Ndruru. 2018. Pengaruh Harga dan Sosial Terhadap Volume Penjualan Pada UD.Anis Berkat Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Pemelitian Tugas Akhir.

Scorina Dwiantari,et.al. 2022. Media Sosial WhatsApp Bisnis Sebagai Media Sosial Guna Meningkatkan Penjualan Bakmi Jowo Denbagus. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis.

Tunnufus Zakiya, Wulandari Astri. 2019. Pengaruh Harga dan Jenis Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada E-Commerce Shoppe di Kabupaten Lebak. Journal of Management Studies, Vol.6, No.1

Downloads

Published

2024-06-18