PENGARUH LIFESTYLE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN APLIKASI E- MONEY ’’DANA’’ DI KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i8.2249Keywords:
lifestyle, word of mouth, consumer decisionsAbstract
This research aims to determine lifestyle and word of mouth regarding consumer decisions using the e-money application ''dana''. This research uses observational research. The research results show that lifestyle variables have a partially significant effect on consumers' decisions to use the "Dana" e-money application. The word of mouth variable has a partially significant effect on consumer decisions using the "Dana" e-Money application. Lifestyle variables and word of mouth simultaneously have a significant influence on consumers' decisions to use the "Dana" e-money application.
References
Arif., M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. SiNTESa Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 111–122.
Amstrong, G, M. 2017. Principles of Marketing. United Kingdom: Pearson.
Gunawan, A., Wahyuni, N., & Nursekha, V. (2021). Kualitas Pelayanan Aplikasi Dana Terhadap Kepuasan Konsumen. Journal of Integrated System, 4(2), 181–198. https://doi.org/10.28932/jis.v4i2.3861
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.
Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Yulianthin (2022). Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen, 8(2), 1–3.
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press. Inayati, T., Efendi, M. J., & Dewi, A. S. (2022). Pengaruh Digital Marketing , Electronic Word of
Mouth , dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia.
Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(3), 202– 209.
Iskandar, dkk. (2018). Kinerja Pemasaran. Vol.15, Januari - Juni 2018, 64-74.
Khanif Varidah, Kristiningsih, Phonny Aditiawan Mulyana, M. A. D. (2022). Pengaruh Word of Mouth, Lifestyle Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Komunitas Red Koffiee Armina Daily. ABA Journal, 88(MAR./JUL.), 26–27.
Maffiro, D. M. A., Hamdun, E. K., & Fandiyanto, R. (2023). Lifestyle Dan Word of Mouth Dalam Membentuk Minat Beli Ulang Dalam Penggunaan E-Wallet Dana Pada Bisnis Makanan Dan Minuman Di Toko Mixue Situbondo Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 2(3), 378.
https://doi.org/10.36841/jme.v2i3.3122
Madiawati, P. (2017). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Kosmetik Jafra. eProceedings of Management.
Mahendrayasa, dan Hanu C, Kumadji, Srikandi, Abdillah, Yusri. (2014). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 12 No. 1 Juli 2014, hal. 1 – 7.
Mayo, R. P., Nugraha, H. S., & Saryadi. (2023). Pengaruh E-Promotion Dan E-Word of Mouth Terhadap Keputusan Penggunaan (Studi Pada Pengguna Aplikasi Dana Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 184–194. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Nimah, J., Hartono, H., & Armin, R. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Hangout dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Retjeh Kopi Gondang. Indo- Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 3(2), 123–136. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v3i2.135
Nisa, K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Kopi Janji Jiwa Tanjung Duren Jakarta). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1), 13–37.
Nurhasanah Nasution, 2019. (2019). UNES Journal of S ocial and Economics Research, 4(1), 42–47. Romansyah, I., & Aribowo, H. (2023). Pengaruh Lifestyle , Price , dan Word Of Mouth Terhadap Purchase Decision Pada Pengguna Aplikasi Go Pay Di Kota Surabaya internet . Tidak dapat dipungkiri , internet menjadi hal yang tidak dapat hidup ( life ) masyarakat di Indonesia termasuk dalam melaku, 1(2), 324–332.
Sundari, A., & Hidayat, T. (2020). Pengaruh Iklan di Media Sosial dan Komunikasi Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT Berkah Jaya Medan. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 1(2), 114–124. Retrieved from http://djournals.com/arbitrase/article/view/104%0Ahttp://djournals.com/arbitrase/arti cle/download/104/65
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung Tiara Amalia, W. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Dan Word of Mouth
Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Pada Remaja. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2021), 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.