PENGARUH E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP POLA KONSUMSI MAHASISWA UNIVERSITAS NU SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i2.3822Keywords:
E-Commerce Features, Shopee, Consumptive BehaviorAbstract
This study aims to examine the influence of Shopee's E-Commerce Facilities (Features) on the consumption patterns of students at Universitas NU Sidoarjo. Data collection was conducted using a questionnaire method targeting students of Universitas NU Sidoarjo who actively use the Shopee application, with purposive sampling employed as the sampling technique. To analyze the data, IBM SPSS Statistics version 26 was utilized, employing a simple linear regression method. The findings reveal that Shopee's E-Commerce features significantly impact students' consumptive behavior. This is evidenced by the t-test results showing a tcount value greater than ttable (19.295 > 1.667) and a significance value of 0.000, which is below the 0.05 threshold, indicating a significant relationship.
References
Angin, S. A. P., Birahmani, N. A., & Jannah, N. (2023). Pengaruh Kecepatan Akses Dan Brand Ambassador Terhadap Impulse Buying Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa UINSU. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 2(2), 325–334.
Dani, R., Firayanti, Y., & Wulansari, F. (2024). Analisis Penggunaan E-Commerce Shopee terhadap Perilaku Konsumtif pada Generasi Z (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nadhlatul Ulama Kalimantan Barat). AKSIOMA: Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi, 1(8), 561–580.
Fauziah, G. U., Nurochani, N., & Nopianti, N. (2022). Pengaruh Fasilitas (Fitur) E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 254–267.
Hafiza, N., & Shoffah, S. N. A. (2024). E-Commerce Memicu Maraknya Perilaku Konsumtif Di Kalangan Mahasiswa Universitas Mataram. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 26(1), 24–35.
Herlina, R. (2022). Pengaruh E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. JOURNAL ISLAMIC ECONOMICS AD DIWAN, 2(1), 35–42.
Hidayati, A. (2020). E-Commerce Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Ikip Pgri Bojonegoro). Jurnal Pendidikan Edutama.
Marwiyah, S. L., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2023). Analisis pengaruh perilaku konsumtif dan tingkat pendapatan terhadap online shopping pada e-commerce Shopee dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4279–4294.
Mulyati, S. (2023). Pengaruh Transaksi E-commerce dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(1), 86–96.
Sartika, D., Ulya, M., Azzahra, F. F., Irnawati, I., Hidayati, F. N., & Pramono, D. (2024). Fenomena Penggunaan E-Commerce terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa. WISSEN: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(3), 335–350.
Sepianti, A., & Salim, A. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN FITUR SHOPEE PAY LATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA STEBIS IGM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(6), 133–143.
Utopia, M. (2023). Nilai Tanda dan Nilai Simbol Pada E-Commerce Shopee: Perilaku Konsumsi Mahasiswa FISIP ULM. Huma: Jurnal Sosiologi, 2(3), 259–267.
Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh sales promotion, hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle terhadap impulse buying pada e-commerce shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 144–154.
Widyanita, F. A. (2018). Analisis pengaruh kualitas pelayanan e-commerce shopee terhadap kepuasan konsumen shopee Indonesia pada Mahasiswa FE UII pengguna shopee.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










