PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN COFFEE SHOP (Studi Kasus Pada PARTNER COFFEE Malang)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i7.1866Keywords:
Promosi Media Sosial, Inovasi Produk, Minat Beli, Partner CoffeeAbstract
Berdasarkan promosi media sosial dan inovasi produk yang dilakukan oleh Partner Coffee, minat beli konsumen pada usaha ini meningkat seiring berjalannya waktu. Pengaruh minat beli yang meningkat merupakan salah satu hal penting dalam mempertahankan perusahaan di Partner Coffee. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan penjualan yang telah berlangsung dalam kurun waktu 4 tahun terakhir.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Metode pengumpulan data melalui kuesioner yang diberikan pada 100 responden yang merupakan pengikut media sosial dari Partner Coffee dan konsumen yang pernah mengunjungi Partner Coffee. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi media sosial instagram dan inovasi produk secara parsial dan simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel minat beli konsumen di Partner Coffee.
Berdasarkan hasil penelitian ini, Partner Coffee diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhdap informasi yang telah diberikan. Partner Coffee juga diharapkan dapat melakukan inovasi produk dengan mengevaluasi dari produk yang ada sebelumnya.
References
Arvanitha, S. (2019). Peranan Akun Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Peningkatan Penjualan Usaha Kuliner Di Kompleks Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar (Studi Kasus Usaha Yang Terdaftar Pada Go Food). Skripsi, 1-6. Retrieved Januari 2023
Dr. Drs. Ngatno, M. (2018). MANAJEMEN PEMASARAN. In M. Dr. Drs. Ngatno, MANAJEMEN PEMASARAN (p. 19). Semarang: EF Press Digimedia.
Dr. H. Mashur Razak, S. M. (2016). Perilaku Konsumen. Makassar: Alauddin University Press.
Dr. Muhammad Ramdhan, S. M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Gigih Mazda, I. T. (2019, Maret 5). Kafe di Malang yang Tumbuh dan Tumbang . Retrieved from kumparan.com: https://kumparan.com/tugumalang/kafe-di-malang-yang-tumbuh-dan-tumbang-1551768038570428054/full
Indrasari, D. M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. In D. M. Indrasari, PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN (pp. 2-3). Surabaya: Unitomo Press.
Iqbal, M. (2021). Efektivitas Digital Marketing Terhadap Kualitas Layanan pada Usaha di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Aceh). Efektivitas Digital Marketing Terhadap Kualitas Layanan pada Usaha di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Aceh), 1.
Izzah NUr Masyithoh, I. N. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia, 1.
N, T. W. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Rattan Handmade Pekanbaru. Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Rattan Handmade Pekanbaru, 1.
Nabilla Koirun Nisa, T. S. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli Pada Pengguna E-Commerce Shopee. Pengaruh Digital Marketing dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli Pada Pengguna E-Commerce Shopee, 1.
Randy Arvin Claudio, D. T. (2021). Influence of product innovation and influencer marketing on the interest in buying Bluebutton fashion products. Influence of product innovation and influencer marketing on the interest in buying Bluebutton fashion products, 1.
Rizaty, M. A. (2022, 06 17). Jumlah Pengguna Instagram Global (Q1 2020-Q1 2022). Retrieved from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/17/bertambah-lagi-ini-jumlah-pengguna-instagram-per-kuartal-i-2022
Rizaty, M. A. (2022, 01 10). Pengguna Instagram di Indonesia Bertambah 3,9 Juta pada Kuartal IV-2021. Retrieved from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/10/pengguna-instagram-di-indonesia-bertambah-39-juta-pada-kuartal-iv-2021
Satriadi, W. E. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI).
Satriadi, W. E. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Samudra Biru.
Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (p. 16). Bandung: ALFABETA, cv.
Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Wila Khairati, S. Y. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Promosi, dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Roti 99 Cupak Kabupaten Solok. Pengaruh Inovasi Produk, Promosi, dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Roti 99 Cupak Kabupaten Solok, 1.
Ziadatul Amelia, S. J. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Pengrajin Mutiara di Kota Mataram. Pengaruh Promosi Media Sosial dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Pengrajin Mutiara di Kota Mataram, 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










