PENGARUH IKLAN, FASILITAS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PERUMAHAN GRIYA ZAFIRA PERMAI BREBES

Authors

  • Sulistia Ameliyanti Universitas Muhadi Setiabudi
  • Andi Yulianto Universitas Muhadi Setiabudi
  • Azizah Indriyani Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i9.2501

Keywords:

advertising, facilities, service quality, and purchasing decisions

Abstract

The aim of this research was to determine the influence of advertising, facilities and service quality on purchasing decisions at the Griya Zafira Permai Brebes housing complex. The type of research carried out by researchers uses casual associative research using a quantitative approach. The sample taken to represent the population was 109 customers. Analysis techniques in testing multiple linear regression analysis, using the SPSS version 25.0 program. Based on the test results, it shows that the significant value of the advertising variable (X1) is 0.026 > 0.05 and the calculated t value is (2.263) > t table (1.983). The significant value of the facility variable (X2) is 0.035 > 0.05 and the calculated t value is (2.140) > t table (1.983). Meanwhile, the significant value of the service quality variable (X3) is 0.001 > 0.05 and the calculated t value is (3.482) > t table (1.983), which means it influences purchasing decisions. Taken together, advertising, facilities and service quality have a significant influence on purchasing decisions at Griya Zafira Permai

References

Ali, M. T. R., & Khuzaini. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian Rumah. Jurnal Ilmu Dan Riset Mnajemen, 6(September), 1–20.

Aprileny, I., Imalia, I., & Emarawati, J. A. (2021). Pengaruh Harga , Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian ( Studi kasus pembelian rumah di GRAND NUSA INDAH blok j , cileungsi pada PT . KENTANIX SUPRA INTERNASIONAL ). 4(3), 243–252.

BI: Penyaluran Kredit Properti Naik Tipis Di Juli 2023. (n.d.). Kontan.Co.Id. https://keuangan.kontan.co.id/news/bi-penyaluran-kredit-properti-naik-tipis-di-juli-2023

Daud, Z. U. (2018). Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7, 10. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/981

Dr. Imam Machali, M. P. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif.

Ekasari, R., Purnamasari, W., & Ali, M. (2018). Pengaru Iklan, Kualitas Pelayanan, Fasilitas terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian BBM di SPBU Coco 51.601.108 Mastrip Surabaya. Jurnal Ecopreneur Fakultas Ekonomi, 1(2), 3.

Girsang, H. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, promosi pemasaran dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian rumah di perumahan bukit barelang piayu.

Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. 8(1), 54–70.

Jananuraga, P. G., & Lestari, N. P. N. E. (2020). Iklan, Citra Merek, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Keputusan Pembelian. 17(1), 133–149.

Kiman, N., Riono, S. B., Saifulloh, M., Wahana, A. N. D., & Fitralisma, G. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Depot Air Minum Isi Ulang UD Enzes Pengabean. Journal of Manajement(JECMA), vOL 1, No(1), 92–101.

Lesmana, I. S., Bahits, A., & Adiswanse, J. (2022). Promosi dan Fasilitas serta Pengaruhnya terhadap Keputusan Pmbelian pada Perumahan Persada Banten. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(1), 515–525.

Lestari, A. T., & Iskandar, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Bank BTN Cabang Tegal. 03(01), 1–9.

Lina. (2020). Pengaruh fasilitas, lokasi dan iklan terhadap keputusan pembelian rumah pada pt glory point di kota batam.

Oktavia, E., Ernitawati, Y., Indriyani, A., Rahmawati, T., & Saputra, A. A. (2018). Pengaruh Biaya Produksi dan Penjualan terhadap Laba Bersih pada Rocket Chicken Brebes. 1, 14.

Purwati, A. A., Julius, S., & Hamzah, Z. (2019). Analisis Pengaruh Iklan , Harga dan Variasi Produk terhadap Keputusan Pembelian di Toko Rumah Pekanbaru. 30(1), 20–28.

Siregar, A. I. (2021). Model Keputusan Pembelian Rumah Subsidi Dari Perspektif Fasilitas, Citra Perusahaan Dan Harga (Survey Pada Perumahan Panorama Sakuran Asri Kota Jambi). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/778

Sugianto, R., & Ginting, S. O. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Fasilitas dan Pomosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Perumahan Medan Resort City. 10(April), 1–12.

Tawas3, G. M., Mananeke, W. L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Presepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. 3(2), 1073–1085.

Wijayanto, A., & Armadani, S. P. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN PERUMAHAN TIPE CLUSTER DI KOTA SIDOARJO. Yos Soedarso Economic Journal …. https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/ysej-server/article/view/185

Yulianto, A., Mukson, Bachri, O. S., Riono, S. B., & Ernitawati, Y. (2020). Manajemen Tata Kelola BUMDES: Mengelola Pemasaran Produk. Jurnal Abdi Masyarakat UMUS (JAMU), Vol 1, No., 21–27.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles