PENGARUH BRAND TRUST DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MS GLOW AESTHETIC CLINIC MALANG (Studi Pada Pengikut Akun Instagram MS Glow Aesthetic Clinic Malang)

Authors

  • Nisa Risqhi Amallia M. P. Politeknik Negeri Malang
  • Arni Utaminingsih Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i11.2857

Keywords:

brand trust, electronic word of mouth, loyalitas pelanggan

Abstract

Perusahaan perlu melakukan rencana untuk dapat mempertahankan usahanya. Rencana tersebut dapat dilakukan dengan menentukan strategi pemasaran yang tepat. MS Glow Aesthetic Clinic Malang menggunakan brand trust dan electronic words of mouth sebagai strategi pemasaran yang digunaan untuk membangun loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh band trust dan electronic words of mouth (EWOM) terhadap loyalitas pelanggan MS Glow Aesthetic Clinic Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data variabel bebas brand trust dan electronic words of mouth serta loyalitas pelanggan sebagai variabel terikat. Metode pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini dengan teknik non probability sampling sejumlah 100 responden yang merupakan pengikut akun Instagram MS Glow Aesthetic Clinic Malang.

Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa brand trust memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Electronic words of mouth berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Brand trust dan electronic words of mouth secara bersama berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan MS Glow Aesthetic Clinic Malang. Pada analisis regresi berganda diperoleh hasil electronic words of mouth memiliki pengaruh lebih dominan terhadap loyalitas pelanggan MS Glow Aesthetic Clinic Malang.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa brand trust dan electronic word of mouth secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dibuktikan dari hasil uji f yang telah dilakukan pada penelitian ini dengan hasil nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel dan nilai signifikansi yang dihasilkan lebih kecil daripada tingkat signifikansi atau nilai kemungkinan terjadinya kesalahan yang ditoleransi. Disarankan bahwa MS Glow Aesthetic Clinic Malang sebaiknya lebih mengenal lagi pelanggannya agar lebih mudah untuk meningkatkan kualitas dan layanan yang diberikan. MS Glow Aesthetic Clinic Malang juga diharapkan dapat menciptakan customer experience yang positif.

References

Adeliasari, Ivana, V., & Thios, S. (2010). Electronic Word Of Mouth dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian di restoran dan kafe di Surabaya. Unpublished Journal.

Adhari, Iendy Zelviean. (2019). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust. Pasuruan : CV. Penerbit Qiara Media.

Alfian & Susanti, Refni. (2023). “Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Loyalitas Pelanggan Handphone Oppo di Risel Cell Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan”. Jurnal Economina. Volume 2, Nomor 2, e-ISSN: 2963-1181.

Firmansyah, Anang.(2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning &Strategy). Surabaya:CV Penerbit Qiara Media

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro https://blog.jakpat.net/2021-beauty-trends-jakpat-survey-report/

Jesslyn & Loisa (2020). “Pengaruh EWOM di Instagram terhadap Loyalitas Pelanggan Kopi Janji Jiwa”. Jurnal Untar. Vol. 3 No. 2.

Priansa, D. J. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Priansa, D. J. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Purwanda & Wati, (2018). “Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survey Pada Pelanggan Lazada Di Wilayah Bandung Timur”. Jurnal INTEKNA, Volume 18, No. 2.

Rahayu, Jekti. (2022). “Pengaruh Brand Trust dan EWOM terhadap Loyalitas Pengguna Kartu AS Provider Telkomsel”. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. Vol. 08 No. 01.

Ridwanudin dan Hanifah. Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Konsumen Daihatsu Grand New Xenia di Bandung Pada Tahun 2019. Jurnal Manajemen Pemasaran. 5 (2). Halaman 627-636.

Rifa’i, Khamdan. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan. Jember : Zifarama

Rochaety,Dkk.(2019).Metodologi Penelitian Bisnis Dengan Aplikasi SPSS Edisi 2.Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sari, Ratih Permata, Yasa, Ni Nyoman Kerti. 2020. Kepercayaan Pelanggan Di Antara Hubungan Citra Perusahaan Dan Kewajaran Harga Dengan Loyalitas Pelanggan Mapemall.Com, Jateng: Lakeisha.

Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.

Sidarta & Sueni, (2019) "Pengaruh Brand Trust Dan Brand Equity Terhadap Loyalitas Pelanggan Tri Di 3store Denpasar”. Jurnal STIE Bali International Institute of Tourism Management. Vol. 2 No. 1. ISSN: 2655-6782

Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. (2018) Metode Penelitian Bisnis.Yogyakarta:CV Andi Offset.

Syafrida. (2021) Metodologi Penelitian.Medan: KBM Indonesia.

Tjiptono & Sumarwan. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Kota Bogor: IPB Press

Downloads

Published

2024-11-15