Mekanisme Pengelolaan Utang Usaha Oleh Account Payable Pada ZZ Hotel di Surabaya

Authors

  • Ainun Rahmawati Lukito Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Dwi Suhartini Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i8.2195

Abstract

Abstract. This scientific article aims to study and analyze the flow of the receivables payment mechanism to vendors under the authority of the account payable subdepartment at ZZ Hotel Surabaya. The difference between this scientific article and the previous articles lies in the control of transfer authorization by the general cashier and the use of handwritten paper payment submission forms. The analysis method in this scientific article is a qualitative descriptive that focuses on case studies with primary and secondary data as evidence to support the truth. The object of analysis is ZZ Hotel Surabaya which is located in Surabaya, East Java. The results of the discussion of this scientific article show that ZZ Hotel Surabaya has fulfilled the flow of the debt repayment mechanism and implemented a debt repayment strategy gradually in one month to avoid delays in account payables.  However, there is still a lack of supervision on the general cashier who is in power in the release of company funds and there is still work on manual payment submission documents, so that the smooth payment of debt is less effective.

 Keywords: Account Payable, Purchasing, Hotel

 

Abstrak. Artikel ilmiah ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisa alur mekanisme pembayaran utang usaha kepada vendor yang berada di bawah wewenang subdepartemen account payable di Hotel ZZ Surabaya. Perbedaan artikel ilmiah ini dengan artikel-artikel sebelumnya terletak pada pengendalian otorisasi transfer oleh general cashier dan penggunaan formulir pengajuan pembayaran berupa kertas yang ditulis tangan. Metode analisa dalam artikel ilmiah ini adalah deskriptif kualitatif yang berfokus pada studi kasus dengan data primer dan sekunder sebagai bukti pendukung kebenaran. Objek analisa adalah Hotel ZZ di Surabaya yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Hasil pembahasan artikel ilmiah ini menunjukkan bahwa Hotel ZZ di Surabaya telah memenuhi alur mekanisme pembayaran utang usaha dan menerapkan strategi pembayaran utang secara bertahap dalam satu bulan untuk menghindari keterlambatan account payable. Akan tetapi, masih terdapat kekurangan pengawasan pada general cashier yang berkuasa dalam pelepasan dana perusahaan dan masih adanya pengerjaan dokumen pengajuan pembayaran secara manual, sehingga kelancaran pembayaran utang usaha kurang efektif.

Kata kunci: Utang Usaha, Pembelian, Hotel

References

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Aziz, M. A. (2022). ANALISA PROSES PEMBAYARAN HUTANG KEPADA SUPPLIER BERBASIS PROSEDUR ACCOUNT PAYABLE PADA HILTON BALI RESORT. Politeknik Negeri Bali.

Hermawan, H., Brahmanto, E., & Hamzah, F. (2018). Pengantar Manajemen Hospitality. In PT. Nasya Expanding Manajemen (Vol. 13, Issue 1).

Lehan, H. A. N., & Puspitha, M. Y. (2023). Peran Penggunaan VHP (Visual Hotel Program) Terhadap Sistem Pembayaran Utang Pada Golden Tulip Jineng Resort Bali. Prosiding SINTESA, 6(2023), 703–714.

Mantiri, E. V. (2021). Perlakuan Sistem Akuntansi Pembelian Non Tunai Pada Hotel Gran Puri Manado. Innovative, 1(2), 552–560.

MENTERI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF REPUBLIK INDONESIA. (2021). PERATURAN MENTERI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF REPUBLIK INDONESIA NOMO 4 TAHUN 2021 TENTANG STANDAR KEGIATAN USAHA PADA PENYELENGGARAAN PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO SEKTOR PARIWISATA. In sisupar.kemenparekraf.go.id (pp. 1–37). kemenparekraf.go.id.

Mulyadi. (2019). Sistem Akuntansi (Edisi 4). Salemba Empat.

Pemerintah Kota Surabaya. (2016). Profil Kota Surabaya 2016. In www.surabaya.go.id (Vol. 1). https://www.globalcovenantofmayors.org/cities/surabaya/

Rokhamah, Yana, P. R., Hernadi, N. A., Rachmawati, F., Irwanto, Dey, N. P. H., & Purwanti, E. W. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Teori, Metode, dan Praktik. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).

Sri Wahyuni, A., Taufik, T., Fito Mela, N., & Riau, U. (2020). PENGARUH KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP UTANG USAHA (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016). Kewirausahaan Dan Bisnis, 164(2), 164–175. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/index

Sugiarto, K. A., & Nuruddin. (2024). Analisis Keterkaitan Akomodasi Wisata Dengan Pariwisata Berkelanjutan di Banyuwangi. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 10(1), 16–22. https://journal.ubm.ac.id/index.php/hospitality-pariwisata

Tri Wahyuni, K., Oka Pradnyawati, S., & Luh Pramesta Ning Sri Utama Putri, N. (2023). Penerapan Kegiatan Accounting Pada Bagian Account Receivable, Account Payable, Dan General Cashier Di Hotel Harris Kuta Tuban. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 2(2), 5–7. https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i2.27

Yusuf, A. M., Rostiani, Y., Gunawan, R., & Claudia, R. (2021). Implementasi Pembelian Kredit Bahan Baku Material Menggunakan Aplikasi MYOB Accounting V18 Pada PT Mitra Metal Sejati. Is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.34010/aisthebest.v6i1.4524

Downloads

Published

2024-08-01