PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SERUM SOMETHINC (Studi Kasus Pada Mahasiswa D-IV Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang Tahun Akademik 2023/2024)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i12.3064Keywords:
kualitas produk, influencer marketing, keputusan pembelian, serum SomethincAbstract
Dunia bisnis kecantikan berkembang sangat pesat yang ditandai dengan munculnya berbagai inovasi produk kecantikan. Salah satu inovasi yang diminati adalah produk serum. Bisnis kecantikan berlomba-lomba untuk membuat produk serum dengan kualitas yang kaya akan manfaat dan penampilan yang tampil berbeda dari para pesaing untuk meningkatkan penjualan. Berbagai upaya seharusnya dilakukan untuk membuat para konsumen mempertimbangkan keputusan pembelian terhadap produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian pada produk serum Somethinc.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive. Penelitian ini menggunakan data sampel sebanyak 74 responden. Hasil kuesioner diukur menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS 26 for windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan, influencer marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan, kualitas produk dan influencer marketing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas produk dan influencer marketing merupakan salah satu alasan pelanggan melakukan keputusan pembelian terhadap produk serum Somethinc. Kualitas produk yang terjamin akan manfaatnya dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Selain itu, influencer marketing yang memberi pengaruh baik dikalangan masyarakat memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Alifa, R. N., & Saputri, M. E. (2022). Pengaruh Influencer Marketing dan Strategi Omni Channel Terhadap Purchase Intention Konsumen pada Sociolla. Jurnal Ekonomi dan Perbankan, VII(1), 1-22.
Dihni V. A., “10 Skincare & Kosmetik Paling Diingat Penggemar Korea (Juni 2022),” 2022. https://databoks.katadata.co.id/produk-konsumen/statistik/8b3a8552888f28f/ini-produk-skincare-dan-kosmetik-paling-terkenal-di-kalangan-k-popers (diakses pada 17 Februari 2024).
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek; Planning dan Strategy. CV. Penerbit Qiara Media.
Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20%. https://kemenperin.go.id/artikel/18957/industri-kosmetik-nasional-tumbuh . diakses pada 15 Maret 2024.
Kamilah Lailatul N., & Abadiyah Rifdah. (2023). Pengaruh Content Marketing, Influencer Marketing, dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tiktokshop. Journal Department of Management. 15. https://doi.org/10.21070/ups.3555
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran (Indeks). Jakarta: Limakrisna
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Manajemen Pemasaran (Jilid I. E). Erlangga.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV. Al Fath Zumar.
Liang, H. L., & Lin, P. I. (2018). Influence of multiple endorser-product patterns on purchase intention: An interpretation of elaboration likelihood model. International Journal of Sports Marketing and Sponsorship, 19(4), 415–432. https://doi.org/10.1108/IJSMS-03-2017-0022
Marini, Y. C., & Lestariningsih, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian dengan Celebrity Endorser MSGLOW. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(6).
Nabella E., Supriyono, Izaak C. W., 2023. The Influence of Influencer Marketing and Lifestyle on Purchase Decisions of Virtual Game Product Mobile Legends: Bang Bang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital (MINISTAL) Vol. 2, No. 3, 2023: 665-676. 673.
Priansa, Donni Juni. 2018. Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung. Alfabeta.
Rohaeni H., Rianto R. M., Seryawati W. N., Wijayanti M., Ganiawati. 2023. The Influence of Product Quality on the Purchase Decision of MSME Products During the Covid-19 Pandemic. International Journal of Scientific Multidisciplinary Research Vol 1 No 5: June 2023. 511.
Sari V. F dan Hayuningtias K.A., 2022. Pengaruh kualitas produk, citra merek dan word of mouth terhadap keputusan pembelian busana muslim queensland Seiko, Journal of Management & Business, 5(2)
Salsabila Rindi. 2023. Rahasia Brand Kosmetik Lokal Bisa Saingi Produk Korea & Eropa. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230804164036-33-460323/rahasia-brand-kosmetik-lokal-bisa-saingi-produk-korea-eropa . diakses pada 04 Maret 2024.
Widyastuti S., Noor S. L., Yodi H.P., 2020. The Effects of Content and Influencer Marketing on Purchasing Decisions of Fashion Erigo Company. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting (DIJEFA) Volume 1, Issue 2, May 2020. 1350.
Winata Nathania J. & Alvin Silvanus. (2022). Strategi Influencer Marketing Dalam Meningkatkan Customer Engagement (Studi Kasus Instagram Bonvie.id). Jurnal Kewarganegaraan Vol. 6 No 2 September 2022 P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN:2723-2328, 4263.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.