PROSEDUR PENANGANAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR DI KANTOR POS SOLO 57100 STUDI KASUS PADA PENANGANAN SURAT PT POS YANG ADA DI KOTA SOLO
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i9.2564Keywords:
Surat, Pengelolaan Surat, PT Pos IndonesiaAbstract
Surat merupakan suatu alat komunikasi tertulis yang bertujuan untuk menyampaikan suatu maksud yang ditujukan kepada pihak lain. Meskipun pada saat ini surat sudah banyak ditinggalkan oleh masyarakat, tetapi surat masih memegang peranan penting dalam suatu organisasi atau instansi. Pengelolaan surat pada suatu organisasi yang cepat dan tepat akan menghasilkan suatu komunikasi yang baik dalam setiap kegiatan operasional di organisasi dengan pihak lain yang berkepentingan. Dalam kegiatan surat menyurat pada suatu organisasi, surat dapat menunjang keberhasilan tujuan dalam kegiatan berorganisasi, maka dari itu penanganan dan pengelolaan surat yang baik, cepat, dan tepat sehingga tujuan dalam organisasi dapat dicapai secara efektif dan efisien. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur penanganan surat masuk dan surat keluar di Kantor Pos Solo 57100.
Jenis pengamatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang memberikan gambaran atau melukiskan keadaan obyek pengamatan berdasarkan fakta yang ada. Sumber data diperoleh dari narasumber yaitu sekretaris di Kantor Pos Solo, berdasarkan sumber tertulis, dan peristiwa atau kejadian yang diamati secara langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara langsung kepada sekretaris di Kantor Pos, observasi data, dan dokumentasi data. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
References
Artikel Jurnal (satu, dua, atau lebih dari dua penulis)
Hidayat, S., & Jumiatin, U. (2016). Prosedur Pengelolaan Surat Untuk Memperlancar Proses Penyampaian Informasi Pada Kantor Kecamatan Pamulang. Jurnal Sekretaris, 3(1), 90. Retrieved from.
Junaedi, E., & S, H. (2017). Prosedur Penanganan Surat Keluar di Bagian Tata Usaha Pada Lembaga Pendidikan SMP Al-Hasra Depok. Jurnal Sekretari, 4(1), 1–13.Retrieved from.
Junus, M. (2018). Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk & Surat Keluar Jurusan Teknik Elektro Berbasis Web Melalui Jaringan. Jurnal ELTEK, 16, 18–32 Retrieved from
Artikel prosiding
Laksmi, Gani, F., & Budiantoro. (2015). Manajemen PerkantoranModern. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Disertasi/Tesis/Paper Kerja
Meilinda, E. (2016). Perancangan Aplikasi Kearsipan Surat Menyurat Pada Badan Pemerintahan. Jurnal Khatulistiwa Informatika, IV(2), 144–152. Retrievedfrom
Artikel Surat Kabar/Majalah
Priansa, D. J., & Damayanti, F. (2015). Administrasi dan Operasional Perkantoran. Bandung: Alpabeta.
Working Papper
Rosalin, S. (2017). Manajemen Arsip Dinamis. Malang: UB Press. Sedarmayanti. (2017). Manajemen Perkantoran Modern. Bandung: CV Mandar Maju.
Disertasi/Tesis/Paper Kerja
Wursanto, (2013). Modul Prosedur Melakukan Kegiatan Administrasi.
Yogyakarta: Kanisius.
Laporan Instansi/Lembaga/Organisasi/Perusahaan
Dewi, Menganda. (2012). Prosedur Penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar di Kantor Pos Solo 57100. Tugas Akhir Program Studi III, Fakultas Ilmu dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Buku Teks
Atmosudirjo, Prajudi. (2001). Kesekretariatan dan Administrasi Perkantoran.
Yogyakarta: Ghalia Indonesia.
Artikel Jurnal (satu, dua, atau lebih dari dua penulis)
Hidayati, S.N. (2016). Pengaruh Pendekatan Keras dan Lunak Pemimpin Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Potensi Mogok Kerja Karyawan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(2), 57-66. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i2.164.
Risdwiyanto, A. & Kurniyati, Y. (2015). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Sleman Yogyakarta Berbasis Rangsangan Pemasaran. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(1), 1-23. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i1.142.
Bator, R. J., Bryan, A. D., & Schultz, P. W. (2011). Who Gives a Hoot?: Intercept Surveys of Litterers and Disposers. Environment and Behavior, 43(3), 295–315. https://doi.org/10.1177/0013916509356884.
Artikel Prosiding
Norsyaheera, A.W., Lailatul, F.A.H., Shahid, S.A.M., & Maon, S.N. (2016). The Relationship Between Marketing Mix and Customer Loyalty in Hijab Industry: The Mediating Effect of Customer Satisfaction. In Procedia Economics and Finance (Vol. 37, pp. 366–371). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)30138-1.
Working Paper
Armand, F. (2003). Social Marketing Models for Product-Based Reproductive Health Programs: A Comparative Analysis. Occasional Paper Series. Washington, DC. Retrieved from www.cmsproject.com.
Disertasi/Tesis/Paper Kerja
Belair, A. R. (2003). Shopping for Your Self: When Marketing becomes a Social Problem. Dissertation. Concordia University, Montreal, Quebec, Canada.
Lindawati (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Usahatani Terpadu Padi-Sapi di Provinsi Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor. Retrieved from http://repository.ipb.ac.id/ handle/123456789/85350.
Buku Teks
Kotler, P., & Lee, N. R. (2009). Up and Out of Poverty: The Social Marketing Solution. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Laporan Instansi/Lembaga/Organisasi/Perusahaan
LPPSP. (2016). Statistik Indonesia 2016. Badan Pusat Statistik, 676. Jakarta. Diakses dari https://www.LPPSP.go.id/index.php/publikasi/326.
Artikel Surat Kabar/Majalah
Risdwiyanto, A. (2016). Tas Kresek Berbayar, Ubah Perilaku Belanja? Kedaulatan Rakyat, 22 Februari, 12.
Sumber dari internet dengan nama penulis
Chain, P. (1997). Same or Different?: A Comparison of the Beliefs Australian and Chinese University Students Hold about Learning’s Proceedings of AARE Conference. Swinburne University. Available at: http://www. swin.edu.au/aare/ 97pap/CHAN97058.html, diakses tanggal 27 Mei 2000.
Sumber dari internet tanpa nama penulis (tuliskan nama organisasi/perusahaan)
StatSoft, Inc. (1997). Electronic Statistic Textbook. Tulsa OK., StatSoft Online. Available at: http://www.statsoft.com/textbook/stathome.html, diakses tanggal 27 Mei 2000.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










