Strategi Pemasaran Syariah Usaha Jahit dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Dusun Kaluppang Desa Massewae

Authors

  • Hijrah Ulfah stai ddi pinrang
  • Mustamin B STAI DDI Pinrang
  • Wahyuni Wahyuni STAI DDI Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i9.2452

Keywords:

Strategi, Usaha Jahit, Peningkatan Pendapatan

Abstract

the added value of textile materials into finished clothes according to customer desires and businesses in the fashion sector carried out by several people or in bulk. This research aims to find out how the sharia marketing strategy of sewing business in increasing people's income in Kaluppang Hamlet, Massewae Village. This research uses a qualitative approach in collecting data used interview method.

The results of the study show that: 1) The strategies used by tailors in Kaluppang Hamlet, Massewae Village have several strategies that are almost the same, then from the results of research found in the field the tailors mostly choose word of mouth promotion rather than using social media, 2) The increase in income of some tailors in Kaluppang Hamlet, Massewae Village has increased income, some tailors revealed that in addition to earning from this sewing they can increase capital for business and buy valuable assets, 3) Sharia analysis of sewing business strategies in Kaluppang Hamlet, related to the determination and quality of stitches, researchers did not find elements that contain usury or gharar. dalam bahasa Inggris merupakan terjemahan dari abstrak dalam bahasa Indonesia, ditulis antara 100-150 kata. Abstrak secara eksplisit memuat: latar belakang singkat (satu kalimat saja, boleh tidak ada), tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil temuan penting penelitian. Abstrak ditulis 1 (satu) alinea (Font TimesNew Roman 10 pt, Justify, spasi 1).

Keywords: strategy, Sewing business, increase income

 

Abstrak. Usaha jasa jahit baju merupakan salah satu bentuk usaha dalam sektor jasa yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah dari bahan tekstil menjadi pakaian jadi sesuai dengan keinginan pelanggan dan usaha dalam bidang busana yang dilakukan oleh beberapa orang atau secara massal. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran syariah usaha jahit dalam meningkatkan pendapatan masyarakat yang ada di Dusun Kaluppang Desa Massewae. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam mengumpulkan data digunakan metode wawancara.

Hasil kajian menunjukkan bahwa :1) Strategi yang digunakan oleh para penjahit di Dusun Kaluppang Desa Massewae memiliki beberapa strategi yang hampir sama, kemudian dari hasil penelitian yang ditemukan dilapangan para penjahit kebanyakan memilih promosi word of mouth dibanding menggunakan sosial media, 2) Peningkatan pendapatan dari beberapa penjahit yang ada di Dusun Kaluppang Desa Massewae mengalami peningkatan pendapatan, beberapa penjahit mengungkapkan bahwa selain mendapatan dari hasil menjahit inilah mereka dapat menambah modal untuk usaha dan membeli aset berharga, 3) Analisis syariah strategi usaha jahit yang ada di Dusun kaluppang, terkait dengan penetapan dan kualitas jahitan, peneliti tidak menemukan unsur-unsur yang mengandung riba atau gharar.

Kata Kunci: Strategi, Usaha jahit, Peningkatkan pendapatan

References

Aeni, C. 2023. “Strategi Pemasaran Jasa Jahit Untuk Kelangsungan Usaha Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Pekuwon.” OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi … 04(01).

Afridayanti, Kadek Intan, Gusti Alit Suputra, and Gede Agus Dian Maha Yoga. 2023. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian.” WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata 3(3):408–15.

Amelia, Zaida, and Lola Malihah. 2022. “Strategi Pemasaran Penjahit Pakaian Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pengembangan Kegiatan Ekonomi KreatifEKONOMI KREATIF.” Journal MISSY (Management and Business Strategy) 3:1–4.

Ana, Dimas Elly, and Arif Zunaidi. 2022. “Strategi Perbankan Syariah Dalam Memenangkan Persaingan Di Masa Pandemi Covid-19.” Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy 1(1):167–88.

Arifin, Moh Samsul, and Bambang Hermanto. 2023. “ANALISIS PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA JAHIT BAJU MBAK NUR DI DESA BATES KECAMATAN DASUK KABUPATEN SUMENEP.” Jurnal Cakrawala Ilmiah 2(6):2615–24.

Beddu, Megawati. 2018. “Pengaruh Minat Dan Motivasi Berwirausaha Perempuan Terhadap Pengembangan Usaha Menjahit Di Kota Parepare.” Jurnal Ilmiah Pena 1.

HARIYADI, GHUFRON YUSUF. 2019. “STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS JASA JAHIT PERMAK PAKAIAN PADA PERSAINGAN PASAR HOMOGEN (Studi Kasus Penjahit Permak Pakaian Pinggir Jalan Adi Sucipto Tulungagung).”

Joesyiana, Kiki. 2018. “Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru.” Jurnal Valuta 4(1):71–85.

Maghfiroh, Hilda Fitria. 2019. “Pelaksanaan Kursus Menjahit Untuk Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Pada Peserta Didik Di LKP Modes Aniq Sidoarjo.” Skripsi. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Miswar. 2017. “Analisis Pendapatan Penjahit Di Kota Kualasimpang .” Jurnal Samudra Ekonomika 1(1).

Muslimah, Muslimah. 2020. “PENGARUH USAHA (TAYLOR) PENJAHIT PAKAIAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA JADDIH KECAMATAN SOCAH KABUPATEN BANGKALAN.”

Oktana, Enda. 2023. “Strategi Bisnis Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19 Di Pt Bpr Asia Sejahtera.” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 7(1):309–21. doi: 10.31955/mea.v7i1.2832.

Sabri, Khairul. 2021. “ANALISIS MOTIVASI PENJAHIT KECAMATAN RAMBAH UNTUK MELAKUKAN KOMPUTERISASI INVENTORY SYSTEM.” AKPEM: Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Pemerintahan 3(1):32–40.

Seran, Renyarosari Bano, Elia Sundari, and Muinah Fadhila. 2023. “Mengoptimalkan Kreativitas Dalam Menarik Perhatian Konsumen.” Jurnal Mirai Management.

Suardhika, I. Nengah, Putu Kepramareni, and I. Luh Ayu Kariyani. 2020. “Optimalisasi Perekonomian Usaha Tukang Jahit Rumahan Jero Wasiki Di Tengah Wabah Covid-19 Di Desa Batubulan.” Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar Di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020 10–15.

Sunarta, Desy Arum. 2023. “Realisasi Pembiayaan Pemilikan Rumah Subsidi Berdasarkan Prinsip Perbankan Syariah.” Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi 3(1):110–17.

Sunarta, Desy Arum, and Aswinda Darwis. 2023. Pengantar Metodologi Penelitian. TOHAR MEDIA.

Sunarta, Desy Arum, and Dzulkifli Dzulkifli. 2023. “IMPROVEMENT OF MICRO BUSINESS THROUGH PEOPLE’S BUSINESS CREDIT (KUR)(ISLAMIC ECONOMIC ANALYSIS).” Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah 2(1):29–42.

Sunarta, Desy Arum, M. E. SH, and STAI D. D. I. Pinrang. 2023. “PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN DALAM AL-QUR’AN DAN HADITS.” PEMASARAN SYARIAH (TEORI DAN APLIKASI DALAM EKONOMI ISLAM) 61.

Syahputra, Rizki. 2019. “Strategi Pemasaran Dalam Alquran Tentang Promosi Penjualan.” Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 6(2):83–88.

Downloads

Published

2024-08-22