Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Le Minerale (Studi Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Malang)

Authors

  • Pingkan Windyastari Pemasaran

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i10.2505

Abstract

Citra merek dan kepercayaan merek merupakan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Perusahaan dapat mempertahankan konsumen lama dan meningkatkan konsumen baru dengan memperhatikan kedua hal tersebut. Berdasarkan hal tersebut perusahaan harus meningkatkan citra merek dan kepercayaan merek. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan variabel citra merek dan kepercayaan merek. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan kuesioner, dan dengan teknik random sampling kepada 100 responden  dengan populasi mahasiswa Politeknik Negeri Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t, serta uji F. Temuan analisis parsial menunjukkan secara parsial citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel. Berdasarkan hasil regresi menunjukkan pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan lebih besar daripada pengaruh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, produk Le Minerale memiliki citra merek yang baik dan mendapat kepercayaan dari mahasiswa Politeknik Negeri Malang sehingga membentuk loyalitas pelanggan.

References

Bambang, A., & Heriyanto, M. (2017). Pengaruh Brand Equity dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil merek Toyota Kijang Innova. JOM FISIP, Vol. 4 No.2, 4.

Firmansyah, M. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). CV. Penerbit Qiara Media.

Irawan, P. R., Abdillah, & Taryanto. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Home Industry Sandal Kulit Kadangwesi Collection Garut. Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3 No.2, 62.

Sandy, & Ngatindriatun. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Economic and Banking, 4.

Sitorus, S. A., Romli, N. A., Tingga, C. P., Putri, S. E., Gheta, A. P., Wardhana, A., et al. (2022). Brand Marketing: The Art Of Branding. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Warsito, C. (2021). Loyalitas Pelanggan Terhadap Merek Toko Islami. Purwokerto: STAIN Press.

Wulandari, E. N., & Sulistyawati, L. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan Le Minerale (Studi Pada Mahasiswa Upn ‘’Veteran’’ Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Indonesia, 7.

Downloads

Published

2024-09-23

Issue

Section

Articles