PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LIP CREAM IMPLORA (STUDI PADA MAHASISWI DI KOTA MALANG)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i10.2634Keywords:
pemasaran melalui media sosial, kesadaran pembeli atas merek, keputusan membeli, lip cream imploraAbstract
Tujuan riset untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk Lip Cream Implora. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanasi berupa kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik dokumen maupun angket kepada 100 orang yaitu mahasiswi 3 PTN di Kota Malang dengan pemberian kriteria atau bersyarat. Data dianalisis menggunakan uji kuesioner, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi berganda, analisis determinan dan uji hipotesis. Diperoleh hasil bahwa sosial media marketing dan brand awareness berdampak positif pada keputusan pembelian produk Lip Cream Implora baik secara parsial maupun bersama-sama dengan kontribusi kuat. Diharapkan Implora Cosmetics dapat meningkatkan ketertarikan dan kepercayaan konsumen terhadap konten social media marketing Instagram yang dibuat serta memperkuat strategi brand awareness sehingga dapat meningkatkan keputusan membeli.
References
Abdullah, M. M., et al. (2022). Pengaruh Social media marketing dan Brand awareness terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 2 (1), 736-743.
Jakpat.net. (2021). Tren Kecantikan 2021-Laporan Survei JAKPAT. Retrieved from Blog.jakpat.net:https://jakpat.net/pdf/32270/2021-beauty-trends---jakpat-survey-report. Diakses pada 06 Maret 2023.
Khairunnisa, S. (2022). Pengaruh Social media marketing Instagram, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada MS Glow Panakukkang di Kota Makassar. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 2 (4), 110-126.
Pasha, K., dan Hadibrata, B. (2019). The Impact of Brand awareness, Brand Associations and Perceived Quality on Consumer Purchase Decision of Sampoerna A Mild Products. Studi Journal of Economics and Finance, 3 (1), 67-76.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: CV. Alfabeta.
Punjungawidya, A., dan Murtiyanto, R. K. (2022). Pengaruh Social media marketing Instagram dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Menantea di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8 (2), 289-294.
Ridayani, S. U., et al. (2021). The Effect of Social media marketing on Purchase Decision of K-Pop Iz*One's Albums in Palembang. International Journal of Marketing & Human Resouce Research, 2 (1), 27-34.
Salmiah, et al. (2020). Online Marketing. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Saputra, D. H., et al. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Medan : Yayasan Kita Menulis.
Sitorus, S. A., et al. (2022). Brand Marketing: The Art of Branding. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Sopiah, dan Sangadji, E. M. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sriwendiah, S., dan Ningsih, W. (2022). Pengaruh Brand awareness Terhadap Keputusan Pembelian Lipcream Pixy (Survei Pada Konsumen Toko Kosmetik Cahaya Baru Purwakarta). Jurnal Bisnis, 10 (1), 28-38.
Susilowati, R. (2022). Pengaruh Social media marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Sonokuno Kitchen Jakarta. JUKIM: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1 (2), 49-56.
Warsito, C., et al. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Terhadap Jasa Ojek Online. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Yuliana, Y., dan Putra, M. G. (2020). The Effect of Brand Associations and Brand awareness on the Decision to Buy a Sim Card. IJJM: Ilomata International Journal of Management, 1 (2), 72-77.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.