Peran Teknologi Internet Dalam Transformasi E-Bisnis Di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i1.3745Keywords:
Internet Technology; Digital Transformation; E-Business; Big Data; Data SecurityAbstract
Transformasi digital telah mengubah cara perusahaan beroperasi, terutama melalui peran teknologi internet dalam mendukung e-bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran teknologi internet dalam meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan pasar e-bisnis, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui analisis literatur, penelitian ini menemukan bahwa teknologi internet, seperti big data dan cloud computing, dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih efektif. Namun, tantangan seperti risiko keamanan data dan kebutuhan keterampilan digital baru menjadi hambatan yang perlu diatasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital yang terencana memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi di pasar yang kompetitif dan memanfaatkan peluang transformasi digital.
References
Anjani, r, w. (2024). Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital di Era Transformasi Digital. Journal of Qualitative and Quantitative Research. 1(1).
Ardiansyah, Wildan, Mahendra. (2023). Peran Teknologi Dalam Tramsformasi Ekonomi dan Bisnis di Era digital. Jurnal Ekonomi & Bisnis.Vol 1(1).
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy and Implementation.
Creswell, John W. (2016). RESEARCH DESIGN Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.
Hayati, K, R., Dkk. (2023). Penerapan E-Business dan Teknologi Informasi dalam Revolusi Industri 5.0. Konsorsium Seminar Nasional Waluyo Jatmiko.16(1).
Mayer-Schönberger & Cukier, 2013). APA PsycNet: American Psychological Association. Big Data: A revolution that will transform how we life, work and think
Najah, D, S., Dkk. (2024). Peran Teknologi Dalam Transformasi Ekonomi Dan Bisnis di Era Digital. Jurnal Ilmiah Research Student. Vol. 1(5).
Pearson Education.
Ponemon Institute: The 2021 State of Industrial Cybersecurity
Ritonga, A,I., Dkk. (2023). Peran Teknologi Dalam Perkembangan E-Business. Journal of Visions and Ideas. 3(2).
Setiawan, A. (2019). E-Commerce dan Perubahan Pola Konsumsi Masyarakat. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(1).
Turban, et.al (2018). Electronic Commerce 2018: A Managerial and Social Networks Perspective
Westerman et al. (2014). Harvard Business Riview Press: Leading Digital Turning Technology Into Business Transformation
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.