ANALISIS STRATEGI USAHA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA KERIPIK PISANG TIGA BINTANG DI DESA PURWO BAKTI KABUPATEN BUNGO

Authors

  • Jumiati Jumiati Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Usdeldi Usdeldi Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dessy Anggraini Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i8.2411

Keywords:

Three star banana chips, Strategy to Increase Business, Revenue, SWOT Analysis.

Abstract

Three Star Banana Chips is a productive economic business opportunity which is carried out by individuals or business entities in order to increase income, so that they can meet life's needs. In developing a business, there needs to be a development strategy to be able to maximize the steps in developing Three Star Banana Chips. The research results show that Three Star Banana Chips can be developed by using the 4P marketing strategy or marketing mix by prioritizing product quality, affordable prices, good and friendly word of mouth promotion and channeled to grocery stores and also minimarkets.

 

References

Alqur’an :

Al-Quran Terjemahan. 2015. Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah.

Buku :

Amril Mutoi Siregar and Adam Puspabhuana, “Pengelolaan Keuangan Untuk UMKM,” 2017.Buku Pintar Finansial OJK

Anoraga, Panji. 2002. Koperasi Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.

Buku Pintar Finansial OJK.

Bungin Burhan, Metode Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta : Prenadamedia Group : 2006

Handini Sri, Sukesi, and Hartanty Kanty, “Manajemen UMKM Dan Koperasi: Optimalisasi Ekonomi Masyarakat Pesisir Pantai,” Unitomo Press, 2019, 1–245.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa

LatifahHanim, UMKM Dan Bentuk-Bentuk Usaha, 2018, Semarang, Unisulla Press.

Muhammad Teguh, Metode Penelitian Ekonomi, Jakarta : Grafindo 2007.

Nursaidah Satriadi, Wanawir, Eka Hendrayani, Leonita Siwiyanti, Manajemen Pemasaran (Banguntapan Bantul DI Yogyakarta, 2021).

Putu Krisna and Putu Nuratama, Tata Kelola Manajemen & Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah, Penerbit CV. Cahaya Bintang Cemerlang., 2021.

School of Business & Management, “Buku Ajar: UMKM Go Digital Syariah,” 2021, 1–21.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta, 2016

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta, 2016

Sofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi perbandingan perhitungan manual SPSS, Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.

Sunarto. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Amus

Jurnal :

Abdul Muttalib, “Pola Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Mataram”. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, No. 2 (November, 2017): 171-172.

Abdul Wahid Mongkito, “Strategi Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi : Eks MTQ Kota Kendari),” Robust: Research of Business and Economics Studies 1, no. 2 (2022): 93, https://doi.org/10.31332/robust.v1i2.3612.

Adinda Thaliya, Muhammad Iqbal Fasa, and Suharto,"Implementasi Etika Bisnis, Konsep Produksi, Efisiensi Pengolahan pada UMKM terhadap Sistem Sosial Ekonomi Perspektif Ekonomi Islam, Iqtishaduna Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam XII (2021).

Aini Khikmawati, Ahsilah and Mustamim,” Peran UMKM terhadap Kesejahteraan Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam”Jurnal Kajian, Penelitian Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol 4 2022

A Maulana, I Iswandi, and A Satria, “Analisis Strategi Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Hukum Islam,” Jurnal Penelitian Multidisiplin 1, no. 6 (2023): 1075–84, https://melatijournal.com/index.php/Metta/article/view/322.

Diana Lestari, Masruchin, and Fitri Nur Latifah, “Penerapan Strategi Pemasaran Syariah Pada Umkm Franchise Pentol Kabul Dalam Meningkatkan Pendapatan,” Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance 5, no. 1 (2022): 216–29, https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(1).9243.

Febriyanni and Majid, “Analisis Faktor Produksi Dalam Perspektif Islam ( Studi Kasus : UMKM Keripik Cinta Mas Hendro ).”Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi, 2023 25-31

Hatta, Sissah, and Anzu Elvia Zahara, “Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Pada Usaha Kerupuk Ikan SPN Di Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi,” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi 1, no. 1 (2023): 138–49.

I Gusti Ngurah Alit Wiswasta, Igusti Ayu Ari Agung, and I Made Tamba, Analisis SWOT (Kajian Perencanaan Modela, Strategi, Dan Pengembangan Usaha), 2018, Unmasspress.

