Strategi Peningkatan Nasabah pada Produk Tabungan Haji di Bank Syariah Indonesia Cabang Pinrang

Authors

  • Jasnita Jasnita STAI DDI Pinrang
  • Mustamin B STAI DDI Pinrang
  • Desy Arum Sunarta STAI DDI Pinrang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i9.2454

Keywords:

strategi, peningkatan nasabah, tabungan haji

Abstract

Abstrak. This thesis describes the Customer Improvement Strategy on Hajj Savings Products at Bank Syariah Indonesia Pinrang Branch. The purpose of this study was to determine the form of bank strategy on Hajj savings products at Bank Syariah Indonesia Pinrang Branch, and increase the number of Hajj savings customers.

This study aims to determine how the form of customer improvement strategies on Hajj savings products at Bank Syariah Indonesia Pinrang branch. This research uses a descriptive qualitative approach in collecting data through observation and interviews.

The results showed that: 1) the strategy applied to the Indonesian sharia bank pinrang branch uses marketing mix, cross selling, telemarketing, giving gifts and cooperation with the ministry of religion, 2) The increase in the number of Hajj savings customers in the current period continues to increase.

Keywords: Customer enhancement, strategy, and hajj savings

 

Abstrak. Skripsi ini mendeskripsikan mengenai Strategi Peningkatan Nasabah pada Produk Tabungan Haji di Bank Syariah Indonesia Cabang Pinrang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk strategi bank pada produk tabungan haji di Bank Syariah Indonesia Cabang Pinrang, dan Peningkatan jumlah nasabah tabungan haji.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk strategi peningkatan nasabah pada produk tabungan haji di bank syariah indonesia cabang pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi yang diterapkan pada bank syariah indonesia cabang pinrang menggunakan marketing mix, cross selling, telemarketing, memberi hadiah dan kerja sama dengan kementrian agama, 2) Peningkatan jumlah nasabah tabungan haji dalam periode berjalan terus meningkat.

Kata Kunci: Strategi, peningkatan nasabah, dan tabungan haji

References

Akbar, Nuryadi. 2019. “Tinjauan Terhadap Strategi Pemasaran Pada Tabungan Haji Dalam Akad Mudharabah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Sudirman, Bogor).” Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah 3(1):76–95.

Alfarisyi, Muhammad Faisal, and Muhammad Ikhsan Harahap. 2023. “Implementasi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji Pada Bank Syariah Indonesia (BSI).” Surplus: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 1(2):234–45.

Arfah, Yenni. 2022. Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional.

Asmawati, A., T. Trimulato, and I. Ismawati. 2022. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Meningkatkan Minat Masyarakat Di Bank Syariah Indonesia KCP Takalar Sulawesi Selatan.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 5(2):169–84.

Bimo, Widhi Ariyo, and Tommy Cahya. 2018. “Strategi Pemasaran Tabungan Haji Dengan Akad Mudharabah Mutlaqah Pada Pt. Bank Tabungan Negara Syariah (Persero) Tbk. Cabang Bogor.” Moneter: Jurnal Keuangan Dan Perbankan 6(2):63–68.

Dhiljam Nuhqila, Evita Premila. 2020. “Pengelolaan Tabungan Haji Perspektif Hukum Perjanjian Syariah.” Jurnal Hukum Islam 18(1):85–101.

Firdaus, Az-zahra Nuril, Siti Nur Holisah, and Ayu Sa. 2024. “Analisis Peran Customer Service Dalam Pelayanan Produk Tabungan Haji Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah Di PT . Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Jember Sudirman.” 01(03):579–84.

Halim, Fajriyah Salsabila, and Purnama Putra. 2023. “Analisis Penerapan Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Tabungan Haji Pada Bank Tabungan Negara Syariah KC Bekasi.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9(1):564–72.

Indonesia, Ikatan Bankir. 2018. Mengelola Bank Syariah (Cover Baru). Gramedia Pustaka Utama.

Lutfi, Mohammad. 2020. “Penerapan Akad Wadiah Di Perbankan Syariah.” Madani Syariah 3(2):132–46.

M. TASURUN AMINUDIN, S. .. 2020. “Strategi Pemasaran Langsung Produk Kerajinan Dengan Inspirasi Artefak/Obyek Budaya.”

Mayla Surveyandini, S. E. 2022. Strategi Pemasaran Ampuh. Nas Media Pustaka.

Mulyati, Etty. 2016. “Penyelesaian Sengketa Di Luar Pengadilan Dalam Rangka Perlindungan Terhadap Nasabah Bank.” ADHAPER Jurnal Hukum Acara Perdata 2(1):115–33.

Nadhiro, Neny Liftiyarotun. 2023. MEMBANGUN ADAB BERSAMA AL QUR’AN. CV. AZKA PUSTAKA.

Nainggolan, Basaria. 2023. Perbankan Syariah Di Indonesia. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Priyanti, Yeyen. 2021. “Analisis Mekanisme Penghimpunan Dana Tabungan Haji Dengan Akad Wadi’ah Pada BSI KCP Palembang Merdeka.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) 1(2):273–88.

Rikantasari, Shelvyna. 2020. “Pengambilan Keputusan Investasi Generasi Y Dan Strategi Peningkatan Jumlah Nasabah Terhadap Produk Tabungan Emas Di Pegadaian Syariah Cabang Babakan, Kota Surabaya.” Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam 8(2):91–105.

Rohmah, Alifatur, and Rahman Ali Fauzi. 2021. “Analisis Pemberian Hadiah Dalam Produk Tabungan Berjangka Wadiah Berhadiah (SAJADAH) Di BMT NU Situbondo.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 4(2):197. doi: 10.30595/jhes.v4i2.11320.

Saputri, Silvia Dewi, Ahmad Syahrizal, and Nurrahma Sari Putri. 2023. “STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP JAMBI SIPIN BAKARUDDIN.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen 1(3):211–24.

Silalahi, Rut Rismanra, Witanti Prihatiningsih, and Ratu Laura M. B. P. 2018. “Hubungan Antara Komunikasi Telemarketing Asuransi Dengan Sikap Calon Pelanggan Terhadap Telemarketer.” MetaCommunication; Journal Of Communication Studies 3(2).

Sunarta, Desy Arum, and Aswinda Darwis. 2023. Pengantar Metodologi Penelitian. TOHAR MEDIA.

Supriyadi, Didit, and Aulia Delvina. 2018. “Strategi Perbankan Syariah Dalam Upaya Peningkatan Jumlah Nasabah Tabungan Ib Maslahah Di Bank Bjb Syariah Kcp Cianjur.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Syahira, Tira, and Tuti Anggraini. 2024. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Terhadap Minat Nasabah BSI KCP Kabanjahe.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen 2(1):184–90.

Yaqin, Ainol. 2020. “Persepsi Kiai Dan Tokoh Nahdhatul Ulama Terhadap Akad Dan Produk Al-Qardh Al-Hasan, Rahn Dan Hadiah Di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’Ah Baitul Mal Wa Tamwil (Kspps Bmt Nu) Jawa Timur Di Gapura Sumenep.” PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah 4(1):53–65. doi: 10.33650/profit.v4i1.866.

Downloads

Published

2024-08-22