Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Gen Z Dalam Berinvestasi Reksa Dana Syariah
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i7.1814Abstract
Abstract. This research takes a comprehensive approach, which includes qualitative analysis using literature study method to obtain data. The aim of this research is to identify the factors that influence Gen Z's decision to invest in sharia mutual funds. The existence of digital investment applications, such as seeds, money planting, bareksa, digital banks, and other investment applications, has made it easier and influenced Gen Z's interest in investing from the start. The results of this research state that there are two factors that influence Gen Z's decision to invest in sharia mutual funds. The first is internal factors, which include understanding about sharia mutual funds, awareness of risk, good knowledge about sharia mutual funds, and influence from other people in the process. decision-making. The second factor, external factors, include easy access to sharia mutual fund products and services, effective promotional and educational programs, stable and positive economic conditions, as well as technological developments that make it easier for Gen Z to access information and carry out investment transactions.
Keywords: Investment, Sharia Mutual Funds, Gen Z
Abstrak.
Penelitian ini melakukan pendekatan komprehensif yang mencakup analisis kualitatif dengan metode studi literatur untuk mendapatkan data. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi Gen Z dalam memutuskan investasi pada reksa dana syariah. Dengan adanya aplikasi investasi digital, seperti bibit, tanam duit, bareksa, bank digital, dan aplikasi investasi lainnya telah mempermudah dan mempengaruhi minat Gen Z untuk berinvestasi sejak awal. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi keputusan gen z dalam berinvestasi di reksa dana syariah, yang pertama adalah faktor internal yang meliputi pemahaman tentang reksa dana syariah, kesadaran akan risiko, pengetahuan yang baik tentang reksa dana syariah, dan pengaruh dari orang lain dalam proses pengambilan keputusan. Faktor yang kedua, faktor eksternal meliputi kemudahan akses terhadap produk dan layanan reksa dana syariah, program promosi dan edukasi yang efektif, kondisi ekonomi yang stabil dan positif, serta perkembangan teknologi yang semakin memudahkan Gen Z dalam mengakses informasi dan melakukan transaksi investasi.
Kata kunci: Investasi, Reksa Dana Syariah, Gen Z
References
Batubara, Y. (2020). Analisis Maslahah: Pasar Modal Syariah sebagai Instrumen Investasi di Indonesia. HUMAN FALAH: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(2), 236–254. https://doi.org/10.30829/hf.v7i2.7246
Dzulkirom, M., & Hidayat, R. R. (2015). Analisis Kinerja Investasi dalam Reksadana Saham (Equity Funds) dengan Metode Sharpe dan Treynor. Jurnal Administrasi Bisnis, 27(1), 1–7. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Faidah, F. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Journal of Applied Business and Economic, 5(3), 251–263. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/JABE/article/view/3484
Fauzia, I. Y. (2011). Pasar Modal Syariah di Indonesia. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 1(1), 15–40. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v5i1.1732
Firmansyah, L. (2020). Penerapan dan Perkembangan Reksa dana Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmu Akuntansi Dan Bisnis Syariah, 2(1), 68–80. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/aksy/article/download/7862/3860
Fitriyani, S., & Anwar, S. (2022). Pengaruh Herding, Experience Regret, dan Religiosity terhadap Keputusan Investasi Saham Syariah pada Investor Muslim Millennial dengan Financial Literacy sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(1), 68–77. https://doi.org/10.20473/vol9iss20221pp68-77
Haerisma, A. S. (2014). Pengantar Reksa Dana Syariah (Introduction of Islamic Mutual Fund). Al-Amwal: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 6(2), 1–13. https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/amwal/article/view/261/230
Maulana, R., Devi, A., & Arief, S. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Syariah Mahasiswa di Kabupaten Bogor. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 963–981. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1435
Rais, M., Khairi, H., & Hidayat, F. (2023). Pengaruh Teknologi Digital, Religiusitas, dan Sosial Media terhadap Keputusan Generasi Z Berinvestasi di Saham Syariah. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 6(2), 342–355. https://doi.org/10.31949/maro.v6i2.7178
Rosandya, A. V. R., & Nurzaman, M. S. (2020). Investasi pada Generasi Milenial: Faktor yang Mempengaruhi Minat Generasi Milenial untuk Berinvestasi Reksa dana Syariah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 456–468. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/829
Saputra, M. N. A. (2014). Pasar Modal Syariah di Indonesia. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam, 17(1), 86–103. https://doi.org/10.15642/elqist.2011.1.1.15-40
Saputri, W., & Nurwahidin. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Generasi Milenial pada Produk Syariah di Pasar Modal. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 423–430. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7805
Waridah, W., & Mediawati, E. (2016). Analisis Kinerja Reksa dana Syariah. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 1077–1086. https://doi.org/10.17509/jrak.v4i2.4043
Az-Zuhaili, W. (2007). Fiqih Isuim Wa Adiluituhu 4. Depok: Gema Insani.
Hery. (2020). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Grasindo.
Huda, N., & Nasution, M. E. (2007). Investasi pada Pasar Modal Syariah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Iqbal, Z., & Mirakhor, A. (2008). Pengantar Keuangan Islam: Teori dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UPN “Veteran” Yogyakarta Press.
Rodoni, A., & Hamid, A. (2008). Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Zikrul Hakim.
Fajri, H. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berinvestasi di Pasar Modal syariah (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/293474019.pdf
Hafzan, M. (2023). Pengaruh Pengetahuan dan Motivasi Investor terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Ar-Raniry Banda Aceh). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/35267/1/Muhammad Hafzan%2C 186002144%2C FEBI%2C ES.pdf
Wahyuningsih, O. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berinvestasi Reksa dana Syariah pada Aplikasi Bibit (Studi Kasus Generasi Milenial di Kabupaten Boyolali). Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. Retrieved from https://eprints.iain-surakarta.ac.id/7875/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










