Analisis Kelayakan Nasabah Menggunakan Prinsip 5C 1S Dalam Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR) (Studi Pada KB Bank Syariah KC Sidoarjo)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i11.2921Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penentuan layak atau tidaknya nasabah dalam Pembiayaan Pemilikan Modal Kerja (PPR) berdasarkan prinsip 5C 1S di KB Bank Syariah KC Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara langsung dengan Bapak Bagus selaku Account Officer serta studi kepustakaan yang bersumber pada artikel dan buku yang sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa nasabah dalam mengajukan pembiayaan harus melewati analisis 5C 1S untuk menentukan keputusan yang dibuat oleh KB Bank Syariah KC Sidoarjo. Serta, prinsip 5c1s yang digunakan oleh KB Bank syariah KC Sidoarjo telah sesuai dalam segi teori maupun praktek. Penilaian ini dilakukan untuk meminimalkan risiko pembiayaan bermasalah dan memastikan kepatuhan terhadap prinsip syariah. Nilai kunci dari penerapan prinsip character adalah kepribadian nasabah yang dilihat dari BI Checking, prinsip capacity adalah ukuran penghasilan dan cashflow nasabah, prinsip capital adalah banyak modal nasabah dan di mana modal itu ditempatkan, prinsip collateral dari penilaian barang jaminan, condition of economy adalah menilai pengaruh kondisi ekonomi pada naik turunnya pendapatan, dan sharia adalah kepatuhan Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR) dengan prinsip sesuai yang utamanya dalam segi akad. Pemahaman yang mendalam tentang penerapan 5C 1S dapat membantu KB Bank Syariah KC Sidoarjo dalam meningkatkan kualitas pembiayaan PPR dan mendukung tercapainya tujuan PPR untuk mewujudkan keinginan nasabah dalam memiliki rumah.
References
Aji, S. H. (2018). Pengembangan Aplikasi Layanan Pesan Instan Whatsapp Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Efek Rumah Kaca Peserta Didik Kelas Xi Sma N 1 Purwokerto. Yogyakarta: Lumbung Pustaka UNY.
Benthley, Y., S, H., & S, A. (2012). Design and evaluation of student-focused E - Learning. Electronic Journal of E-Learning, 1 - 12.
Hilmy Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid 19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 37 - 45.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning): Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face to Face, E - Learning offline - online, dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Kemendikbud. (2020, Maret 24). https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/. Retrieved Juli 20, 2020, from https://pusdiklat.kemdikbud.go.id: https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wardani, K., Rahayu, A., & Masjid, A. A. (2018). Persepsi Mahasiswa PGSD Terhadap Bahan Ajar E-Learning Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 9 - 14.
The list of references (at least the last 10 years) is sorted alphabetically and arranged systematically in the APA style as shown in the example below:
Aji, S. H. (2018). Pengembangan Aplikasi Layanan Pesan Instan Whatsapp Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Efek Rumah Kaca Peserta Didik Kelas Xi Sma N 1 Purwokerto. Yogyakarta: Lumbung Pustaka UNY.
Benthley, Y., S, H., & S, A. (2012). Design and evaluation of student-focused E - Learning. Electronic Journal of E-Learning, 1 - 12.
Hilmy Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid 19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 37 - 45.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning): Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face to Face, E - Learning offline - online, dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Kemendikbud. (2020, Maret 24). https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/. Retrieved Juli 20, 2020, from https://pusdiklat.kemdikbud.go.id: https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wardani, K., Rahayu, A., & Masjid, A. A. (2018). Persepsi Mahasiswa PGSD Terhadap Bahan Ajar E-Learning Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 9 - 14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.