Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Deliwafa Store Cabang Gajayana Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i4.2574Keywords:
store atmosphere, kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan, Deliwafa StoreAbstract
Kemajuan teknologi akhir-akhir ini telah memicu perubahan yang cukup signifikan di dalam industri ritel. Industri ritel modern shopping good seperti Deliwafa Store cabang Gajayana Kota Malang ini menarik perhatian warga Kota Malang dengan suasana toko yang cheerfull dan pelayanan yang bagus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana store atmosphere dan kualitas pelayanan mempengaruhi loyalitas pelanggan di Deliwafa Store cabang Gajayana Kota Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data penelitian didapat dari kuesioner dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan non probality sampling, dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil angket diukur dari skala likert. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesa.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa variabel Store Atmosphere (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y). Berdasarkan hasil analisis secara simultan juga menunjukkan H0 dan Ha diterima, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel Store Atmosphere (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y).
Dari hasil penelitian ini, diharapkan Deliwafa Store cabang Gajayana Kota Malang memastikan dan tetap menjaga store atmosphere dan kualitas pelayanan yang ada serta melakukan peningkatan agar kedua aspek dalam kondisi yang stabil serta memberikan preferensi yang baik dibenak konsumen serta dapat mendukung keberlangsungan usaha dan senantiasa pelanggan akan berkunjung kembali ke Deliwafa Store cabang Gajayana Kota Malang dan tercipta loyalitas pelanggan yang baik.
Kata kunci : store atmosphere, kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan, Deliwafa Store
References
Artikel Jurnal
Handy Fadillah Rachman, Aditya Wardhana. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (studi pada konsumen Kopi Patok di kota Tasikmalaya)
Junaedi. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan.
Monika Krisjayanti, Agus Hermani. (2018). Pengaruh Suasan Toko dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas (studi kasus pada pelanggan ICOS Cafe)
Muhammad Irfan, Tengku, Syarifah. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Promosi, Kualitas Pelayanan dan Keragaman Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Konsumen Nada Resto Kisaran Kabupaten Asahan.
R. Lim Tawkim, Tuti Asmala, Ahmad Johan. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan
Store Atmosphere terhadap Customer Loyalty.
Tri Indra Wijaksana dkk. (2018). The Effects of Store Atmosphere and Service Quality on Customer Loyalty (Case Study of A Coffee Shop in Tasikmalaya, Indonesia)
Buku
Dewi Pertiwi. (2021). Pemasaran Jasa Pariwisata. Sleman: CV. Budi Utama
Fatin Furoida, Ida Maftukhah. (2018). The Influence of Service Quality and Store Atmosphere on Customer Loyalty Through Customer.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26.
Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2017. Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS 14.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Idrus Al Salim (2019). Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing)
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press
Joni dkk. (2023). Aplikasi SPSS untuk Analisis Data Penelitian Kesehatan. Padang: Get Press Indonesia.
Lili Suryati. (2015). Manajemen PemasaranSuatu StrategidalamMeningkatkan Loyalitas. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Maskan, Mohammad (2019). Pendekatan Baru Manajemen Pemasaran. Malang: Polinema Press
Mu’ah & Masram. (2014). Loyalitas Pelanggan. Sidoarjo: Zifatama Publisher. Rahmawati.(2022). Variabel Penelitian dalam Bidang Marketing.Samarinda:
Mulawarman University PRESS.
Saiful Simanullang, Sabil. (2022). Manajemen Pemasaran Berbasis Loyalitas Pelanggan Penumpang. Banyumas: CV. ZR CORPORA
Sulistiyowati, W., & Astuti, C.C. (2017). Statistika Dasar Konsep Dan Aplikasinya.
Sidoarjo: Umsida Press
Sugiyono. (2022). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Wahyuddin dkk. (2023). Metedelogi Penelitian Kuantitatifdengan Aplikasi IBM SPSS.
Get Press Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.