PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE LEMONILO (Studi Pada Mahasiswa Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang)

Authors

  • Kalimasturrohmah Kalimasturrohmah Politeknik Negeri Malang
  • Sanita Dhakirah Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i10.2635

Keywords:

kualitas produk, harga, keputusan pembelian, Mie Lemonilo

Abstract

Tingginya tingkat persaingan industri makanan antar perusahaan sangatlah ketat, seperti yang dialami oleh Mie Lemonilo. Mie Lemonilo belum mampu menjadi top brand pada Top Brand Index (TBI) untuk kategori produk mie instan. Agar dapat bersaing menjadi top brand, diperlukan strategi pemasaran yang menarik untuk mempercepat keputusan pembelian konsumen yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kualitas produk dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk Mie Lemonilo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan variabel kualitas produk (X1), harga (X2), dan keputusan pembelian (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa Google Forms kepada 110 responden yaitu Mahasiswa Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang. Responden dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisa data menggunakan uji kuesioner, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisa regresi berganda, analisa determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mie Lemonilo baik secara parsial maupun simultan dengan kontribusi sebesar 57,8% dan 42,2% sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.  Dari hasil penelitian ini diharapkan dengan adanya harga yang ditawarkan, Mie Lemonilo harus memperhatikan kualitas produknya agar konsumen lebih banyak lagi yang melakukan keputusan pembelian terhadap produk Mie Lemonilo.

References

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan . Surabaya: Unitomo Press.

Kotler, A. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Ke-12. Penerbit Erlangga.

Kusmiyati. (2014, September Senin). Ingat Mie Instan Bukan Makanan Utama. Retrieved from www.dream.co.id: https://www.dream.co.id/lifestyle/mie-bukan-makanan-utama-140922e.html. Diakses pada 17 Januari 2023.

Nabila dan Fajar. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada. Jakarta. Konferensi Nasioanal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA).

Novera, dkk. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk TerhadapKeputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia.

Novita, dkk. (2021). The Effects of Brand Image and Product Quality on Purchase Decisions. Makasar: Quantitative Economics and Management Studies (QEMS), 2(6): 365-375.

Prasetyono, dkk. (2021). The Impact of Promotion and Price on Purchase Decision Consumers at Marketplace Shopee. Surabaya: International Journal of Integrated Education, Engineering Business).

Rosnaini, D. (2017). Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan . Sulawesi Selatan: Global Research and Consulting Institute.

Viska dan Umban. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Shopee.co.id. Jawa Barat: IMWI Student Research Journal, 73-86.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles