PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MC DONALD’ MT HARYONO KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i10.2620Keywords:
Citra Merek, Promosi Media Sosial, Keputusan Pembelian, McDonald’s MT Haryono MalangAbstract
Dengan kemajuan ekonomi dan teknologi di Indonesia, sektor kuliner mengalami perkembangan pesat dengan banyak pelaku usaha baru. Para pengusaha kuliner perlu menemukan strategi pemasaran yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen serta menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Konsumen kini lebih kritis dalam memilih produk makanan, sehingga kualitas produk dan citra merek menjadi sangat penting. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh citra merek dan promosi media social terhadap keputusan pembelian di McDonald’s MT Haryono di Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebar pada 100 konsumen McDonald’s MT Haryono kota Malang. Teknik analisis data yang dipakai yaitu analisis deskriptif dan regresi berganda. Temuan penelitian ini menunjukkan secara parsial citra merek dan promosi media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan nilai t-hitung> t- tabel. Secara simultan citra merek dan promosi media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan nilai f hitung > f tabel. Berdasarkan hasil regresi menunjukkan pengaruh citra merek dan promosi media sosial terhadap keputusan pembelian sebesar 66,1% sedangkan sisanya sebesar 33,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Berdasarkan temuan penelitian disimpulkan bahwa secara parsial dan simultan citra merek dan promosi media sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. McDonald’s sebagai brand diharapakan untuk menjaga citranya dihadapan masyarakat luas dan terus mengembangkan berbagai campaign yang menarik dan promosi yang sekiranya berpengaruh.
References
Firdaus. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS Statistics version 26.0. Riau: DOTPLUS Publisher.
Putri, D., Sudirman, A., Suganda, A., Kartika, R., Martini, E., Susilowati, H., Bambang., Trenggana, A., Zulfikar, R., Handayanti, T., Kusuma, G., Triwardhani, D., Rini, N., Pertiwi, W., & Roslan, A.. 2021. Brand Marketing. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Anita & Ardiansyah. 2019. THE EFFECT OF BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, AND MEDIA COMMUNICATION ON PURCHASE DECISION IN THE CONTEXT OF URBAN AREA RESTAURANT. Journal of
Business and Entrepreneurship. 7(2).
Azhari & Fachry. 2020. PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK KARAWANG DI
RAMAYANA MALL, KARAWANG. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara.Vol 2, No 1
Lukito & Fami,A. 2020. Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. Journal of Economics and Accounting. Vol 1, No 2.
Nugrahini & Afandy. 2023. PENGARUH BRAND IMAGE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BEAR
BRAND DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Aplikasi Bisnis. Volume:9 Nomor: 2
Putri & Nilowardono. 2021. The Influence of Brand Image, Service Quality, and Social Media Marketing on Purchase Decision at Restaurant Navy Seals Surabaya. Quantitative Economics and Management Studies (QEMS). Vol 2, No 4.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.