Jazilinni’am, “Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Ekonomi Syariah UMKM Hasma Jaya Lestari.”UNS, Journal of Economics and Business Innovation Vol 2 Nomor 1 , 2022

Leka Ayu Mardasari, “Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Usaha Pada Konveksi Wijaya Di Desa Botoran Tulungagung Perspektif Ekonomi Islam”. Jurnal Ekonomi Syariah7, no. 2 (Desember, 2020): 114.

Lestari, Masruchin, and Nur Latifah, “Penerapan Strategi Pemasaran Syariah Pada Umkm Franchise Pentol Kabul Dalam Meningkatkan Pendapatan.”Jurnal Tabarru’: Islamic and Finance : Volume 5 nomor 22 2022.

Livia Tinneke Olly Kolanus, Vikie A. Rumate, dkk, “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Mikro Kecil (UMK) Di Kota Manado”, Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah 21, no. 4 (2014): 48-49.

Muhamad Aqim Adlan, “ Peran Prmerintah Dalam Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Era Pandemi Coved- 19 (Sebuah Kajian Dalam Perspektif Ekonomi Islam),” An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah 8, no. 1 (2021): 81–104, https://doi.org/10.21274/an.v8i1.3552.

Mulyani and N Asnawi, “Peran Strategis Kewirausahaan Dalam Pembangunan (Tinjauan Pendekatan Ekonomi Islam),” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8, no. 03 (2022): 2958–65

Maulana, Iswandi, and Satria, “Analisis Strategi Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Hukum Islam.”

M. Robby Kaharudin and Hendra Saputra, “Analisis Strategi Pemasaran Keripik Tempe Azzahra Desa Sumber Rahayu Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam 2, no. 2 (2021): 143–62, https://doi.org/10.56644/adl.v2i2.31.

N Jazilinni’am, “Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Ekonomi Syariah UMKM Hasma Jaya Lestari,” Nomicpedia: Journal of Economics and Bussiness Innovation, 2022, 18–32.

Nurul Hidayah, Imsar, and Atika, “Analisis Perkembangan Usaha Penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal),” (EKSYA) Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah STAIN Madina 3, no. 2 (2022): 206–16. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) 3, no. 5 (2022): 2879–97.

Nur Sindi Jannati, M Rusdi, and Melis Melis, “Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus Industri Rumahan Kemplang Di Wilayah Jakabaring Palembang),” I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics 7, no. 1 (2021): 74–81, https://doi.org/10.19109/ieconomics.v7i1.8213.

Rafidah Uin and Sulthan Thaha Saifuddin, “Strategi Dan Hambatan Pedagang Kaki Lima Dalam Meningkatkan Penjualan ( Studi Kasus PKL Di Telanaipura Kota Jambi),” IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business 4, no. 2 (2019): 55–69, http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/ijoieb.

Rahmat Firdaus and Asmanelita Faizasari, “Analisis Marketing Mix Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Studi Pada Masyarakat Pelaku UMKM Kue Kering Di Kabupaten Tanah Datar,” Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) 3, no. 5 (2022): 2879–97.

Rani Febriyanni and M Shabri Abd Majid, “Analisis Faktor Produksi Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus : UMKM Keripik Cinta Mas Hendro )” 7, no. 1 (2023): 25–31.Fakultas Ekonomi, Dan Bisnis, and Universitas Haluoleo, “Analisis Penerapan danb Pemahaman Prinsip Bisnis Sysriah Bagi UMKM Di Kota Baubau. Tri Ulfyana Semua Manusia Memiliki Kebutuhan Pokok Baik Sandang , Pangan , Maupun Papan . Dalam Pandangan Islam Kebutuhan Pokok Tersebut ( Sandang , Pangan , Papan ) Dan Kebu,” 2022, 29–36.

Seri Murni and Qurratu Humaira, “Analisis Peran Perempuan Dan Pemerintah Dalam Perkembangan UMKM Di Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah 5, no. 1 (2021): 1–7.

Sofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi perbandingan perhitungan manual SPSS, Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.

Tri Ulfyana, “Analisis Penerapan dan Pemahaman Prinsip Bisnis Syariah bagi UMKM di Kota Baubau, Journal of International Sharia Economics and Financial, Vol 01 No 01-2022

Downloads

Published

2024-08-15