DINAMIKA PREFERENSI KONSUMEN DAN DAMPAK EKONOMI PARIWISATA DARI WISATA ALAM WIRA GARDEN DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Atikah Nurul Huda Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Arawidha Ratri Cahyaningtyas Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Aulya Dwi Cahyani Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Duhan Rofif Afilia Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Roy Abdul Huda Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Zadli Rahma Ilahi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Alief Rahman Setyanto Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i12.3049

Keywords:

Consumer Preferences, Economic Impact, Nature Tourism, Wira Garden

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the dynamics of consumer preferences and the economic impact of the Wira Garden Nature Park in Bandar Lampung City using the Travel Cost Method (TCM) approach. This research uses a descriptive qualitative method, intended to get an overview or description of tourist preferences for Wira Garden attractions. In the modern era, the tourism sector is growing and becoming one of the important pillars in economic growth, especially in developing countries such as Indonesia. The main focus of this study is to understand the demographic and psychological characteristics of tourists visiting Wira Garden and its contribution to the local economy. The results show that the majority of visitors are between 18 to 25 years old, who tend to seek more natural and sustainable tourism experiences. These tourists show a preference for locations that are not only beautiful, but also have environmental conservation programs. In addition, the study revealed that visits to Wira Garden had a positive impact on the economy of the surrounding community, where the average per-visit expenditure ranged from IDR 150,000 to IDR 300,000. This contributed to an increase in the income of micro, small and medium enterprises (MSMEs) in the region. The conclusion of this study emphasizes the importance of innovative management and responsiveness to tourists' preferences to ensure the sustainability of the attraction. It is hoped that Wira Garden can continue to develop as a tourist destination that is not only attractive, but also supports environmental conservation and sustainable improvement of the local economy 

 

Keywords: Consumer Preferences, Economic Impact, Nature Tourism, Wira Garden 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika preferensi konsumen dan dampak ekonomi dari Taman Wisata Alam Wira Garden di Kota Bandar Lampung dengan menggunakan pendekatan Travel Cost Method (TCM). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran atau deskripsi tentang preferensi wisatawan terhadap objek wisata Wira Garden. Dalam era modern, sektor pariwisata semakin berkembang dan menjadi salah satu pilar penting dalam pertumbuhan ekonomi, terutama di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Fokus utama penelitian ini adalah untuk memahami karakteristik demografis dan psikologis wisatawan yang berkunjung ke Wira Garden serta kontribusinya terhadap perekonomian lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pengunjung berusia antara 18 hingga 25 tahun, yang cenderung mencari pengalaman wisata yang lebih alami dan berkelanjutan. Wisatawan ini menunjukkan preferensi terhadap lokasi yang tidak hanya indah, tetapi juga memiliki program konservasi lingkungan. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan bahwa kunjungan ke Wira Garden memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat sekitar, di mana rata-rata pengeluaran per-kunjungan berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 300.000. Hal ini berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pengelolaan yang inovatif dan responsif terhadap preferensi wisatawan untuk memastikan keberlanjutan objek wisata. Diharapkan, Wira Garden dapat terus berkembang sebagai destinasi wisata yang tidak hanya menarik, tetapi juga mendukung pelestarian lingkungan dan peningkatan ekonomi lokal secara berkelanjutan. 

 

Kata Kunci: Preferensi Konsumen, Dampak Ekonomi, Wisata Alam, Wira Garden.

References

Engel, J.F. , R. D. Blackwell, dan P. W. Miniard. 1994. Perilaku Konsumen. Jilid 1. Binarupa Aksara. Jakarta. Fauzi, A. (2006). Ekonomi Sumber daya Alam dan Lingkungan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ihsani, D. W. (2005). Analisis kepuasan konsumen terhadap atribut wisata cangkuang Garut, Jawa Barat. Skripsi. Departemen Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, IPB. Bogor. Joaqui dan Jaume. (2010). Tourist Satisfaction and Dissatisfaction. Annalys of Tourism Research, 37(1), 52 – 73.

Kotler, P. (2012). Marketing Management. Pearson Education. Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid 1. PT. Prenhallindo. Jakarta.

Kusmayadi dan Sugiarto, E. (2000). Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta: Sun.

Mita, R. (2015). Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. In Jurnal Ilmu Budaya (Vol. 11, Issue 2, pp. 71–79).

Mudasir. (2024). Wawancara dan Observasi. In Pembangunan DAM (Issue July).

Mujib, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Preferensi Wisatawan di Destinasi Wisata Alam. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 8(1), 45-59.

Porteus, J. D. (1997). Environment and Behavior. Planning and Everyday.Urban Life. Boston: Addison-Wesley

Soebagyo. (2012).Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia. Jurnal Liquidity, 1(2).

Supriyadi, A. (2019). Dampak Ekonomi Pariwisata Alam terhadap Komunitas Lokal. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan.

Wardiyanta. (2006). Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta: Andi. Wulandari, R. (2020). Perilaku Wisatawan Muda dalam Memilih Destinasi Wisata Alam. Jurnal Pariwisata.

Wulandari, R. (1996). Peran Wisata Alam yang Berwawasan Lingkungan Dalam Perekonomian Wilayah Pengembangan Wisata Bogor. Skripsi. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Bogor. Yoeti, O. A. (1996). Pemasaran Pariwisata. Edisi Revisi. Penerbit Angkasa. Bandung

Downloads

Published

2024-12-05

Issue

Section

Articles