Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Melalui Keputusan Pembelian Pada Konsumen Usaha Krublak (Kerupuk Seblak) (Studi Kasus di Perumahan Telaga murni)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i8.2248Keywords:
Label Halal, Kualitas Produk, Minat Beli, Keputusan PembelianAbstract
Pengaruh Labelisasi Halal dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli melalui Keputusan Pembelian pada Konsumen Usaha Krublak (Kerupuk Seblak) (Studi kasus di Perumahan Telagamurni). Penelitian ini di latar belakangi oleh data pra survei yang menunjukan minat Masyarakat yang tinggi terhadap Minat beli produk Krublak. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan menganalisi pengaruh apa saja yang meningkatkan minat beli pada produk krublak, untuk menganalisi minat beli produk krublak, peneliti ini menggunakan Labelisasi Halal, Kualitas Produk, Minat Beli dan Keputusan Pembelian. Peneliti ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang di tunjukan kepada Masyarakat di Perumahan Telagamurni. Software yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM PLS. pada penelitian ini terdapat 17 indikator, maka jumlah responden 17 dikali 6 yaitu 102 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel labelisasi halal berpanguruh positif terhadap minat beli, variabel labelisasi halal berpengaruh positif terhadap Keputusan pembelian, variable kualitas produk tidak berpengaruh terhadap minat beli, variable kualitas produk berpengaruh positif terhadap Keputusan pembelian, variable Keputusan pembelian berpengaruh positif terhadap minat beli, variabel labelisasi halal berpengaruh positif terhadap minat beli melalui Keputusan pembelian dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap minat beli melalui Keputusan pembelian produk krublak
Kata Kunci: Label halal, kualitas produk, minat beli dan keputusan pembelian
References
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen.
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870
Yanti, N. D., & Darwanto. (2021). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal dan Digital Selling
Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 1–21. https://doi.org/10.30868/ad.v5i01.1144
Suparyanto, & Rosad. (2020). Pengaruh Labelisasi Halal, Brand Image, Dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Keputusan Membeli Makanan Cepat Saji Kfc Giant Metropolitan City Pekanbaru. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Lamuna, P., & Bone, K. (2019). Jurnal organisasi dan manajemen. 1(1).
Saputra, H., Muhazirin, B., & Panjaitan, H. P. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk,
Kualitas Layanan, Persepsi HargaDan Tempat Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Bakso Sido KangenPekanbaru. LUCRUM : Jurnal Bisnis Terapan , 1(1), 48–61. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/index
Sari, F. A. P. W., & Farida, N. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan
Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Umkm Kuningan Juwana Kabupaten Pati). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 345–352. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28117
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada ECommerce Shopee. Jurnal
Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43
Novianti, N., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Minat Beli dan Perilaku Konsumen
Terhadap Keputusan Pembelian di Minimarket Victoria Tiban. ECo-Buss, 6(1), 66–78. https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.656
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.