Penerapan Model Fishbein Multiatribut untuk Mengukur Sikap Konsumen terhadap Produk Sabun Cuci Tangan Veracoff Clean

Authors

  • Wilsam Akbar Rabbani IPB University
  • Thoifatul Munawwaroh IPB University
  • Wiwik Wiqoyatun Nisa IPB University
  • Diana Shinta Rahayu IPB University
  • Debora K.P. Parhusip IPB University

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i11.2914

Keywords:

Sikap Konsumen, Fishbein, Sabun Cuci Tangan, Veracoff Clean

Abstract

Industri perlengkapan mandi telah berkembang pesat, konsumen yang semakin sadar akan masalah kesehatan dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap sabun cuci tangan Veracoff Clean dan menentukan atribut dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian. Survei dilakukan dengan 60 responden berusia 15-45 tahun, mengevaluasi atribut seperti aroma, kekerasan, warna, kemasan, busa, harga, dan berat bersih menggunakan model multiatribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang paling penting bagi konsumen adalah kemasan (4,55), berat bersih (4,45), dan aroma (4,33), yang secara signifikan mempengaruhi sikap konsumen. Kemasan mendapatkan evaluasi tertinggi, diikuti oleh berat bersih dan aroma. Sebaliknya, atribut seperti kekerasan (4,10) dan warna (4,25) kurang diprioritaskan. Temuan ini menunjukkan bahwa untuk mempertahankan keunggulan kompetitif Veracoff Clean, fokus harus diberikan pada peningkatan kemasan, berat bersih, dan aroma, sambil mempertimbangkan faktor lain yang meningkatkan pengalaman pengguna.

 

References

Adhitya, D. P (2014). Studi Etnografi tentang Faktor-Faktor yang Berperan dalam Keputusan Pembelian Produk Sabun Mandi di Kalangan Seminaris Seminari Menengah Mertoyudan. Jurnal Ilmu Komunikasi. pp. 1-13. http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4316

Arianto, N. (2022). Manajemen Pemasaran. Tilova. Cipta Media Nusantara.

Khalik, I. (2022). Penetapan Atribut Produk dan Harga Terhadap Penciptaan Nilai Serta Dampaknya Pada Kinerja Pemasaran. Penerbit Insania.

Livinwati., Rahman A.O., Primayana (2018) Perbandingan Efektivitas Cuci Tangan Tujuh Langkah Dengan Air Dan Dengan Sabun Cuci Tangan Cair Dalam Menjaga Kebersihan Tangan Pada Mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Jambi. Jambi Medical Journal : Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 6(2), 137-145. https://doi.org/10.22437/jmj.v6i2.5943

Maulidah. (2015). Studi Adsorpsi ABS (Alkyl Bensene sulphonate) Dari Limbah Rumah Tangga Desa Ngadirgo Menggunakan arang tempurung kelapa (Coconut shell). Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Nugraha, K., Arief, M., MM, M., Abdinagoro, S. B., Pantri Heriyati, S. E., & Comm, M. (2023). Peran Incumbent Holding Effects dalam Praktik Bank Syariah di Indonesia. Indonesia Emas Group.

Nurmartiani, E. (2024). Pengantar Perilaku Konsumen. Tri Star Mandiri Publisher.

Sitanggang, F. A., & Sitanggang, P. A. (2021). Buku ajar perilaku konsumen. Penerbit NEM.

Sujalu, A. P., Latif, I. N., Bakrie, I., & Milasari, L. A. (2021). Statistik Ekonomi 1. Zahir Publishing.

Uzwatania, F., Ginantaka, A., & Awaludin, A (2018). Analisis Preferensi Dan Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Sabun Mandi Alami Halal. Jurnal Pertanian. 9(2), 108-114. https://repository.unida.ac.id/id/eprint/1077

WHO. (2009). Who Guidelines On Hand Hygiene In Health Care. Switzerland: WHO Press. https://www.who.int/publications/i/item/9789241597906

Wibisono, D. S. E, (2023). Pengantar Perilaku Konsumen-Jejak Pustaka. Jejak Pustaka.

Downloads

Published

2024-11-23

Issue

Section

Articles